Lakukan Cara ini Untuk Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense

Solusi Iklan Dibatasi AdSense

Pembatasan Iklan merupakan masalah umum yang terjadi pada publisher AdSense. Bukan berarti setelah diterima Google AdSense, Anda akan terbebas dari pelanggaran. Pembatasan Iklan salah satunya, masalah ini kerap terjadi setelah situs blog diterima sebagai publisher AdSense.

Jika akun AdSense Anda mengalami pembatasan iklan, pada dashboard Google AdSense akan muncul peringatan kotak merah yang berisi "Jumlah iklan yang dapat Anda tampilkan telah dibatasi. Buka Pusat kebijakan untuk melihat detailnya". Selain itu, Anda akan menerima email dari AdSense seperti gambar berikut.
Cara Mengatasi Penayangan Iklan Dibatasi

Setelah Anda mengalami hal tersebut, apa yang harus Anda lakukan? Kali, ini kita akan bahas tuntas tentang Pembatasan penayangan iklan AdSense. Sebelumnya, mari kita ketahui apasih penyebab dari pembatasan iklan ini.

Table of Contents

Penyebab Pembatasan Penayangan Iklan Google AdSense

Seperti yang dijelaskan oleh google, ada 2 penyebab iklan dibatasi, yaitu:

1. Karena Akun AdSense masih dalam Penilaian

Akun AdSense baru akan dibatasi untuk sementara waktu, karena pihak Google masih menilai kualitas traffic pada situs blog Anda. Google akan terus meninjau dan memperbarui pembatasan iklan ini secara otomatis sambil memantau traffic Anda. Namun, pihak Google tidak bisa memberikan estimasi kapan proses ini selesai.

2. Karena Traffic Tidak Valid

Pembatasan iklan kerap muncul karena Google menilai traffic tidak valid(invalid traffic) yang ada pada situs blog Anda. Yang dimaksud invalid traffic yaitu meliputi:
  1. Tayangan atau klik iklan sendiri dengan sengaja maupun tidak sengaja guna menambah penghasilan.
  2. Menayangkan atau klik iklan berulang kali(bom klik) dari satu pengguna atau lebih.
  3. Membujuk pengunjung untuk mengeklik iklan. Misalkan, kata-kata yang mendorong pengunjung untuk mengeklik iklan, dan sejenisnya.
  4. Alat penghasil klik atau mendatangkan sumber traffic otomatis, visitor bot, atau software lainnya.
Walaupun iklan dibatasi, bukan berarti Anda sudah di banned oleh pihak Google AdSense. Anda juga masih bisa mengakses dashboard Google AdSense.

Saya tahu betul tujuan Anda kemari yaitu mencari solusi agar pembatasan iklan Google AdSense dapat teratasi.

Sebenarnya, membaca tutorial saja tidak cukup. Anda perlu bereksperimen untuk mendapatkan solusi dari masalah yang Anda alami. Namun, berhubung saya disini juga pernah mengalami pembatasan jumlah iklan, saya akan membagikan sedikit tips apa yang saya lakukan ketika pembatasan iklan sedang berlangsung.

BACA: BARU! Daftar Alternatif Google AdSense Terbaik 2019

Solusi Pembatasan Penayangan Iklan Google AdSense

Hal yang saya lakukan yaitu mengikuti prosedur yang sudah disediakan Google. Berhubung penyebab pembatasan iklan AdSense ada 2 hal diatas, saya juga memberi 2 solusi sesuai prosedur yang sudah disediakan Google, silahkan terapkan yang sinkron dengan masalah Anda. Oke, langsung saja.

Mengatasi Pembatasan Iklan karena Akun sedang Dinilai

Caranya mudah, Anda tidak perlu khawatir oleh karena masalah ini. Seperti yang dikatakan Google, Anda cukup menjadi blogger aktif dalam hal membuat konten(update artikel) dan menghasilkan lalu lintas serta membangun audiens. Selain itu, pastikan Anda mematuhi kebijakan Program AdSense. Cukup singkat untuk mengatasi masalah ini, karena pada dasarnya Google masih meninjau situs Anda kembali untuk memastikan Anda benar-benar dalam menjadi publisher AdSense.

Mengatasi Pembatasan Iklan karena Traffic Tidak Valid

solusi pembatasan iklan adsense

Seperti yang Anda ketahui, menjadi publisher AdSense artinya Anda bertanggung jawab penuh atas traffic pada iklan yang Anda tampilkan. Oleh karena itu, Anda harus teliti dalam memantau traffic iklan Anda untuk memastikan bahwa blog Anda mematuhi kebijakan AdSense dan tidak menghasilkan invalid traffic.
Masalah ini cukup serius bagi saya, karena Google mendeteksi adanya invalid traffic pada blog Anda. Hal yang dapat Anda lakukan yaitu:

1. Kaitkan Akun Google AdSense dengan Google Analytics

Gunakan Google Analytics untuk mendapatkan informasi mendetail tentang pengunjung blog Anda dan selalu waspada terhadap perilaku pengguna yang mencurigakan. Walaupun tanpa Google Analytics pihak Google bisa memantau blog Anda secara detail. Alangkah baiknya Anda harus memasang dan menghubungkan akun AdSense dengan Analytics. Hal ini bertujuan agar Anda dan pihak Google dapat memantau situs Anda dengan baik (Anda memantau traffic yang mencurigakan, sedangkan pihak AdSense memantau perkembangan traffic pada blog Anda).

2. Jangan Pernah Menggunakan Visitor BOT atau Pembelian Traffic dan Sejenisnya

Poin ini perlu Anda perhatikan, Anda jangan sekali kali bermain dengan penghasil visitor bot, pertukaran traffic otomatis(traffic exchange), membeli traffic, ataupun sejenisnya. Hal itu sangat dibenci Google AdSense, Anda akan di pandang melanggar kebijakan, dan dikenai sanksi ringan berupa jumlah iklan yang tampil dibatasi.

Lalu, bagaimana jika hal itu sudah terjadi? Akan saya jawab di akhir artikel ini ya, yuk lanjut.

3. Sekalipun Jangan Pernah Mengeklik Iklan Sendiri, atau Menampilkan Iklan Secara Berulang

Meskipun Anda tidak sengaja, mengeklik iklan sendiri atau merefresh halaman guna menampilkan iklan berkali-kali tetap dilarang. Jika Google mengetahui bahwa Anda telah mengeklik iklan sendiri untuk menaikkan penghasilan atau biaya pengiklan, Google tidak segan untuk menonaktifkan akun AdSense Anda, atau bisa disebut BANNED.

4. Mulai Mengoptimasi dan Menganalisa Blog

Selain itu, Anda perlu mengoptimasi blog agar memperoleh traffic organik yang dihasilkan mesin telusur, dan menganalisa kesalahan pada blog Anda mulai dari audiens, hingga SEO. Hal ini saling berkaitan, dan bertujuan untuk meyakinkan pihak Google bahwa blog Anda telah menghasilkan traffic murni.

BACA: Pengertian Visitor, Unique Visitor, dan Bounce Rate dalam Dunia Blogging

Sudah, 4 saja? Tidak. Anda juga harus tetap aktif dalam update artikel untuk blog Anda. Hal ini merupakan faktor terpenting yang perlu Anda optimalkan. Content is King, dan katanya, konten adalah kunci kesuksesan blog.

Oke, berhubung saya sudah mulai pusing mau bahas apa lagi, langsung saja, saya disini akan membagikan tips yang sebelumnya saya lakukan saat mengalami pembatasan iklan, sebagai berikut.

TIPS Saat Mengalami Pembatasan Iklan Google AdSense

Selain 4 cara diatas, saya juga punya sedikit tips buat Anda yang mengalami pembatasan penayangan iklan, yuk simak.
  1. Hapus script iklan selama pembatasan berlangsung.
  2. Buatlah konten yang menarik, dan hasilkan pengunjung.
  3. Jika pembatasan iklan sudah teratasi, jangan menampilkan iklan berlebihan, dan tetap patuhi kebijakan AdSense.
  4. Jangan bosan menunggu. Sambil menunggu pembatasan iklan selesai, maksimalkan terus blog Anda.
  5. Berjanji tidak melanggar kembali dan berdoa agar masalah cepat teratasi.
BACA: Mengalami Penolakan Google AdSense? Baca Penjelasannya Disini
***
Itulah penyebab dan cara mengatasi penayangan iklan AdSense dibatasi. Jangan lupa untuk menerapkan tips yang saya berikan. Terus kembangkan blog Anda, semoga berhasil.

Terimakasih.
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Lakukan Cara ini Untuk Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

4 comments

  1. Makasih gan, bermanfaat. Akan saya jalankan tipsnya.. doain adsanse saya cepet sembuh ya... heheh

    ReplyDelete
  2. Apa yang disampaikan pihak Google Adsense terkait apa yang harus dilakukan pemilik blog dalam mengatasi pembatasan iklan sebetulnya pun berkaitan dengan kesehatan blog, bukan hanya karena blog kita menjadi publisher Adsense.

    Iklan berlebihan, misalnya, membuat risih pembaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa agan sudah membaca seluruhnya dari artikel ini?

      Delete

Post a Comment

*Nyalakan/Centang Notify me untuk menerima notifikasi saat Admin membalas komentar Anda.

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami