Cara Mengunci Jaringan 4G di Android (Semua Smartphone)

Cara Mengunci Jaringan 4G di Android (Semua Smartphone)
Daftar Isi Artikel
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Only
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Only - Perkembangan koneksi nirkabel saat ini sangat pesat. Pada penggunaan data selular saat ini sudah tersedia jaringan 4G, bahkan rencananya akan ada jaringan 5G di Indonesia yang tentu saja kecepatannya jauh lebih baik dibandingkan generasi jaringan sebelumnya yaitu 3G ataupun HSDPA.

Smartphone android keluaran terbaru saat ini sudah tersedia jaringan 4G. Secara default smartphone tersebut akan memilih koneksi jaringan yang terkuat untuk digunakan. Namun, tetap saja memperhatikan area anda saat ini. Misal, meskipun smartphone anda sudah menggunakan jaringan 4G, tetapi jaringan 4G pada area anda saat ini sangat lemah, maka secara otomatis smartphone anda akan menggunakan jaringan 3G.

Pada kondisi tersebut, tentunya kecepatan internet anda sangat lambat dan tidak memuaskan. Adanya jaringan 4G seakan-akan percuma jika terjadi hal itu. Maka dari itu, beberapa produk smarthone android saat ini sudah dibekali pengaturan yang memungkinkan untuk mengunci jaringan 4G tanpa beralih ke 3G. Inilah yang disebut LTE Only.

Cara Lock 4G LTE Only

Agar smartphone android anda tetap menggunakan jaringan 4G, maka cara yang harus anda lakukan yaitu mengunci jaringan menjadi LTE Only. Bagaimana jika smartphone anda tidak tersedia pengaturan untuk mengatur jaringan ke LTE Only? Anda tidak usah khawatir dengan itu, karena sebenarnya anda masih bisa mengatur jaringan ke LTE Only, hanya saja pengaturan tersebut tidak ditampilkan pada Pengaturan Android sehingga memerlukan cara tertentu.
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Only
Salah satu cara untuk mengunci jaringan ke LTE Only yaitu menggunakan kode dial. Jadi anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut.
  • Buka Dial Pad pada Smartphone Android anda, kemudian ketik  *#*#4636#*#* 
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Only
  • Maka anda akan diarahkan ke halaman informasi dimana anda bisa mengunci jaringan LTE Only. Silahkan pilih Informasi Telepon. Jika menu Informasi Telepon muncul 2(dua), berarti anda memasang 2(dua) kartu SIM pada smartphone anda. Pilih sesuai kartu SIM yang ingin anda kunci ke LTE Only.
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Only
  • Selanjutnya, cari 'Setel Jenis Jaringan yang Disukai' atau sejenisnya. Lalu ubah menjadi LTE Only.
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Only

Setelah melakukan cara diatas, anda sudah berhasil mengunci jaringan ke 4G LTE Only.

Namun perlu diketahui bahwa, mengunci jaringan menjadi LTE Only memiliki kekurangan. Jika anda mengaktifkan Mode Pesawat pada smartphone anda, maka pengaturan tersebut secara otomatis akan kembali seperti semula. Jadi, anda harus mengatur kembali untuk mengunci jaringan ke LTE Only dengan mengulang cara diatas. Hal yang sama juga terjadi jika anda merestart smartphone anda.

Selain itu, anda juga tidak dapat melihat sisa pulsa, kuota, ataupun sejenisnya yang menggunakan kode dial. Jika anda melakukan hal tersebut, akan muncul seperti gambar dibawah.
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Only
Jika terjadi seperti diatas, solusinya yaitu mengembalikan pengaturan yang sudah anda gunakan untuk mengunci jaringan ke LTE Only ke pengaturan default. Dengan begitu, anda bisa menggunakan Dial Pad seperti semula.

Incoming Search Terms:
  • lock 4g only semua android
  • cara mengubah jaringan 3g ke 4g
  • kunci jaringan di semua android
  1. Gaming Studio

    Gaming Studio

    8/18/2019

    Ya bagus gan infonya jadi gak takut lagi sama perubahan jaringan yang tiba-tiba

    • Nando Rifky

      Nando Rifky

      9/21/2019

      Nah, itu yang ditakutkan gan. Perubahan jaringan tiba-tiba

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan