8+ Ide Bisnis Pelajar Modal Kecil yang Menguntungkan

Ide Bisnis Pelajar
Ide Bisnis Pelajar Yang Menguntungkan - Bisnis untuk pelajar bisa dikatakan sangat membantu keperluan pribadi. Bahkan dengan memulai berbisnis, seorang pelajar mampu memperoleh penghasilan dengan keuntungan yang besar, asalkan benar-benar tekun dalam mengelola bisnis yang dilakoninya.

Berbekal kreativitas, ulet, dan berani mengambil risiko, sebenarnya banyak peluang bisnis yang tepat untuk pelajar dengan modal yang kecil.

Untuk itu, saya kali ini akan memberikan ide bisnis pelajar untuk usaha sampingan yang cocok bagi anak SMP, SMA/SMK, maupaun Mahasiswa. Dengan modal kecil, anda akan cepat balik modal jika anda telaten dalam melakoninya. Oke, silahkan membaca.

10 Ide Bisnis Pelajar yang Menjanjikan

1. Menjual Pulsa Elektrik

Selain mudah dilakukan, sebagian besar pelajar memilih bisnis pulsa elektrik untuk belajar berbisnis karena tidak memerlukan modal yang besar. Dengan menjual pulsa elektrik, Anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Setiap penjualan pulsa, Anda akan memperoleh Rp500-Rp2000.

Tanpa terbatas waktu, tempat, maupun alat, Anda dapat menjalani bisnis ini. Selain itu, menjual pulsa dapat dilakukan kapanpun & dimanapun, dan Anda dapat menjual saat sekolah (menawarkan pada teman sekolah), dengan menggunakan perangkat apapun (HP jadul pun bisa).

2. Menjual Makanan Kecil

Jika kantin letaknya cukup jauh dari ruang kelas, bisnis jual makanan ringan dapat anda lakukan. Peluang bisnis ini muncul saat pergantian mata pelajaran dan ketika ada waktu jeda singkat di antaranya, dan momen inilah merupakan peluang yang tepat untuk berjualan makanan kecil di ruang kelas. Sebab makanan kecil sangat dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar ketika sedang kelas.

3. Membuka Bimbingan Belajar

Sejauh ini selalu ada saja mahasiswa yang membutuhkan bantuan orang lain yang lebih kompeten dengan mata kuliah tertentu untuk menaikkan Indeks Prestasi (IP). Tentu hal ini merupakan peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk menciptakan bisnis bimbingan belajar. Bisnis ini dapat Anda lakukan sendiri atau bersama orang lain yang menguasai dalam bidang tersebut.

Ketika menjalankan bisnis bimbingan belajar, sebaiknya jangan hanya terbatas pada bidang akademis saja. Bisnis ini dapat Anda kembangkan hingga bidang non akademis, seperti olah vokal, renang, bermain alat musik, dan lain sebagainya. Dalam menjalankan bisnis ini, perlu kesabaran lebih dalam memberikan bimbingan.

4. Jasa Servis Laptop, Komputer, ataupun HP

Bisnis ini sebenarnya cukup potensial karena hampir semua pelajar memiliki perangkat elektronik, ntah itu laptop, kompunter, maupun hp. Namun, bisnis ini hanya dapat dijalankan oleh orang yang paham dan terampil mengenai hardware dan software. Selain itu, anda juga membutuhkan alat servis seperti obeng, tespen digital, hingga cangkul, hehe becanda. Bisnis ini dapat Anda promosikan kepada teman teman sekolah ataupun kuliah, dan tidak menutup kemungkinan membuka servis untuk umum.

5. Bisnis Online Shop

Bisnis online shop merupakan bisnis terpopuler dikalangan pelajar hingga mahasiswa. Di sini, Anda dapat menjual kebutuhan manusia, seperti t-shirt, celana, sepatu, topi, dan lain-lain. Terdapat banyak situs jual beli yang dapat Anda manfaatkan untuk menjual barang milik pribadi ataupun orang lain. Kalaupun tidak memiliki barang, Anda dapat menjualkan barang dari beberapa situs reseller maupun dropship. Jadi, modal yang dibutuhkan tidak banyak, tetapi hasilnya lumayan untung, tergantung seberapa tekun Anda menjalankan bisnis ini.

6. Menjual Buku Bekas

Seseorang pasti membutuhkan buku untuk menunjang kegiatan belajarnya. Buku bekas dapat Anda manfaatkan untuk menciptakan peluang bisnis yaitu menjual dengan harga yang lebih murah.

Saat ini, biaya pendidikan semakin mahal. Buku bekas dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi beban keuangan pelajar maupun mahasiswa. Buku bekas yang masih layak digunakan dapat dijual dengan harga murah melalui teman, pengumpul buku, atau orang lain yang sudah tidak membutuhkannya lagi. Kemudian, Anda bisa menjual kembali buku bekas tersebut ke teman atau orang lain yang lebih membutuhkan.

7. Jasa Pengetikan

Bisnis selanjutnya sangat mudah dilakukan yaitu jasa pengetikan. Bisnis ini cocok buat pelajar SMP, SMA maupun Mahasiswa. Biasanya, bisnis ini dilakukan sesuai permintaan pelanggan ingin membuat apa, contoh tugas, artikel, atau bahkan skripsi. Jasa pengetikan ini membutuhkan laptop atau komputer saja.

Untuk cara kerja bisnis ini, pelanggan memberikan contoh tulisan, baik itu tulisan tangan atau buku dengan kata kata yang ditandai untuk diketik. Setelah itu Anda tinggal mengetikkan sesuai permintaan.

8. Menjual Kerajinan

Menjual kerajinan cukup prospek untuk dilakukan oleh pelajar maupun mahasiswa. Modalnya pun tergolong kecil, tergantung apa yang akan kita buat. Hanya berbekal imajinasi dan keterampilan, Anda sudah mampu membuat kerajinan yang memiliki nilai jual.

Anda dapat menjual produk kerajinan melalui online shop, atau di pusat keramaian seperti Car Free Day, hingga pasar.

9. Jasa Desain Grafis

Bagi Anda yang suka dengan desain grafis serta mempunyai keahlian, Anda dapat memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkannya kepada orang lain atau guru/dosen. Bisnis ini menuntut keterampilan dan kekreativan Anda dalam mengoperasikan software seperti Photoshop, CorelDraw dan lainnya untuk membuat desain grafis. Dengan ketrampilan desain, Anda dapat memperoleh banyak untung dari bisnis ini, karena jasa desain website, jasa desain kaos, dan jasa desain lainnya membutuhkan Anda.

10. Mengikuti Afiliasi Pemasaran

Bisnis ini dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Program Afiliasi dapat anda lakukan sebagai sampingan, dan anda tidak dituntut untuk menjual. Paham maksudnya? Untuk lebih lengkapnya anda dapat membaca artikel saya tentang Affiliate Marketing: Program Bisnis Tanpa Modal dengan Omset Jutaan.
***
Peluang Bisnis Pelajar

Kelola dengan Baik dan Mulai Dapatkan Untung

Semua ide bisnis tersebut sangat bergantung pada minat dan bakat seseorang. Bisnis-bisnis yang telah dijabarkan di atas akan dapat berkembang jika dikelola dengan baik, benar dan terkonsep. Luar biasa jika belum lulus kuliah tetapi sudah mempunyai bisnis yang berjalan lancar dan teratur. Jika bisnis Anda bisa berkembang, Anda dapat mengumpulkan uang yang diperoleh untuk membuat bisnis tersebut lebih berkembang lagi.

Mulai dari sekarang, cari tahu apa bakat dan kemampuan yang Anda miliki. Kemudian tentukan bisnis yang sesuai keterampilan yang Anda kuasai dan segera lakukan, jangan terlalu banyak berpikir.

Itulah ide bisnis pelajar yang menjanjikan, jalani dengan benar dan Anda akan memperoleh keuntungan yang besar. Semoga berhasil.

Baca: 11 Situs Penyedia Iklan Sebagai Alternatif Adsense

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "8+ Ide Bisnis Pelajar Modal Kecil yang Menguntungkan" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami