5 Tips Sukses Ujian Sertifikasi MTCNA MikroTik

sertifikasi mtcna

Tips Mengikuti Sertifikasi MTCNA Mikrotik - MTCNA merupakan kelas dasar yang harus dilewati untuk bisa mengikuti kelas-kelas tingkat mahir. Kelas ini akan membahas hampir semua fitur MikroTik namun tidak terlalu mendalam. Ada beberapa sertifikasi yang disediakan MikroTik, yaitu:
  • MTCNA - MikroTik Certified Network Associate (Basic Essentials)
  • MTCRE - MikroTik Certified Routing Engineer (Routing)
  • MTCWE - MikroTik Cerified Wireless Engineer (Wireless)
  • MTCTCE - MikroTik Certified Traffic Control Engineer (Traffic Control)
  • MTCUME - MikroTik Certified User Management Engineer (User Manager)
  • MTCINE - MikroTik Certified Inter-networking Engineer (Inter Networking)
Table of Contents
Untuk mendapatkan sertifikat MTCRE, MTCWE, MTCTCE, MTCUME, dan MTCINE, anda sebelumnya harus lolos Sertifikasi MTCNA terlebih dahulu. Maka dari itu, sertifikasi MTCNA menjadi bagian penting bagi anda yang ingin mendapatkan sertifikat diatas.

Sertifikasi ini diselenggarakan oleh lembaga training dan sudah menjalin  kerjasama dengan MikroTik. Ada banyak lembaga training di Indonesia yang menyelenggarakan training sekaligus memsertifikasi kan nya. Untuk anda yang ingin mengikuti sertifikasi  MikroTik, anda harus membayar biaya ke lembaga training tersebut dengan nominal harga yang bervariasi.

Namun, biasanya, pada sekolah/kampus tertentu yang memiliki pengajar sekaligus Trainer MikroTik akan ada tes untuk mengikuti sertifikasi secara gratis. Karena tidak selamanya trainer tersebut bisa menyelenggarakan tes sekaligus sertifikasi, pengajar tersebut tidak mau menyia-nyiakan kesempatannya dengan menyelenggarakan tes sekaligus sertifikasi kepada muridnya, (itu yang admin alami dulu sewaktu sekolah). Sebelum mengikuti tes, akan ada masa training materi MikroTik terlebih dahulu (kurang lebih 3hari) kemudian baru dilakukan tes sertifikasi.
BACA JUGA: Cara Setting MikroTik di Android dengan Webfig

Beberapa Peraturan saat Tes Sertifikasi MikroTik

  • Tidak boleh copy paste dan screenshot soal.
  • Jika scrore dibawang atau sama dengan 49% maka dinyatakan TIDAK LULUS.
  • Jika score diantara 50%-59% akan mendapatkan kesempatan ke-2 untuk melakukan tes ulang.
  • Jika score 60% keatas dinyatakan LULUS.
  • Jika score 75% keatas, anda bisa menjadi Trainer MikroTik.
  • Masa berlaku sertifikat 3 tahun.
  • Tipe ujian Open Book, jadi boleh buka buku.
  • Soal menggunakan Bahasa Inggris.

Tips Sertifikasi MTCNA MikroTik

Karena MTCNA merupakan tes MikroTik Basic, maka soal yang akan keluar hanya basic(dasar-dasar) MikroTik saja seperti, Wireless, Bridging, Routing dan Tunnel. Langsung saja, berikut 5 tips mengikuti sertifikasi MTCNA MikroTik:
  1. Soal yang digunakan berbahasa inggris, jika kesusahan dengan bahasa inggris, anda bisa menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan soalnya. Anda juga bisa menggunakan pluggin translate pada browser anda.
  2. INGAT! Jika menggunakan Google Translate, jangan copy paste soalnya. Lebih baik tulis ulang saja soalnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  3. Berdoalah sebelum ujian, dan yakinkan pada diri anda bahwa anda bisa mengerjakan soal tes dengan nilai yang memuaskan.
  4. Jawaban dari soal tersebut biasanya sudah ada di wiki.mikrotik.com silahkan cari, atau bisa juga cari di google dengan cara mengetik ulang soal di kotak pencarian google.
  5. Cari soal yang bagi anda mudah, jika ada soal susah lewati saja cari soal yang mudah.
  6. Jangan tergesa-gesa saat mengerjakan soal. Jika selesai sebelum waktu habis, teliti kembali jawaban anda.
Tersebut  merupakan tips yang saya pakai saat tes sertifikasi MikroTik pada sekolah saya dulu. Jika sudah berhasil mengerjakan, pada Training Sessions akan muncul seperti ini:
tips ujian mtcna
Seperti yang admin jelaskan diatas, jika score(nilai) 60% keatas dinyatakan lulus tes. Disini admin hanya mendapatkan nilai 63% saja karena waktu training tidak bisa hadir secara keseluruhan. Namun, dinyatakan lulus pun sudah suatu kebanggaan bagi admin sendiri. Jika sudah lulus sertifikasi MikroTik, kita akan mendapatkan sertifikat MikroTik secara langsung. Namun sertifikat ini berbentuk SoftCopy, anda bisa download file sertifikatnya pada akun MikroTik anda pada halaman Training ➤ My Certificates.
cek sertifikat mikrotik
Tips Mengikuti Sertifikasi MTCNA MikroTik
Silahkan download file PDF tersebut, lalu print dengan kertas sertifikat.
###
Mungkin cukup sekian dulu sharing dari admin tentang Tips Mengikuti Sertifikasi MTCNA MikroTik. Bagi anda yang akan mengikuti ujian Sertifikasi Mikrotik semoga dengan membaca artikel ini anda bisa lebih siap dalam mengerjakan soalnya.
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "5 Tips Sukses Ujian Sertifikasi MTCNA MikroTik" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami