Pengenalan Malware: Pengertian, Jenis Malware yang Berbahaya

Renovasi Otak - Malicious Software atau sering disebut dengan Malware adalah suatu kode berbahaya yang disisipkan pada suatu software/program yang dirancang dengan tujuan untuk mengubah, menyembunyikan, menghapus, bahkan mencuri data dari suatu sistem tanpa sepengetahuan pengguna.
Pengenalan Malware
Malware akan berbahaya bagi perangkat jika tidak segera diatasi. Perangkat lunak yang terkena Malware biasanya akan kehilangan data-data ataupun suatu program yang tidak dapat dijalankan (Corrupt).

Daftar Isi:

Malware bisa masuk ke perangkat lunak melalui aplikasi yang anda install, melalui internet, menerima data dari perangkat lain yang sudah terinfeksi, dan lain sebagainya.
Adapun beberapa janis malware beserta penjelasannya yang perlu anda ketahui sebagai berikut:

Jenis-Jenis Malware

1. Virus

Virus adalah sebuah program yang dapat menduplikasikan dirinya sendiri dan menyebar ke sistem dengan cara menyisipkan dirinya pada suatu program atau data sehingga program atau data tersebut rusak atau tidak bisa dijalankan.

Virus selalu menduplikasikan dirinya secara terus menerus sehingga memori menjadi penuh dan mengalami freeze atau hang pada perangkat tersebut. Virus juga bisa mencuri data-data tanpa sepengetahuan user.
BACA JUGA: Apa itu Virus Search Engine? Penjelasan dan Cara Menghapusnya
Namun demikian, virus bisa dilumpuhkan dengan cara menginstall software AntiVirus.

2. Worms

Worms adalah software yang bekerja tanpa menginfeksi suatu file tertentu yang ada di perangkat tersebut. Worm biasanya mengincar suatu file Sistem Operasi atau menghapus drive sampai kosong. Worm dapat berpindah secara otomatis ke perangkat yang lain melalui sebuah jaringan.

Yang membedakan Virus dengan Worms adalah cara kerjanya. Virus memasukkan diri mereka kedalam file yang ada, sedangkan Worms hanya masuk ke perangkatnya saja.

3. Trojan

Trojan adalah sebuah program yang dapat merusak, mengendalikan sebuah perangkat/komputer bahkan mencuri data data nya. Program ini dibuat semenarik mungkin agar si korban tertarik untuk menggunakannya. Jika Trojan sudah terdapat di komputer korban maka si pengirim Trojan bisa mengendalikan perangkat korban dari jauh melalui koneksi internet.
BACA JUGA: Cara Menghapus Virus di Android dan Cara Menghindarinya
Saat ini Trojan merupakan malware paling berbahaya, karena Trojan memiliki banyak fungsu dan merugikan pengguna.

4. Rootkit

Sebuah software yang dirancang khusus untuk untuk memperbolehkan Malware mengumpulkan informasi disebut Rootkit. Rootkit merupakan Malware yang sulit terdeteksi. Setelah terinstall di perangkat korban, rootkit memiliki hak akses penuh sebagai administrator maka rootkit bisa mendisable antivirus dan menginstall dirinya di dalam karnel sistem operasi tersebut.

5. Backdoor

Backdoor merupakan akses ilegal yang tertanam dalam sistem perangkat korban untuk melakukan administrasi jarak jauh. Apabila terinstall, penyerang bisa datang dan pergi sesuka mereka selagi backdoornya masih tertanam di perangkat korban. Backdoor biasanya digunakan penyerang untuk menginstall Malware lain ke suatu sistem si korban.

6. Ransomware

Ransomware adalah virus yang bertugas mengenkripsi file yang ada pada perangkat korban. Biasanya si penyebar ransomware akan meminta uang tebusan untuk memberikan kode enkripsi kepada korban.
BACA JUGA: Membuat Program melalui Notepad
Ransomware biasanya menyebar dengan berpura-pura mengirim email resmi yang berupa .zip .pdf atau link yang sebenarnya file tersebut merupakan file .exe, saat si korban buka maka file-file tertentu akan terenkripsi.

7. Spyware

Spyware merupakan Malware yang mampu mengumpulkan dan mengirim data tanpa sepengetahuan user. Spyware ini bisa mengumpulkan data dengan cepat dan menyebarkannya.
Incoming Search Terms
  • Apa itu Malware
  • Apa itu virus
  • apa itu trojan
  • jenis malware dan penjelasannya
  • malware berbahaya
  • pengertian dan jenis malware
  • macam macam malware
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Pengenalan Malware: Pengertian, Jenis Malware yang Berbahaya" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami