iFrame Adalah: Pengertian dan Cara Menggunakan iFrame yang Benar

Pengertian iframe
iFrame adalah sebuah tag HTML yang berfungsi untuk menampilkan webpage lain pada suatu halaman. Salah satu iframe fungsi yang banyak digunakan yaitu menampilkan video di youtube. Dengan begitu pengunjung tidak ribet membuka youtube saat mengunjungi halaman web anda karena anda sudah menambahkan video di halaman tersebut.

Jadi apabila anda ingin menampilkan sebuah video youtube atau menampilkan web lain pada web anda, maka anda bisa menggunakan tag <iframe>. Untuk menampilkannya sangat mudah, anda hanya perlu menambahkan atribut src=" " yang diletakan pada tag pembuka <iframe> untuk meletakkan link video youtube/web lain yang ingin anda tampilkan. Selayaknya tag yang lain, iframe diawali dengan tag pembuka <iframe> dan diakhiri dengan tag penutup </iframe>.

Penulisan Tag iFrame pada HTML

Sebagai contoh dibawah untuk memunculkan webpage menggunakan iframe.

<iframe src="https://renovasi-otak.blogspot.com" height="500px" width="1000px"></iframe>

<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
   <title>Belajar Tag iframe Pada HTML - https://renovasi-otak.blogspot.com</title>
 </head>
<body>
 <h1>Penulisan Tag iframe Pada HTML</h1>
 <iframe src="https://renovasi-otak.blogspot.com" height="500px" width="1000px"></iframe>
</body>
</html>

Penulisan diatas kita menggunakan atribut src="https://renovasi-otak.blogspot.com" yang berarti iframe akan menampilkan https://renovasi-otak.blogspot.com pada halaman web anda, dan menambahkan atribut height="500px" yang berarti tinggi 500px dan width="1000px" yang berarti lebar 1000px. Maka hasilnya akan seperti ini

cara menggunakan iframe

Selain itu kalian bisa menambahkan atribut lain seperti loop="true" untuk mengulang video beberapa kali, border="2px solid red" untuk memberikan garis tepi berwarna merah, dan lain-lain.

Saya kira cukup pembahasan kita kali ini tentang Pengenalan iFrame pada HTML.
Terimakasih sudah berkunjung.
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "iFrame Adalah: Pengertian dan Cara Menggunakan iFrame yang Benar" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

2 comments

  1. Artikelnya sangat bermanfaat, Min. Terima kasih banyak. Saya jadi tahu sedikit banyaknya mengenai iframe. Penjelasannya pun mudah dipahami, sehingga mudah dipraktikkan oleh seorang pemula macam saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih. Pantau terus blog kami, nantikan artikel menarik lainya

      Delete

Post a Comment

*Nyalakan/Centang Notify me untuk menerima notifikasi saat Admin membalas komentar Anda.

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami