6 Dampak Positif dan Negatif dari Facebook bagi Pengguna

Renovasi Otak - Facebook merupakan salah satu media sosial terpopular, terutama bagi kalangan remaja. Facebook dapat menghipnotis para remaja di dunia dalam waktu singkat. Tak hanya remaja saja, para ibu-ibu(orang tua) dan adek-adek pun berlomba-lomba untuk mengoperasikan jejaring sosial ini.

Facebook popular karena kemudahan dalam mengoprasikannya dan pendaftarannya. Selain itu, tampilannya juga simple dan lebih fleksibel yang membuat pengguna betah untuk mengoperasikannya.
Dampak Positif dan Negatif dari Facebook
Entah apa yang membuat pengguna tak ingin lepas dari facebook. Banyak dari mereka memilih tak melakukan aktifitas daripada meninggalkan jejaring sosial ini.

Padahal, banyak dampak positif dan negatif yang dapat kita temukan pada saat mengoperasikan jejaring sosial Facebook ini. Sebegitu besarkah dampak dari penggunaan facebook? Hal itu akan kita bahas tuntas dalam pertemuan kali ini.

Dampak Positif dan Negatif dari Facebook

Facebook berdampak besar bagi pengguna. Admin disini akan jelaskan tentang dampak positif dan negatif dari facebook.
  1. Dampak Positif
  2. Dampak Negatif


Hal tersebut wajib anda ketahui, agar dapat menambah pengetahuan dalam hal mengoperasikan facebook.

Dampak Positif

1. Mudah Dalam Mencari Informasi Terkini
Di facebook, kita bisa melihat status pengguna yang sering membagikan berbagai informasi. Sehingga kita dapat mengetahui informasi terkini dari suatu daerah ataupun informasi lainnya. Biasanya, juga mengirimkan link sumber dari informasi tersebut.

2. Mudah Dalam Interaksi dan Komunikasi
Layaknya media komunikasi lain, facebook menyediakan ruang obrolan untuk memudahkan pengguna dalam komunikasi dengan pengguna lain.

Tak hanya itu, pengguna dapat memanfaatkan kolom komentar untuk memberi ulasan atau pendapat dari postingan yang dibagikan.

3. Berbagi dan Mendapatkan Ilmu
Kita bisa bergabung grup/komunitas di facebook. Terdapat berbagai macam grup disana, kita bisa memfilter grup tersebut dengan keinginan kita.

Dengan bergabung grup facebook, kita bisa bertanya dan berbagi ilmu yang kita miliki. Sehingga, wawasan kita akan lebih luas karena sering berdiskusi disana.

4. Sebagai Media Promosi
Seiring perkembangan jaman, jual beli tidak hanya dilakukan di lapak, toko ataupun sejenisnya. Kita bisa memanfaatkan facebook untuk mempromosikan produk yang kita jual dengan kata-kata yang menarik pelanggan.

Bayangkan, hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet sambil nyantai, kita bisa menambah pundi-pundi penjualan produk dari usaha kita. Ketika orderan datang, barulah kita melakukan aktivitas untuk menyiapkannya.

5. Sebagai Sarana Hiburan
Ketika kita suntuk dan penat, tentunya kita butuh hiburan untuk menghilangkan rasa itu. Media Sosial merupakan salah satunya, tak terkecuali dengan facebook.

Kita bisa melihat status pengguna lain, bisa melihat video yang tersebar di facebook, bisa berkomentar taua menanggapi sebuah status, ngobrol asyik dan masih banyak lagi. Tak jarang, kita menemukan status dan video lucu yang membuat kita tertawa.

6. Sebagai Ajang Pencarian Jodoh
Bukan hal yang tidak wajar lagi facebook memiliki daya tarik tersendiri bagi para remaja untuk mendapatkan jodoh. Tidak sedikit dari mereka yang bermula kenalan, inbox(chattingan), jadi teman, lalu pacaran, haha.

Dampak Negatif

1. Sebagai Sarana Penyebaran Berita Hoax dan Tindak Kejahatan(penipuan)
Seperti yang kita ketahui, facebook memiliki penyebaran informasi yang sangat cepat. Dengan sistem mengunggah konten yang sangat mudah, pengguna dapat memanfaatkannya sebagai media untuk menyebar informasi.

Namun, berita yang tersebar dengan cepat tersebut tidak sepenuhnya merupakan berita yang benar. Tidak sedikit juga terdapat berita hoax yang didapatkan dari sumber yang tidak jelas.

Selain itu, admin sarankan jika anda jual beli di facebook, anda lebih berhati-hati. Banyak pihak yang dirugikan dari itu, entah itu pihak satu sudah bayar tapi barangnya tidak datang, ataupun sebaliknya. Jika bertansaksi di facebook, lebih baik COD(Cash on Delivery) atau bisa juga rekber yang terpercaya dalam bidangnya.

2. Malas Berkomunikasi di Dunia Nyata
Ya, karena terlalu sering berkomunikasi di dunia maya, tidak sedikit dari pengguna facebook yang merasa malas untuk bertemu dan berkomunikasi di dunia nyata.

3. Penyalahgunaan Data Pribadi
Ketika anda sudah mendaftar di media sosial, tidak terkecuali facebook. Data bukanlah menjadi data pribadi lagi, melainkan data bersama.

Anda, mau tidak mau harus menyerahkan data pribadi yang tidak seharusnya orang lain ketahui. Seperti, tempat tinggal, nomor HP, hobi, tempat tanggal lahir, dan lain halnya yang tanpa disadari, anda berikan secara cuma-cuma.

Apa dampaknya? Data pribadi berdampak besar jika tersebar di tangan yang salah. Hidup anda akan terusik, tidak tenang jika data pribadi anda dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab di luar sana.

4. Pecandu Facebook
Sebagian pengguna sudah menganggap bahwa facebook menjadi bagian dari kesehariannya. Tanpa sadar, pengguna selalu memeriksa facebook dalam jangka waktu tertentu.

Setiap hari, setiap jam, setiap menitpun pengguna yang sudah kecanduan facebook akan membuka beranda, dan membaca notifikasi yang muncul. Pengguna yang sudah begitu, akan merasa risau dan gelisah jika tidak membuka facebook.

5. Mudah Menemukan Konten Negatif
Banyak sekali konten negatif yang tersebar di facebook seperti, pornografi, sara, penipuan, hoax dan lain sebagainya yang berdampak buruk bagi pengguna. Terlebih lagi, pengguna facebook kebanyakan remaja, ia akan mudah terpengaruh oleh hal itu.

6. Rawan Terjadi Perdebatan
Berbeda pendapat merupakan hal yang wajar bagi kita. Namun, ketika berdiskusi biasanya kita terpancing emosi. Apalagi hal yang dibicarakan menyangkut masalah yang sensitif seperti, suku, ras, dan agama.

Kesimpulan

Kini, kita telah mengetahui dampak positif dan negatif dari facebook. Lalu apa yang harus kita lakukan selanjutnya? Saya kira, anda sudah dewasa dan bisa bijak menyikapi dalam penggunaan facebook.
Incoming Search Terms
  • Dampak dari facebook
  • apa dampak dari facebook
  • dampak facebook bagi masyarakat
  • dampak besar dari facebook
  • bahaya facebook
  • efek penggunaan facebook
  • dampak facebook bagi anak anak
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "6 Dampak Positif dan Negatif dari Facebook bagi Pengguna" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami