Domain Authority VS Page Authority, Mana yang Lebih Penting?

Nilai otoritas seperti Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) adalah ukuran untuk mengetahui tingkat visibilitas dan ranking suatu domain ataupun halaman-halaman pada hasil pencarian search engine(SERP). Bisa dibilang, DA/PA merupakan indikator performa SEO dari situs tersebut. Hal ini juga berlaku pada blog yang Anda miliki.
DA Vs PA
Berdasarkan penjelasan ini, DA dan PA sama-sama memiliki peranan penting untuk perkembangan blog Anda. Tapi, manakah yang perlu diprioritaskan?

Menurut Kebutuhan Anda

Meskipun keduanya penting, Anda sebenarnya bisa lebih fokus untuk meningkatkan salah satu dari DA atau PA, untuk memperoleh perkembangan blog yang maksimal dan sesuai dengan harapan Anda. Tidak bisa dipungkiri, baik DA maupun PA sama-sama bisa memberikan keuntungan yang positif bagi blog Anda jika dikelola dengan baik.

Karenanya, tidak ada jawaban yang tepat soal mana yang harus Anda prioritaskan. Sebab, penentuan apakah Anda perlu fokus lebih pada DA atau PA bergantung pada kebutuhan yang sedang Anda miliki. Singkatnya, ada kondisi di mana Anda perlu memprioritaskan DA dan ada pula kondisi di mana lebih baik Anda memprioritaskan PA.

Kondisi di mana Anda Perlu Memprioritaskan DA

Saya meyakini bahwa meningkatkan skor DA adalah pilihan yang lebih baik, apalagi jika ini menyangkut perkembangan blog pribadi. Walaupun memakan waktu cukup lama untuk memperoleh hasil yang signifikan, Anda bisa mendapatkan efek positif untuk jangka yang lebih panjang. Dengan begitu, keberlangsungan blog Anda akan terjamin.

Mengapa? Karena nilai DA yang tinggi mampu memberikan otoritas yang lebih tinggi pula bagi halaman-halaman yang ada di dalamnya, secara bersamaan. Tidak perlu memperhatikan detail untuk tiap halaman konten Anda. Dengan nilai DA yang tinggi, Anda bisa mendapatkan inbound traffic yang lebih banyak dengan sekaligus. Tentunya, tersebut merupakan strategi yang lebih efisien, bukan?

Lalu, bagaimana cara meningkatkan nilai DA?
  • Buatlah artikel yang menarik untuk dibaca (jangan lupa memikirkan kualitas artikel tersebut).
  • Bangun internal link yang kuat antar halaman pada blog/situs Anda.
  • Lakukan guest post.
  • Bangun external link dari situs-situs lain yang memiliki nilai otoritas tinggi.
  • Hilangkan semua yang buruk bagi performa SEO dari keseluruhan situs blog Anda.

Di sisi lain, mengutamakan peningkatan Domain Authority tidak berarti Anda melupakan begitu saja nilai otoritas dari halaman blog yang Anda miliki(PA). Walaupun bagi strategi jangka panjang memperhatikan DA tanpa memikirkan PA bisa dilakukan, saya benar-benar tidak menyarankan hal ini.

Tentunya, jika Anda benar-benar ingin mencapai hasil yang maksimal, nilai PA untuk tiap halaman blog Anda tetap perlu diperhatikan, karena keduanya sama-sama saling menguntungkan. Jika PA halaman Anda bagus, tentu nilai DA blog Anda juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Cuman, peningkatan DA pantas untuk Anda berikan perhatian lebih untuk pengembangan blog pribadi, sebab Anda bisa mendapatkan efek yang lebih menyeluruh terhadap perkembangan nama baik blog Anda.

Jadi, Kapan Anda Perlu Memprioritaskan PA?

Memprioritaskan nilai PA akan menjadi strategi yang jitu bagi Anda jika diterapkan pada:
  • Artikel Guest Post
  • Mempromosikan Artikel Melalui Sosial Media
Anda bisa menulis di blog orang lain untuk mendapatkan pengunjung dari situs tersebut untuk meningkatkan nilai PA. Akan tetapi, agar artikel Anda menarik untuk dibaca oleh para audiens baru, Anda juga perlu membuatnya istimewa.

Setelah itu, jangan lupa untuk membagikan artikel yang anda tulis di blog anda sendiri. Menulis artikel yang powerfull masih belum cukup. Anda juga perlu aktif dalam membagikan artikel ke sosial media. Dengan begitu, anda akan didatangi audiens baru dari sana.
***

Begitulah kira-kira pertimbangan yang perlu Anda ketahui dalam manakah yang lebih penting dari domain autorithy dan page authority. Untuk mana yang perlu diprioritaskan, sebenarnya saya kembalikan lagi Anda untuk kebutuhan blog yang dimiliki.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tujuan pengembangan blog yang Anda miliki, sebelum memutuskan untuk memprioritaskan. Setelah itu, kamu perlu mencari tahu pengaruh positif dari masing-masing tipe nilai otoritas.

Oke, cukup sekian pembahasan kali ini ya. Jika ada yang ditanyakan atau ada masukan saya persilahkan untuk berkomentar, dan saya ucapkan terimakasih.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Domain Authority VS Page Authority, Mana yang Lebih Penting?" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami