Cara Mendapatkan Skor 90-100 di Google PageSpeed Insights Versi Blog Kode Jarwo

Cara Mendapatkan Score 90-100 di Google PageSpeed Insight Ala Blog Kode Jarwo - Sebagian besar pengunjung blog kita berasal dari perangkat mobile, pastinya semua pengunjung mengharapkan blog yang didatanginya dimuat dengan cepat. Maka dari itu, tugas untuk pengelola blog yang wajib dilakukan yakni mengoptimalkan kecepatan dari blognya masing-masing, karena pengunjung akan bosan untuk berlama-lama menunggu loading yang tak kunjung usai.
Mengatasi Skor di PageSpeed Insight Rendah
Pada pertemuan kali ini, admin akan membagikan tips dari Blog Kode Jarwo untuk mendapatkan skor tinggi di mata Google PageSpeed Insights baik di tampilan Mobile maupun Desktop. Pastinya, tips ini dikhususkan untuk anda yang menggunakan platform Blogger(Blogspot). Sebelumnya, simak penjelasan berikut tentang PageSpeed Insights.

Penjelasan Tentang Google PageSpeed Insights

Apa itu Google PageSpeed Insights? - Google PageSpeed Insights(PSI) merupakan alat dari google yang dibuat dengan tujuan mengukur seberapa cepat performa loading dan kinerja dari blog tersebut. Dengan menggunakan alat ini, maka penilaian terhadap blog bisa dinilai dengan standar Google yang pastinya paham betul tentang hal ini dan disertai detail dari permasalahnnya.

Hasil uji kecepatan blog yang disajikan oleh Google PageSpeed Insights yaitu berupa skor, yang berskala 1-100 dengan penjelasan berikut:
  • Skor 0-49 - Artinya kecepatan loading blog anda sangat buruk atau lambat.
  • Skor 50-89 - Artinya kecepatan loading blog anda normal.
  • Skor 90-100 - Artinya blog anda dinilai sangat cepat oleh google.
cara meningkatkan page speed blog

BACA JUGA: Cara Menghapus Bulan dan Tahun pada URL Blogger

Tips Mendapatkan Skor Sempurna di Google PageSpeed Insights

Menurut Ozik Jarwo, sebenarnya caranya hanya ada satu, yaitu mengikuti dan memenuhi kesepuluh rules pengoptimalan yang disarankan oleh PageSpeed Insights sebagai berikut:
Blog Kode Jarwo
Sumber: Blog Kode Jarwo
Anda harus mengikuti semua saran pengoptimalan diatas. Jika 1 saran saja tidak lulus, maka skor dari blog anda langsung berkurang dan otomatis tidak akan mendapatkan skor sempurna.

1. Aktifkan pemampatan

Mungkin kalau masalah ini kita lewati saja, karena secara otomatis di Blogger sudah menggunakan kompresi GZIP pada server webnya, sehingga tidak ada satupun pengguna Blogger yang akan mendapatkan masalah ini.

2. Hindari pengalihan halaman landas

Masalah ini muncul ketika blog anda memiliki halaman redirect. Misal, yang harusnya homepage berada di www.blogspot.com akan alihkan ke www.blogspot.com/p/home.html, atau yang semacamnya.

3. Manfaatkan penyimpanan cache browser

Masalah ini muncul karena server hosting anda tidak melakukan cache browser. Misalnya begini, anda membuka blog A, dan terdapat gambar saya disana. Jika saya mengaktifkan cache browser, maka ketika anda membuka blog A lagi, gambar saya tadi tidak perlu didownload lagi, cukup memunculkan gambar lama yang sudah pernah dimuat sebelumnya.

Masalah yang lebih sering dikenal dengan nama leverage browser caching atau add expires header. Untuk mengatasi masalah ini anda harus bergelut dengan hosting dan PHP, sedangkan di Blogger kedua unsur tersebut tidak ada. Jadi cara terakhir yang dapat anda gunakan adalah dengan memanipulasinya, yaitu dengan LazyLoad. Untuk tutorialnya silakan anda lihat pada artikel berikut: Lazyload Gambar & Lazyload Javascript.

Tentu cara ini sangat bagus, selain dapat mempercepat loading blog, juga dapat menghemat kuota sang pengunjung.

BACA JUGA: Cara Mudah Memasang Komentar Disqus di Blogspot

4. Meminifikasi CSS - Minify CSS

Masalah ini muncul ketika ada CSS di template anda yang belum dikompres. Contoh yang belum dikompres kurang lebih seperti ini:
.main{
  position: absolute;
  top: 50%;
  left: 50%;
  transform: translateX(-50%) translateY(-50%);
Untuk mengkompresnya cukup mudah, anda dapat menggunakan alat dari situs Minifier.org. Dengan begitu anda tidak perlu repot untuk menghapus jarak dan spasi dari CSS tersebut satu persatu. Hasil setelah di minify kurang lebih akan seperti ini:
.main{position:absolute;top:50%;left:50%;transform:translateX(-50%) translateY(-50%)}

5. Meminifikasi HTML - Minify HTML

Sama seperti Minify CSS, hanya saja bedanya masalah ini hanya muncul ketika template anda memiliki banyak HTML komentar atau HTML yang memiliki banyak jarak dan spasi. Untuk cara mengatasinya juga sama, anda dapat menggunakan tools gratis yang tersebar di internet.

6. Meminifikasi JavaScript - Minify JavaScript

Tidak jauh berbeda dengan Minify CSS dan HTML, hanya saja perbedaannya terletak pada JS yang belum dikompres. Anda juga dapat meminifikasi javascript dengan Minifier.org.

7. Menghilangkan JavaScript dan CSS yang memblokir rendering di konten paruh atas

Solusi render blocking cukup mudah, anda hanya perlu menambahkan atribut async pada JS eksternalnya, sehingga berbentuk kurang lebih menjadi seperti ini:
<script async='async' src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
Begitu juga dengan CSS

8. Mengurangi waktu respons server

Yang ini agak sulit, karena kita harus mengoprek hingga ke bagian web server untuk mengatasinya. Masalah ini dapat muncul kalau waktu respon server yang diperlukan browser untuk memuat blog anda lebih dari 200ms.

Solusinya pun beragam, kalau anda masih menggunakan blogspot, disarankan jangan menggunakan https saat mengecek skor dan gunakan blogspot.co.id atau domain generik lainnya, selain .blogspot.com. Sedangkan bagi yang sudah TLD, cukup tambahkan URL redirect mobile di belakang link.

9. Optimalkan gambar

Saran ini akan muncul ketika terdapat gambar yang berukuran besar dan belum di kompres. Untuk lebih lengkapnya anda bisa lihat disini: Tips Mengurangi Ukuran Gambar

Jika setelah di kompres masalah tersebut masih muncul, salah satu cara lainnya yaitu menggunakan LazyLoad. Selengkapnya bisa baca di: Optimasi Loading Blog dengan Lazy Load Image.

10. Prioritaskan konten yang terlihat

Masalah ini muncul karena artikel di blog membutuhkan waktu load yang lama, karena ada sesuatu yang harus di load sebelumnya.

Masalah ini sangat penting, karena setiap pengunjung inginkan dari blog anda adalah artikelnya. Bila ada sesuatu yang di load dahulu sebelum artikel, dapat pastikan waktu load artikel jadi lambat, dan kemungkinan besar pengunjung kabur dari blog anda. Hal ini dapat menambah bounce rate di blog anda. Untuk mengatasinya anda bisa kunjungi Cara Mengatasi Prioritize Visible Content di PageSpeed Insights.

BACA JUGA: Cara Mengelola Gambar yang Terupload di Blogger
***
Setelah melakukan rules di atas dengan benar, dapat dipastikan kecepatan loading blog anda akan optimal di mata pagespeed insights, karena hal tersebut merupakan rekomendasi/saran dari google untuk mempercepat kinerja dari blog/situs anda. Sumber: Blog Kode JarwoLengkap! Cara Mendapatkan Skor 100 di PageSpeed Insights
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Cara Mendapatkan Skor 90-100 di Google PageSpeed Insights Versi Blog Kode Jarwo" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

5 comments

  1. Artikelnya sangat bermanfaat gan,

    Kunjungi blog saya juga ya, banyak juga artikel yang membahas seputar tutorial blogger dan Download Template Premium di Download template premium

    KampusSEO.com

    ReplyDelete
  2. Yahh ngasih tutor untuk mendapatkan skor pagespeed insight tapi blog ini sendiri masih blm dpt skor 90.
    Buka nih blog ane udah dapet skor 90 keatas. Ga percaya? Coba aja. Hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

*Nyalakan/Centang Notify me untuk menerima notifikasi saat Admin membalas komentar Anda.

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami