Pengertian Web Browser dan Contohnya, Lengkap!

Pengertian Web Browser dan Contohnya, Lengkap!
Daftar Isi Artikel
Pengertian Web Browser dan Contohnya
Web Browser Adalah sebuah software yang berguna untuk menjelajahi jaringan internet sehingga dapat mempermudah kita dalam mencari berbagai macam informasi dari halaman website yang tersimpan di web server. Saya yakin di setiap komputer telah terinstall Web Browser bawaan seperti Internet Explorer (Windows), Safari (Mac) dan Firefox (Linux Ubuntu).

Setiap web browser memiliki perbedaan dalam hal menampilkan halaman web dan fitur-fitur yang didukung. Karena, bisa jadi halaman yang tampil secara normal pada web browser 1, halaman tersebut acak-acakan jika dibuka di web browser lain. Untuk itu perlu beberapa browser yang terinstall dalam komputer anda untuk menguji penampilan website yang dibuat.

Berikut contoh web browser yang perlu anda ketahui.

Contoh Web Browser Terpopuler

1. Firefox

Web browser ini bisa dikatakan web browser yang paling disenangi oleh para developer web karena kekayaannya dalam hal Add-on. Mozilla Fireforx dikembangkan oleh Mozilla Corporation tepatnya di rillis pada tahun 2004, dan dapat dikatakan web browser ini sangat sukses karena banyak sekali yang menggunakannya untuk menjelajahi internet.

2. Google Chrome

Google Chrome adalah web browser besutan Google yang memiliki beberapa keunggulan. Chrome bisa dikatakan browser yang sangat ringan, cepat2 dan kaya akan aplikasi/Add-on. Selain itu Chrome menggunakan engine3 Webkit, engine browser yang rata-rata mendukung fitur-fitur terbaru dari teknologi HTML dan CSS.

3. Safari

Safari adalah web browser dari Apple. Sama halnya dengan Chrome, safari menggunakan engine webkit sehingga mendukung fitur-fitur terbaru HTML dan CSS.

4. Internet Explorer

Browser yang pasti sudah terinstall pada komputer dengan sistem operasi windows. Jika anda masih menggukan Internet Explorer versi 6, 7 dan 8, saya anjurkan untuk mendownload versi terbaru yakni Internet Explorer 9/10 (untuk Windows Vista/7). Penggunaan Internet Explorer dalam pengujian halaman web sangat tidak dianjurkan (terutama versi 7 ke bawah) karena dukungannya yang kurang serta proses penampilan halaman web yang terkadang menjadi berantakan. Namun karena pengguna Internet explorer di dunia masih mendominasi, mau tidak mau kita harus menggunakan Internet Explorer.

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan