Perbedaan & Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN - Penjelasan Lengkap

Renovasi Otak – Ya, LAN, MAN, dan WAN, Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah jaringan komputer ini. LAN, MAN dan WAN merupakan bagian dari jaringan internet yang dipisahkan berdasarkan dimensi area jangkauannya. Namun, sepertinya sebagian orang yang mengenalinya, belum sepenuhnya mengetahui penjelasan dan perbedaan dari ketiga jaringan internet tersebut.
Pengertian Jaringan LAN MAN WAN
Table of Contents
Oleh karena itu dalam kesempatan ini admin akan memberikan penjelasan mengenai apa itu LAN, MAN dan WAN? Silahkan simak penjelasan artikel berikut dengan seksama.

Pengertian Jaringan LAN

LAN atau Local Area Network adalah jaringan komputer dengan cakupan wilayah kecil. Seperti jaringan di kampus, sekolah, kantor atau di dalam rumah. Jaringan ini menghubungkan sebuah perangkat ke internet menggunakan UTP (Unishielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router dan sebagainya.

Jaringan LAN merupakan jaringan berbasis teknologi leee 802.3. Ethernet serta menggunakan perangkat switch yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100, 1000 Mbit/ s. Akan tetapi, saat ini jaringan LAN kebanyakan menggunakan teknologi 802.11b atau WiFi, biasanya tempat-tempat yang menyediakan jaringan ini memanfaatkan wifi atau yang lebih sering disebut sebagai HotSpot.

Pengertian Jaringan MAN

MAN atau Metropolitan Area Network adalah jenis jaringan komputer yang memiliki cakupan wilayah makin luas dari jaringan komputer LAN.
Hal tersebut memicu jaringan ini lebih canggih dari jaringan LAN.

Jangkauan wilayah MAN bisa menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya. Untuk menciptakan jaringan ini, biasanya membutuhkan operator telekomunikasi yang bertugas untuk mengaitkan antar jaringan komputer tersebut.

MAN menjadi salah satu jenis jaringan yang dapat mengirimkan data berkecepatan tinggi serta bisa menghubungkan beberapa lokasi seperti antar kampus, antar perkantoran dan lainnya. Jaringan ini sangat cocok untuk membangun jaringan antar kota.

Pengertian Jaringan WAN

WAN atau Wide Area Network adalah salah satu jenis jaringan komputer dengan jangkauan wilayah paling luas dibanding LAN dan MAN yang menggunakan teknologi super canggih, karena dengan menggunakan tipe jaringan ini bisa untuk menghubungkan suatu jaringan komputer lintas negara bahkan benua.

Jaringan WAN menggunakan kabel fiber optic yang ditanamkan di bawah tanah dan laut untuk menghubungkan ke berbagai negara. WAN memungkinkan pengguna di suatu lokasi bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya di lokasi berbeda.
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Perbedaan & Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN - Penjelasan Lengkap" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami