Cara Mudah Menyembunyikan Folder dan File melalui CMD

Menyembunyikan File dan Folder dengan CMD
Renovasi Otak - Jika sebelumnya admin sudah membagikan cara menyembunyikan aplikasi di smartphone Xiaomi, kali ini admin akan membagikan tutorial yang tidak kalah menarik yaitu cara menyembunyikan folder dan file melalui CMD.

Meskipun cara ini sudah familiar di kalangan dunia komputer, namun banyak orang awam yang masih bingung bahkan belum mengerti cara menyembunyikan data yang bersifat privasi tersebut.
Sekarang kita akan bahas tuntas mengenai bagaimana cara menyembunyikan folder dan file tersebut melalui CMD(Command Prompt).

Menyembunyikan Folder & File melalui Command Prompt

Caranya sangat mudah, kalian cukup menggunakan perintah attribt yang berfungsi untuk melihat atau merubah atribut pada file atau folder. Lalu, bagaimana cara menyembunyikan foldernya?

  • Buka CMD dengan menekan kombinasi keyboard  Windows+R  lalu ketik CMD.
    Windows+R

  • Untuk menyembunyikan folder tulis perintah attrib -s +h "Lokasi Folder". Begitu juga dengan menyembunyikan file caranya sama, tulis perintah attrib -s +h "Lokasi File".
    Contoh:

    /*Menyembunyikan Folder*/
    attrib -s +h "D:\Folder Penting"
    
    /*Menyembunyikan File*/
    attrib -s +h "D:\file.txt"

  • Untuk memunculkan folder itu kembali tulis perintah attrib -s -h "Lokasi Folder". Begitu juga untuk memunculkan file kembali tulis perintah attrib -s -h "Lokasi File".
    Contoh:

    /*Memunculkan Folder*/
    attrib -s -h "D:\Folder Penting"
    
    /*Memunculkan File*/
    attrib -s -h "D:\file.txt"
CATATAN: Jika kalian tidak sadar perbedaan untuk menyembunyikan dan memunculkan file/folder diatas, perbedaan terletak pada +h dan -h. Untuk melihat penjelasan attrib lebih terperinci kalian bisa menggunakan perintah attrib/?
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Cara Mudah Menyembunyikan Folder dan File melalui CMD" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami