PING Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Melakukan PING

Mengenal Perintah PING
Mengenal Perintah PING - PING (Packet Internet Gropher) adalah suatu perintah pada CMD (Command prompt) yang ditujukan untuk menguji jaringan antar komputer. Ping merupakan salah satu program yang digunakan untuk mengecek komunikasi antar komputer/perangkat dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. Ping akan mengirimkan Internet Control Massage Protocol (ICMP) pada IP Address komputer yang dituju dan meminta respons dari komputer tersebut.

Table of Contents

Fungsi PING

1. Mengecek kualitas jaringan

Ping dapat digunakan untuk mengecek kualitas jaringan dari komputer/perangkat tersebut. Ping dituliskan dalam satuan ms (milisecond), yang semakin kecil nilainya semakin bagus kualitas jaringan tersebut.

2. Mengecek status Website

Melalui ping, kita juga bisa mengetahui apakah website yang kita buka normal atau tidak(down). Misal, ping renovasi-otak.blogspot.com

3. Mengecek respon status koneksi

Melalui respon ping, kita bisa mengetahui seberapa besar delay dari koneksi yang dipakai. Biasanya ini digunakan para gamer untuk mengetahui koneksi sedang stabil atau tidak.

Arti dari balasan PING

Setelah melakukan ping, kita pasti menerima respon/balasan dari perangkat yang kita ping. Yaitu:

Reply

Artinya, host dari perangkat yang kita ping melakukan feedback(umpan balik) untuk memastikan kedua perangkat tersebut saling terhubung.

Request Timed Out

Artinya, perangkat yang melakukan pengiriman mengenal adanya jaringan tetapi tidak menemukan alamat tujuan, atau waktu yang diberikan untuk melakukan ping sudah habis(time out).

Destination Host Unreachable

Artinya, terjadi kerusakan fisik ping, atau bisa juga alamat jaringan yang dituju dihalangi oleh firewall.

Cara melakukan PING pada CMD

Pastinya kalian sudah paham dong cara melakukan PING di CMD. Jika belum, simak cara singkat berikut:
  • Buka CMD terlebih dahulu, dengan menekan tombol Windows+R lalu ketik CMD kemudian OK.
  • Tulis perintah ping alamatyangdituju. Misal, ping google.com lalu enter.
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "PING Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Melakukan PING" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

1 comment

Post a Comment

*Nyalakan/Centang Notify me untuk menerima notifikasi saat Admin membalas komentar Anda.

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami