10 Langkah Pertama Setelah Memiliki Laptop Baru

Langkah Pertama Setelah Memiliki Laptop Baru - Beberapa orang menganggap laptop tidak penting saat ini. Karena kebanyakan spesifikasi jauh lebih rendah daripada PC Desktop. Padahal, laptop sangat membantu di suatu kondisi tertentu. Terutama bagi seorang pelajar, pasti kalian membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas. Dari pada menggunakan PC Desktop, menurut admin lebih memilih menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas ataupun kerjaan karena kita bisa mengerjakan dimanapun tempatnya sesuai mood kalian.

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang langkah pertama setelah memiliki laptop baru. Admin pengen ngucapin selamat nih buat pembaca artikel ini yang punya laptop baru, hehe. Jika kalian membaca artikel ini, pasti kalian memiliki laptop baru dan bingung apa yang harus kalian lakukan setelah itu. Ataupun, kalian yang membaca cuma ingin menambah wawasan juga tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini.
Menuju ke isi
  1. Langkah Pertama Setelah Memiliki Laptop Baru
Jika kita salah dalam pemakaian yang pertama kali, mungkin akan timbul permasalahan pada laptop kita di lain hari. Penggunaan laptop yang baik saat laptop masih baru juga berpengaruh untuk ke depannya. Jika awalnya sudah baik, hari-hari berikutnya pasti akan baik.
Nah, untuk mengurangi permasalahan yang akan timbul, ikuti dan lakukan beberapa hal berikut ini.

Langkah Pertama Setelah Memiliki Laptop Baru

1.Memastikan Kelengkapan Laptop

Langkah pertama, pastikan kalian sudah mengecek apa saja yang ada di dalam dus laptop. Periksa semua perangkat seperti baterai, cas, buku panduan, CD Driver, kartu garansi, dan yang paling penting segel. Jika setelah kalian cek ternyata kurang lengkap, segera tanyakan penjual mengenai permasalahan tersebut.

2.Pastikan Tidak Cacat

Periksalah keseluruhan isi laptop, mulai dari bodi, keyboard, mousped, hingga layar. Jika ada yang cacat, sebaiknya segera kembali ke penjual dan komplain secara baik-baik. Kalau bisa, tukar laptop dengan yang baru.
Jikapun ditolak, kalian bisa mengajukan klaim dengan kartu garansi dan sertakan nota agar penjual percaya.

3.Membaca dan Memahami Buku Panduan

Hal ini paling banyak disepelekan pengguna dan menganggap tidak penting. Padahal sangat berguna untuk perawatan laptop di kemudian harinya. Pada umumnya, buku panduan berisi tentang tata cara penggunaan dan merawat laptop dengan baik dan benar. Dengan membaca buku panduan, kalian bisa meminimalisir kesalahan saat menggunakan laptop.

Meskipun kalian sudah paham tentang laptop. Tidak ada salahnya kalian membaca buku panduan tersebut. Karena setiap product memiliki tata cara penggunaan yang berbeda-beda. Tentunya, hal ini akan membuat performa laptop menjadi lebih awet.

Selain buku panduan, hal yang harus dipahami selanjutnya adalah kertas garansi.
Kertas garansi umumnya berisi berbagai jaminan dari pihak vendor/distributor. Jika laptop bermasalah pada masa garansi. Anda bisa melakukan perbaikan secara gratis. Catatlah alamat Anda beserta masa berlaku garansi tersebut.

4.Membagi Partisi Hardisk

Memang benar, sebagian besar sekarang saat beli laptop baru kita tidak perlu menginstall OS. Namun, kebanyakan laptop baru hanya tersedia Local Disk C saja, masih belum tersedia Local Disk D maupun E. Sebenarnya tidak masalah, tapi alangkah baiknya kalian membagi partisi Local Disk C dengan menambahkan partisi Local Disk D. Agar kalian tidak bingung saat menyimpan file karena sudah membagi menjadi 2 partisi yaitu Local Disk C dan D. Jika kalian ingin menambahkan 1 partisi lagi (Local Disk E) itupun tidak masalah.

Intinya, dalam satu Hardisk semisal 500GB kalian bagi menjadi Local Disk C 300GB, Local Disk D 100GB, dan Local Disk E 100GB.
Jikapun saat membeli laptop baru dan partisi sudah terbagi, kalian beruntung karena tidak perlu lagi membagi partisi seperti diatas.

5.Install Driver

Meskipun OS sudah terinstal dan bisa digunakan, tetapi CD driver harus tetap diinstal. Kalau tidak, font besar-besar, tampilan tidak enak dilihat, dan beberapa tidak bisa difungsikan. Contohnya touchpad tidak bisa scroll ke atas dan bawah dengan dua jari. Bisanya dengan menarik sambil diklik dari samping layar.

Cara instal driver tidak sama seperti OS Windows yang harus masuk BIOS. Cukup masukkan saja kepingan CD ke VCD/DVD drive, buka File Explorer, dan klik. Biasanya akan pop-up seperti aplikasi terbuka dan isinya panduan instal. Nantinya yang perlu Anda lakukan hanya klik-klik saja. Gampang.

6.Menghapus Software Tidak Penting

Pasti kalian tidak ingin menghabiskan ruang drive untuk software yang tidak kalian perlukan. Maka dari itu sebelum kalian menginstall software yang kalian butuhkan, sebaiknya hapus terlebih dahulu bloadware yang ada di laptop kalian.

7.Install Software Antivirus

Semua laptop pasti membutuhkan antivirus agar laptop terhindar dari virus tengil. Apalagi laptop anda menggunakan sistem operasi windows. Menurut para ahli, windows adalah sistem operasi paling rentan terhadap virus daripada sistem operasi lainnya. Maka dari itu, kalian perlu menginstall software antivirus terlebih dahulu untuk memastikan software yang akan kalian install selanjutnya aman dari virus.

8.Install Office

Office sangat berguna untuk mengetik surat, membuat struktur organisasi, menyelesaikan tugas ataupun kerjaan, dan masih banyak lagi. Sepertinya kalian sudah tak asing lagi dengan software yang wajib ada pada laptop baru kalian. Karena aneh aja kalau tidak ada.

Office terdiri bermacam-macam. Salah satunya yang sering dipakai adalah Microsoft Office yang didalamnya ada berbagai macam software, seperti One Note, Word, Excel, Power Point, Publisher, dan lain-lain.

9.Install Web Browser

Browser juga berperan penting buat laptop. Kalian bisa memilih Web Browser yang kalian inginkan, jika kalian bingung kalian bisa pergi ke Pengertian dan Jenis Web Browser untuk penjelasan lebih lengkap.

Kalian bisa menggunakan browser bawaan(biasanya Internet Explorer) untuk menginstall browser lain yang sesuai kalian inginkan. Bagaimana jika tidak ingin browser tambahan? Tidak apa-apa, dua perambah bawaan sudah lebih dari cukup.

10.Install Software Sesuai Kebutuhan

Poin terakhir, baru kalian menginstall software sesuai kebutuhan kalian. Jika kalian membutuhkan software editing install photoshop, image editor, dan lain-lain. Jika ingin memutar musik install software pemutar musik seperti Winamp, AIMP3, dan lain-lain sesuai kebutuhan kalian.
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "10 Langkah Pertama Setelah Memiliki Laptop Baru" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami