Salah Satu Penyebab Facebook Diretas dan Cara Mencegahnya

Salah Satu Penyebab Facebook Terkena Hack - Akun facebook di hack bukanlah ucapan yang asing bagi kita. Facebook merupakan platform internasional yang dapat menghubungkan berbagai negara melalui layanan sosial media. Sebelum mengoperasikan facebook, kita diminta untuk mendaftar melalui email. Namun siapa sangka, email tersebut merupakan salah satu penyebab akun facebook kita terbajak oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Tentunya, hal ini sangat merugikan diri kita sendiri. Hanya karena keteledoran kita, kita bisa kehilangan akun facebook kita. Bahkan lebih buruknya lagi, ketika akun facebook tersebut terhubung dengan platform media lain. Kita tidak hanya kehilangan akun facebook kita, yang ada akun yang terhubung juga akan ikut hilang karena hal tersebut.
Penyebab Facebook di Hack

Pada pertemuan kali ini, admin akan bahas tuntas salah satu penyebab dari permasalahan tersebut. Simak baik baik penjelasan berikut ini.
Pertanyaan Terkait
Mengapa demikian?
Bagaimana bisa peretas mengambil alih akun facebook kita?
Bagaimana cara mencegah hal ini?

Penyebab Facebook Hilang Terkena Hack

Pengguna facebook biasanya hanya memikirkan, "Yang penting saya sudah berhasil mendaftar facebook dan sekarang saya bisa mengoperasikannya". Padahal, tanpa disadari email yang kita buat untuk mendaftar facebook tersebut sudah menjadi target peretas.

Yahoo Mail! Ya, peretas akan mengambil alih akun facebook melalui yahoo mail. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa email yahoo buruk untuk facebook kita. Pengguna facebook yang menggunakan email yahoo tidak aktif, akan memberi celah seorang peretas untuk mengambil alih akun facebook melalui email tersebut. Seperti yang kita ketahui, yahoo memiliki aturan tersendiri bahwa, jika tidak login selama 12 bulan/1 tahun email tersebut akan dinonaktifkan atau dihapus dari database secara permanen.
REKOMENDASI PENULIS:
Memasang Lazy Load Image Untuk Mempercepat Loading Blog
Lantas bagaimana cara peretas mengambil alih akun facebook kita melalui email? Admin akan jelaskan melalui ilustrasi sebagai berikut

Ilustrasi

  • Peretas menggunakan alat scan email untuk mengetahui alamat email dari pengguna facebook. Alat ini biasa disebut Dump Mail.
    Ada beberapa pilihan ketika menggunakan dump mail untuk scan email pengguna facebook:
    1. Scan berdasarkan teman facebook
    2. Scan berdasarkan grup facebook
    3. Scan berdasarkan halaman facebook
  • Setelah mendapatkan alamat email target, ia (peretas) akan memeriksa alamat email tersebut (aktif/tidak).
  • Jika tidak aktif, alamat email tersebut akan didaftarkan ulang untuk mengaktifkan kembali.
  • Poin Penting! Ketika ia mendaftarkan kembali email tersebut, password dan data hanya diketahui oleh orang yang mendaftarkannya. Jadi, kecil harapan untuk mendapatkannya kembali.
  • Masih berlanjut. sekarang peretas sudah berhasil mengambil alih dan mengaktifkan kembali alamat email target. Lalu?
  • Lupa Password Facebook! Ya, ia memanfaatkan layanan ini untuk mengambil alih akun facebook target. Dengan memasukan email yahoo yang ia dapat, lalu verifikasi melalui alamat email tersebut.
  • Setelah berhasil verifikasi, ia akan menyetel ulang kata sandi facebook nya.
  • Tidak cukup disini, peretas akan menghapus data dan menghilangkan akses pemilik facebook tersebut untuk login.
Saya kira cukup jelas dengan ilustrasi diatas, dengan begitu peretas telah memiliki akses penuh untuk mengontrol facebook korban.
Gimana? masih mau lanjut? bagaimana cara mencegah hal ini?

Cara Mencegah Hal ini Terjadi

Satu satunya cara untuk mencegah hal ini yaitu, cek email anda kembali.
Nah, untuk mengetahui yahoo mail (aktif/tidak) kita bisa memeriksa melalui https://edit.yahoo.com/forgot lalu masukkan alamat email anda.
Cara mengamankan facebook dari hacker
Jika ketika anda tekan Continue lalu muncul seperti gambar diatas, artinya email tersebut sudah tidak aktif. Lantas, bagaimana cara mengaktifkannya kembali?
Cukup mudah, anda cukup mendaftarkannya kembali ke yahoo dengan alamat email yang sama. Saya kira, untuk cara mendaftar email anda sudah cukup paham.
Sebenarnya, sangat amat banyak penyebab facebook hilang terkena hack. Admin disini hanya menyebutkan 1 penyebab saja. Lain waktu, akan admin update tentang penyebab lainnya.Sekian pertemuan kita kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, dan bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua.
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Salah Satu Penyebab Facebook Diretas dan Cara Mencegahnya" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami