Internet Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Internet

definisi internet

Apa itu Internet?

Pengenalan Internet - Internet atau singkatan dari Interconnection Networking merupakan sebuah jaringan global yang saling terhubung dengan menggunakan TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Daftar Isi:
Mengenal Internet, menurut Wikipedia Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dan menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Portal:Internet
Jadi jika disimpulkan, pengertian internet adalah sebuah jaringan global yang terhubung satu sama lain dengan alamat IP.

Setiap perangkat yang terhubung dengan Internet, pasti memiliki alamat IP yang menjadikan identitas dari perangkat tersebut.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Adapun definisi internet menurut para ahli (tokoh) sebagai berikut:

Oetomo (2002)

Oetomo (2002) mengatakan bahwa, internet merupakan singkatan atau kependekan dari International Network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar dan luas, dimana jaringan tersebut terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain. Jaringan komputer yang sangat besar ini bisa mencakup jaringan seluruh dunia.

Supriyanto (2006)

Menurut Supriyanto (2006), Internet adalah suatu hubungan berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda, yang mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi seperti telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Harjono (2009)

Pendapat lain menyebutkan bahwa Internet dapat diartikan sebagai kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan dapat mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang dapat saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer dapat salin terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optic, satelit atau melalui sambungan telepon (Harjono, 2009).

Onno W. Purbo

Menurut Onno W. Purbo, pengertian internet adalah suatu media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang dihubungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail.
https://dosenit.com/

Fungsi & Manfaat dari Penggunaan Internet Secara Umum

manfaat internet
Internet memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Kegunaan serta tujuan internet yang perlu anda ketahui untuk menambah wawasan, sebagai berikut:

1. Sebagai Sumber Informasi Lengkap

Ya, di internet kita akan mendapatkan berbagai informasi yang lengkap. Mulai dari berita terbaru, berbagai tutorial, bahkan hal yang tidak kita fikirkan pun ada di internet.

Berbeda dengan dahulu, untuk mencari informasi kita musti membaca buku, koran, ataupun sumber informasi lainnya. Sekarang kita dapat melakukan hal tersebut melalui internet.

2. Sebagai Media Komunikasi

Penggunaan internet untuk media komunikasi sudah sangat sering digunakan. Bahkan, hampir berbagai penjuru dunia telah menggunakan internet untuk berkomunikasi.

Hal ini dapat kita lihat dengan terciptanya berbagai media sosial dan aplikasi chatting digunakan untuk mempermudah pengguna dalam berkomunikasi.

3. Sebagai Sumber Penghasilan

Ya, mendapat penghasilan dari internet. Pemanfaatan ini dapat kita lakukan dengan berjualan online, mengikuti riset berhadiah, berinfentasi, dan masih banyak lagi. Admin akan bahas pada pertemuan selanjutnya tentang ini.

4. Sebagai Media Hiburan

Ketika anda merasa bosan, penat, dan sejenisnya, anda dapat berselancar di internet untuk menemukan berbagaimacam hiburan, mulai dari video lucu sampai kata-kata yang mengundang tawa. Tentunya dengan begitu perasaan itu akan hilang seketika.

5. Menemukan Hal Baru

Internet itu luas, seakan-akan tak ada batasnya. Berbagai macam hal yang belum anda ketahui, kemungkinan besar ada di internet. Untuk itu, manfaatkan internet sebaik mungkin.

Demikian artikel tentang pengertian, fungsi serta manfaat dari internet. Semoga dengan ini wawasan anda dapat bertambah dan dapat menggunakan internet sebaik mungkin.
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Internet Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Internet" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

4 comments

  1. ok broo makasih...bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Makasih bro, 5 manfaat internet yg paling berasa buat ane yg suka internet di 5, menemukan hal baru

    Trims trims

    ReplyDelete

Post a Comment

*Nyalakan/Centang Notify me untuk menerima notifikasi saat Admin membalas komentar Anda.

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami