Panduan Lengkap Cara Membuat Blog di Blogger.com dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis di Platform Blogger untuk Pemula - Jika kalian suka menulis dan memiliki keinginan membuat blog untuk menyalurkan dan mempublikasikan tulisan anda, tapi bingung bagaimana langkah utama membuat blog? Kali ini saya akan membahas panduan lengkap membuat blog di platform blogger yang cocok untuk anda sebagai pemula.
Cara Membuat Blog di Blogger
Blogger.com merupakan layanan untuk membuat blog secara gratis dan mudah, pastinya sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai menjadi blogger. Layanan ini biasa disebut Blogspot, karena URL blog yang digunakan blogger.com merupakan subdomain dari blogspot.com.

Meskipun blogger.com mudah digunakan, banyak orang yang masih bingung bagaimana cara membuat blog di platform blogger. Tersebut merupakan hal yang wajar bagi pemula. Maka dari itu, tidak ada salahnya kali ini saya akan memberi tutorial membuat blog di blogger atau blogspot.

BACA: Penjelasan Affiliate Marketing: TOP 31 Program Afiliasi Terbaik Dunia

Sebelum beranjak ke tutorial membuat blog, saya jelaskan dahulu mengapa menggunakan platform blogger? apa yang harus dipersiapkan sebelum membuat blog?

Mengapa Menggunakan Blogger.com?

"Kok pakai blogger kenapa? padahal banyak platform lain yang bisa kita gunakan untuk membuat blog"
Pertanyaan itu mungkin muncul pada pikiran anda. Memang benar, selain blogger.com masih banyak layanan blogging lain yang dapat kita gunakan untuk ngeblog. Tapi, saya memilih blogger bukan tanpa alasan, berikut alasannya:
  1. Gratis, bukan berarti buruk atau jelek.
  2. Mudah digunakan, cocok untuk pemula, seperti saya.
  3. Bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari internet, terutama melalui blog.
  4. Fitur lumayan lengkap.
  5. Aman dan terpercaya, karena blogger merupakan layanan yang di miliki dan di hosting Google.

Hal yang Harus di Persiapkan Sebelum Membuat Blog

Adapun hal yang musti anda fikirkan sebelum membuat blog, yaitu:

1. Niat dan Konsisten

Banyak orang yang memulai dunia blogging tanpa didasari dengan niat dan konsisten. Maka dari itu, pastikan anda memiliki niat dan konsisten tinggi sebelum memulai ngeblog. Karena dengan niat dan konsisten, anda dapat percaya diri dan tidak mudah putus asa dalam dalam mengelola blog

BACA: Konsisten Dengan Domain dan Template Baru! Vasiota.com by IDwebhost & Textrim by Igniel

2. Menentukan Tujuan Blog

Selain niat, anda juga harus memikirkan tujuan anda membuat blog itu apa? Apakah hanya menjadi media curhatan semata, berbagi informasi, atau untuk memperoleh penghasilan? Hal itu anda yang menentukan.

3. Menentukan Topik Blog

Menentukan topik blog juga tidak kalah penting, tentukan topik blog sesuai kemampuan anda di bidang apa. Misal, anda adalah seorang dokter, lalu topik apa yang cocok untuk blog anda? Ya, blog tentang kesehatan. Tapi, apakah tidak boleh memiliki blog yang membahas banyak topik? Bukannya tidak boleh, akan tetapi lebih baik memiliki 1 topik saja yang menonjolkan diri anda.

Setelah anda memiliki tekat bulat untuk membuat blog, langkah selanjutnya yaitu beraksi dan memulai membuat blog pertama anda.

Panduan Lengkap Membuat Blog di Blogger.com

Untuk membuat blog baru sangat mudah bahkan anda dapat melakukannya di smartphone android (HP) yang anda miliki. Sebelumnya, pastikan anda memiliki Gmail(akun google), jika belum silahkan membuat gmail terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan langkah langkah berikut ini:
  1. Silahkan kunjungi situs https://www.blogger.com.
  2. Setelah itu akan tampil halaman utama blogger, klik BUAT BLOG.
    cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang
  3. Anda akan diminta login terlebih dahulu, silahkan masukkan Gmail(Akun Google) anda pada kolom yang disediakan.
    cara membuat blog dari awal
  4. Selanjutnya, masukkan nama yang akan ditampilkan pada akun blogger anda, lalu tekan Lanjutkan ke Blogger.
    tutorial cara membuat blog
  5. Anda berhasil login, dan sekarang anda berada di Dashboard Blogger, langkah selanjutnya yaitu menekan Buat Blog Baru.
    cara membuat blog pribadi
  6. Anda akan diminta untuk memasukkan Judul, URL, dan Template, lalu tekan Buat Blog.
    Panduan Membuat Blog
    NOTE! Perhatikan bagian kolom Alamat. Pastikan terdapat kotak cetang biru di sebelahnya, yang berarti alamat blog tersebut tersedia, dan dapat digunakan.
    TIPS! Gunakan URL yang sinkron dengan judul, hal ini akan mempermudah blog anda ditemukan di mesin pencarian.
  7. Langkah pembuatan blog telah selesai, setelah itu akan muncul penawaran domain dari Google. Karena pada kali ini kita akan membuat blog secara gratis, tekan Lain kali.
    Cara membuat blog di androidcara membuat blog dengan mudah
  8. Anda dapat melihat tampilan blog anda dengan menekan Lihat blog di bawah judul blog anda.
    membuat blog yang menarik
Langkah pembuatan blog telah selesai. Setelah meninjau blog anda, apa yang anda lihat? Ya, kosong tidak berisi artikel atau postingan. Jadi langkah selanjutnya, yaitu membuat artikel pertama anda.

Namun, sebelum menuju ke cara membuat postingan di blogger, alangkah baiknya saya mengenalkan menu-menu yang ada di dashboard blogger terlebih dahulu.

Penjelasan Menu pada Dashboard Blogger

tutorial membuat blog
Meskipun gratis, blogger menyediakan berbagai fitur yang ditampilkan pada dashboard pengguna. Fitur ini dapat digunakan user untuk mengelola blog dengan baik. Setiap menu yang terletak di bilah kiri pada dashboard blogger, seperti postingan, statistik, komentar, dan sebagainya, memiliki fungsi tersendiri, sebagai berikut:
  • Postingan
    Semua artikel yang ada di blog anda akan tampil di menu ini.
  • Statistik
    Menu untuk menampilkan statistik dari blog anda, seperti jumlah page view, sumber pengunjung, sumber negara, dan lain sebagainya.
  • Komentar
    Menu untuk menampilkan komentar yang masuk di blog anda.
  • Halaman
    Menu untuk membuat dan menampilkan halaman statis yang ada di blog anda, seperti disclaimer, about, contact, dan lain sebagainya.
  • Tata Letak
    Tata Letak merupakan menu untuk menambahkan widget yang ingin di tampilkan pada blog anda, seperti widget popular post, recent post, pengikut, dan lain sebagainya.
  • Tema
    Dahulu, menu ini bernama Template. Dimana, anda dapat merubah template blog anda. Selain itu, anda dapat mengedit langsung template anda melalui menu ini.
  • Setelan
    Anda dapat mengatur blog di menu setelan, seperti merubah bahasa, mengganti judul, menambahkan deskripsi, setting robots.txt, dan lain sebagainya.
  • Selain itu, terdapat satu menu yang sebenarnya ada tapi tidak tampil di dashboard anda, yaitu menu penghasilan blogger. Dengan menu penghasilan, anda dapat mengaitkan blog anda dengan adsense, yang dapat digunakan untuk mendapatkan uang dari blog.
Setelah mengetahui fungsi dari beberapa menu yang ada di dashboard blogger, dan berhubung blog anda masih belum ada satupun postingan, kali ini saya akan mengajarkan anda bagaimana cara membuat postingan di blog baru anda.

Cara Membuat Artikel atau Postingan di Blogger

Langsung saja, pergi ke menu Postingan ➧ Entri baru
cara membuat postingan di blogger
Setelah itu anda akan diarahkan ke editor artikel, simak baik-baik gambar dan penjelasan berikut:
Cara Posting Artikel di Blogger
KETERANGAN:
  1. Judul Artikel yang ingin anda publikasikan.
  2. Compose dan HTML merupakan mode penulisan artikel, saya sarankan untuk pemula menggunakan Mode Compose karena lebih mudah.
  3. Menu ini sepertinya tidak asing lagi bagi anda, setiap icon yang ada di menu tersebut memiliki fungsi tersendiri, seperti mengubah gaya font, menambahkan gambar & video, menambahkan link, dan lain sebagainya. Saya kira anda sudah paham.
  4. Isi Artikel yang ingin anda publikasikan.
  5. Publikasikan: Untuk mempublikasikan artikel anda.
    Simpan: Untuk menyimpan artikel anda, nantinya akan disimpan sebagai Draft
    Pratinjau: Untuk meninjau artikel sebelum anda publikasi.
    Tutup: Menutup halaman editor artikel.
  6. Label, anda dapat menambahkan kategori sesuai artikel yang anda bagikan, seperti tutorial, tips, trik, dan lain-lain.
  7. Layaknya email, anda dapat menjadwal kapan artikel ingin di publikasikan.
  8. Link, merupakan tautan yang mengarah ke artikel anda, saya sarankan untuk pemula biar saja default.
  9. Lokasi anda saat menulis artikel, ini tidak wajib di isi.
  10. Beberapa pengaturan tentang artikel anda.
Selain itu, ada menu Deskripsi Penelusuran dan Tag Robot Khusus yang belum muncul, untuk menampilkannya silahkan pergi ke Setelan ➧ Preferensi penelusuran, lalu aktifkan deskripsi dan robots.txt khusus.

Lalu setelah berhasil membuat postingan pertama, apa yang harus dilakukan? yaitu membuat halaman statis yang seperti about, contact, privacy policy dan sejenisnya.
Untuk membuat halaman di blogger, anda bisa langsung menuju ke menu Halaman ➧ Halaman baru. Tampilan editornya tidak jauh beda sama membuat artikel, yang membedakan yaitu setelan entri yang ada di sisi kanan opsinya lebih sedikit.

Untuk menambahkan widget, mengganti template, dan lainnya, saya kira anda harus mencoba belajar sendiri. Jika ada yang ditanyakan saya persilahkan berkomentar dibawah.

BACA: Cara Menambahkan Meta Tag Twitter Card di Blogspot

Selebihnya untuk optimasi blog anda bisa baca-baca artikel saya sebelumnya mengenai blogger.
Cukup sekian pertemuan kita kali ini, semoga bermanfaat.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Panduan Lengkap Cara Membuat Blog di Blogger.com dengan Mudah" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami