Konsisten Ngeblog Dengan Domain dan Template Baru!

Konsisten Ngeblog Dengan Domain dan Template Baru!
Daftar Isi Artikel
Konsisten Ngeblog Dengan Domain dan Template Baru! Vasiota.com by IDwebhost & Textrim by Igniel - Setelah berbincang dan bertanya-tanya dengan pakar SEO, akhirnya saya memutuskan untuk mengubah template dan meng-upgrade domain ke TLD(Top Level Domain). Ya, memang jawaban dari beberapa orang yang saya tanyakan tidak jauh berbeda, yaitu beresiko besar terhadap traffic & ribet seperti bangun blog mulai awal. Tapi, keputusan saya sudah bulat untuk melakukan hal ini, sebelum melakukan tindakan ini, ada dua jenis pertanyaan yang saya tanyakan ke beberapa orang yang saya percayai, sebagai berikut.
Konsisten Ngeblog

Hal yang perlu di perhatikan (saya tanyakan) sebelum ganti domain TLD

Berhubung saya masih tol*l tentang SEO, tidak ada salahnya saya tanya tentang pengaruh ganti domain terhadap blog, apakah pengaruhnya besar?

1. Jika ganti domain baru(TLD) apakah traffic menurun?

Ada yang jawab YA & TIDAK
Kalau menurut saya pribadi, memang benar tapi kemungkinan menurun hanya 20% saja. Kenapa? pastinya domain lama akan diredirect/dialihkan ke domain baru.

Nah, ada juga yang bilang gini 'Ganti domain akan kehilangan traffic, karena diibaratkan toko yang biasa dikunjunginya sudah tidak bertempat di situ '. Hmmm, masuk akal juga sih. Tapi gini, menurut saya pribadi, jikapun domain lama tidak di redirect ke domain baru, pasti hal yang terjadi adalah? Ya, pengunjung setia akan kehilangan jejak dimana letak domain baru anda. Namun, pengunjung setia blog anda akan bertanya-tanya dan berusaha mencari dimana letaknya domain anda yang baru.

Seperti pengalaman saya, jujur saja saya dulu bikin blog terinspirasi dari Tukang Listrik Pulau Batam dan Jagoan Kode.

1. Pertama, Tukang Listrik Pulau Batam

Dengan alamat https://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com blog ini berisi berbagai tutorial elektro, blogging, seo, adsense, dan lain sebagainya. Saya sangat suka baca-baca artikelnya dari dulu. Akan tetapi, saat ini blog tersebut tidak dapat diakses kembali, jika diakses akan muncul tulisan Blog telah dihapus. Apa yang terjadi? pastinya saya akan kehilangan akses dan bertanya-tanya apakah blog ini benar dihapus, atau blog ini pindah ke domain lain? itu hal yang masih saya pertanyakan hingga saat ini.

Lalu apa yang saya lakukan? sebagai pengunjung setianya, sampai sekarang pun saya masih mencari-cari dimana blog tersebut. Saya sudah bertanya-tanya kesana kemari di grup blogger pun tidak ada yang tau kemana perginya blog tersebut. Jikapun ada orang yang membaca artikel ini, dan mengetahui kepastian blog tukang listrik pulau batam dihapus atau ganti domain bisa hubungi saya.

2. Kedua, Jagoan Kode

Saya suka dengan blog Jagoan Kode sejak domain belum TLD(masih .blogspot.com) karena blog ini berisi berbagai macam tutorial lengkap dan artikel dengan bahasa yang khas. Namun, jagoan kode sekarang telah upgrade domain TLD dan pindah platform ke Wordpress meskipun bisa dibilang sudah cukup lama. Akan tetapi, meskipun ganti domain dan pindah ke wordpress, jagoan kode me-redirect domain lama ke domain baru yang pastinya pengunjung akan dialihkan langsung ke domain baru.

Inilah salah satu inspirasi saya, mengapa? Jagoan Kode bisa ganti domain serta pindah cms namun traffic tetap rame, kenapa saya tidak? itu yang saya pikirkan. Oleh karena itu, dengan pertimbangan yang mantap saya upgrade domain ke TLD.

2. Jika ganti domain baru(TLD) apakah peringkat blog domain lama akan digantikan dengan yang baru?

TIDAK. Ganti domain diibaratkan memiliki blog baru, jadi untuk peringkat blog yang lama tidak bisa digantikan secara instan dengan domain yang baru. Domain baru akan perlahan naik sesuai kinerja dari blog baik/buruknya. Oleh karena itu anda membutuhkan SEO untuk menaikkan peringkat domain baru anda. Jangan tanya SEO ke saya!

3. Apakah seiring berjalannya waktu domain lama akan hilang di mesin pencarian?

YA. Domain lama akan hilang di mesin pencarian. Ini yang masih saya bingungkan, kenapa bisa hilang? Padahal di webmaster tidak dihapus, mungkin digantikan dengan yang baru kali ya? Ntahlah, jika anda paham, silahkan berkomentar dibawah ya!

4. Bagaimana dengan Google Adsense?

Apakah kode iklan adsense di domain lama bisa di pasang ke domain baru? Atau daftar ulang?
Jika domain lama telah didaftarkan google adsense dan diapprove, Anda bisa menambahkan domain baru (add site) di menu Situs pada dashboard adsense anda. Untuk kode iklan domain lama tidak bisa di pasang ke domain baru. Awalnya saya juga mikir sih, kenapa harus Add Site? sedangkan domain lama di alihkan ke domain baru. Saya kira pakai kode iklan domain lama tetap bisa, tapi setelah saya coba blank. Haha!

Hal yang perlu di perhatikan (saya tanyakan) sebelum ganti Template

Pertanyaan ini jika di logika oleh orang awam seperti saya tidak akan berpengaruh terhadap blog. Tapi ternyata salah, Haha.

1. Apakah ganti Template Blog akan berpengaruh terhadap traffic?

Hal yang pertama saya tanyakan pasti tentang traffic. Wajarlah, blog tidak ada apa apanya jika tidak memiliki pengunjung.
Oke, ganti template blog ternyata berpengaruh besar terhadap pengunjung. Haha, awalnya saya juga ngga nyangka jika mengganti template blog akan sangat berpengaruh.

Pengalaman saya, sebelumnya saya menggunakan template Ijonkz yang direkomendasikan blog tukanglistrikpulaubatam, dengan menggunakan template itu secara 3bulan lebih saya berhasil mendapat PageView paling banyak 1500/hari, dan Visitor Organik 800-1000. Tapi ntah kenapa setelah menggunakan template Textrim buatan Igniel visitor tiba-tiba anjlok(menurun derastis) tinggal 300PV/hari. Padahal meta tag di template lama sudah saya pindahkan ke template yang baru.

Bukannya saya menjelekkan template textrim yang tidak lebih SEO Friendly dari ijonkz. Tapi, apa yang membuat pv anjlok? Ternyata hal itu memang wajar, karena perbedaan struktur dan tampilan dari template tersebut, dan tidak lama traffic akan kembali normal, kata Igniel.

Alasan kenapa ganti template

Sedikit cerita tentang template Ijonkz yang saya gunakan sebelum template ini.
Selain saya sudah bosan, template Ijonkz awalnya memiliki kecepatan Mobile yang rendah yaitu skor 20an jika di tes di Google PageSpeed Insight, dan akhir-akhir ini saya optimalkan hingga mencapai skor 70an setelah saya optimasi sendiri, bukannya saya sok pintar haha, dengan skor segitu pun saya masih mondar-mandir mencari cara agar kecepatan loading bisa lebih tinggi dari sebelumnya. Tapi ternyata hasil akhirnya segitu, tidak bisa naik lagi karena script bawaan template Ijonkz memang banyak, dan akan cacat jika asal hapus.

Memang benar Ijonkz memiliki fitur yang sangat amat banyak, mungkin hal itu yang membuat template tersebut menjadi berat dan berdampak ke kecepatan blog.

Oleh karena itu, akhir-akhir ini saya mencari template kesana-kemari yang fullspeed dan yang cocok buat saya. Dan ketemulah dengan template Textrim Text Only in HomePage dengan tampilan yang simpel dan elegan menurut saya. Ntah kenapa, tampilan halaman utama yang tidak ada thumbnail/gambarnya, menjadi daya tarik tersendiri bagi saya. Jadi apa alasan saya ganti template Ijonkz ke Textrim?
  1. Textrim lebih simpel dan elegan buat saya pribadi
  2. Bawaan template Textrim kecepatannya sudah bagus, jadi tidak perlu capek capek optimasi lagi.
  3. Kalau masalah SEO, keduanya memang template yang SEO(padahal saya ngga paham tentang seo haha)
  4. Cocok aja sih, bagi saya

2. Apa yang harus saya lakukan ketika ganti template?

Pada umumnya, anda edit di bagian link-link yang terhubung di blog anda. Tapi, jangan lupa untuk memindahkan meta tag di template lama ke template baru, jika anda lupa/tidak memindahkannya, saya juga ngga tau apa yang terjadi. Hmmm, menurut saya itu aja sih.

3. Apakah dengan mengganti template CPC Adsense menaik?

Ada yang bilang YA & TIDAK
Kalau hal ini saya kurang tau ya, mungkin tergantung templatenya deh. Tapi ngga tau juga, bagi temen-temen yang tau bisa komentar dibawah.

Kesimpulan

Sebelumnya saya berterimakasih dengan IDwebhost dan Igniel yang sudah mempercayakan saya untuk memakai produknya. Tak lupa juga dengan Template Ijonkz, terimakasih banyak. Setelah ini saya akan konsisten untuk melakukan yang terbaik demi blog ini.

Untuk semua yang ingin ganti template/domain, sebelumnya pikirkan matang-matang, lalu ambil keputusan yang tepat untuk blog anda. Tindakan ini tergantung diri anda kedepannya, jika anda baik dan konsisten mungkin blog anda juga akan maju, jika anda lebih malas kedepannya mungkin akan terjadi sebaliknya.
  1. Tisu sulam

    Netizen Budiman

    10/04/2019

    Asli keren artikel ini ❤️

  2. Anonim

    Netizen Budiman

    10/04/2019

    Artikelnya sangat bermanfaat gan,


    Kunjungi blog saya juga ya, banyak juga artikel yang membahas seputar tutorial blogger dan Download Template Premium di Download template premium


    KampusSEO.com

  3. IDWARTA

    IDWARTA

    10/04/2019

    akhirnya pindah ke domain ltd juga bosku... dari renovasi-otak.blogspot.com jd vasiota.com hampir mirip dan dipersingkat..

    semoga semakin terdepan..

    • Nando Rifky

      Nando Rifky

      10/04/2019

      Makasih boskuuu 😁👍👍👍

  4. Admin

    Admin

    10/04/2019

    Asli, tulisan nya rapih. Saya yang biasanya malas baca artikel panjang ( tanpa gambar ) . ini saya baca sampe abis tanpa skip 👍👍

    • Nando Rifky

      Nando Rifky

      10/04/2019

      Baguslah kalo ngga di skip, biasain gitu gan 😁 terimakasih

  5. Initials JST

    Initials JST

    10/04/2019

    Selera orang memakai template itu beda-beda. Tapi saya rasa Textrim juga sangat bagus dan page speednya lumayan wow.

    Saya juga baru beli domain beberapa minggu yang lalu. Untuk template sebenarnya sudah lama tidak diganti.

    Untuk masalah konsistensi, saya agaknya sudah sedikit ngawur dikarenakan sibuk ngampus.

    Semoga sukses ya kawan ☺.

    • Nando Rifky

      Nando Rifky

      10/05/2019

      Kalau sibuk ngampus wajar sih, setiap orang juga memiliki kesibukan tersendiri. Toh, sebenernya saya juga sibuk kerja, tapi kalo ada waktu longgar saya sempat'in buat buka blog :D

      Mantap lah, terimakasih :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan