Penjelasan dan Perbedaan Memori RAM DDR3 dengan DDR4

Perbedaan Memori RAM DDR3 dengan DDR4
Penjelasan dan Perbedaan Memori RAM DDR3 dengan DDR4 - Dalam dunia komputer, pasti kalian tidak asing lagi dengan RAM. Karena setiap perangkat komputer pasti memiliki RAM yang merupakan suatu bagian penting bagi perangkat komputer. Pada pertemuan kita kali ini, admin akan membagikan apasih perbedaan RAM DDR3 dan DDR4? Sebelum kita membahas tentang perbedaan RAM DDR3 dan DDR4 alangkah baiknya admin akan memberikan sedikit penjelasan tentang apa itu ram? apa itu DDR3? apa itu DDR4? silahkan simak penjelasan berikut.
  1. Apa itu RAM?
  2. Apa itu DDR3?
  3. Apa itu DDR4?
  4. Perbedaan Memori RAM DDR3 dengan DDR4

APA ITU RAM?

Memori Akses Acak atau dalam bahasa inggris disebut Random Acces Memory (RAM) merupakan memori penyimpanan sementara untuk menampung aplikasi yang sedang berjalan. Berbeda dengan memori Internal, RAM hanya akan bekerja untuk aplikasi yang sedang berjalan, bukan aplikasi yang disimpan. Sedangkan memori internal berguna untuk menyimpan data dari aplikasi tersebut.
Semakin banyak aplikasi yang terbuka atau digunakan, semakin kecil ruang RAM dan semakin melambat kinerja perangkat. Namun saat komputer, laptop atau smartphone dalam keadaan mati/restart, RAM akan kembali kosong.

APA ITU DDR3?

DDR3 (Double Data Rate type 3) merupakan jenis Memory Dynamic Random Access (DRAM) yang diciptakan sebagai penerus generasi sebelumnya (DDR & DDR2). DDR3 dirilis pada tahun 2007 dan saat ini, hampir semua komputer dan laptop di pasar menggunakan DDR3 sebagai RAM. DDR3 mendukung transfer rate sampai 2133 MHz. Tegangan spesifikasi DDR adalah 1,5 V yang membuat konsumsi daya menjadi kecil bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dengan kapasitas chip hingga 8 GB. Modul RAM DDR3 yang digunakan untuk komputer pribadi memiliki kurang dari 240 pin dan panjangnya 67,7 mm.

APA ITU DDR4?

DDR4 yang merupakan RAM generasi ke empat yang dirilis pada tahun 2014 dengan kecepatan transfer rate jauh lebih tinggi dibandingkan DDR3. DDR4 mendukung kecepatan mulai dari 2133 MHz hingga 4266 MHz. DDR4 dapat menampung kapasitas hingga 16GB yang membuat perangkat anda anti lemot. Namun sayang, RAM yang hanya mengonsumsi daya 1,05V ini mungkin butuh beberapa tahun kedepan agar dapat digunakan pada berbagai perangkat.

Perbedaan RAM DDR3 dengan DDR4

DDR3 DDR4
Rilis 2007 Rilis 2014
Ruang Penyimpanan Max 8GB Ruang Penyimpanan Max 16GB
Tegangan 1,5V Tegangan 1,05
Jumlah pin <240 Jumlah pin 288
Kecepatan 2133MHz Kecepatan 2133-4266MHz
***
Ya, itulah perbedaan RAM DDR3 dengan DDR4 yang perlu anda ketahui, semoga artikel ini bermanfaat.
Cukup sekian, terimakasih.
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Penjelasan dan Perbedaan Memori RAM DDR3 dengan DDR4" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami