Pengertian Unique Visitor, Visitor, dan Bounce Rate dalam Dunia Blogging

Pengertian Unique Visitor, Visitor, dan Bounce Rate dalam Dunia Blogging
Daftar Isi Artikel
Pengertian Visitor, Unique Visitor, dan Bounce Rate dalam Dunia Blogging. Memang benar, banyak istilah-istilah dalam dunia blogging yang menjadi tuntutan blogger pemula untuk mengetahuinya. Istilah umum seperti visitor, unique visitor, organic traffic,  dan bounce rate sebaiknya harus anda pahami terlebih dahulu sebelum memperdalam dunia blog.
pengertian unique visitor
Mengetahui jenis traffic pengunjung merupakan hal mendasar yang harus diketahui pengelola blog untuk mempermudah dalam mengelola blog yang ia miliki. Maka dari itu, kali ini saya akan membahas apa maksud dari visitor, unique visitor, organic traffic dan bounce rate yang perlu anda ketahui, sebagai berikut.
  • Pengertian Visitor
  • Pengertian Unique Visitor
  • Pengertian Bounce Rate

1. Pengertian Visitor

Visitor adalah orang yang membuka, mengakses, atau mengunjungi blog anda. Jumlah visitor tidak akan melebihi jumlah page view yang muncul pada statistik di dashboard blogger anda. Karena page view merupakan jumlah klik yang dilakukan visitor di dalam blog anda.

Namun, visitor tidak hanya berupa orang yang mengakses blog anda saja, robot atau sering disebut visitor bot yang mengakses blog kita juga terhitung sebagai visitor. Bot sendiri juga terbagi menjadi dua, yaitu ada yang menguntungkan dan merugikan.

Dari segi menguntungkan ada bot google yang bertugas merayapi blog anda yang nantinya akan muncul di mesin pencarian google. Sedangkan dari segi merugikan ada istilah visitor bot yang bersifat spamming atau sering disebut dengan jingling yang hanya bekerja atas perintah manusia.

2. Pengertian Unique Visitor (UV)

Unique Visitor (UV) atau visitor unik adalah pengunjung blog yang membuka blog anda untuk pertama kalinya. Pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu disebut Unique Visitor. Robot pelacak yang bertugas untuk mengidentifikasi pengunjung unik berdasarkan alamat IP yang berbeda.

Pengunjung setia blog atau pengunjung yang membuka blog anda berkali-kali, tidak tergolong visitor unik. Tersebut hanya akan meningkatkan jumlah page view, dan disebut pengunjung biasa. Perlu anda ketahui, semakin banyak jumlah unique visitor, semakin baik juga performa dari blog yang anda miliki.

3. Pengertian Bounce Rate

Bounce Rate adalah keadaan dimana pengunjung hanya membuka satu halaman website tanpa melakukan tindakan apapun. Mereka tidak menekan tombol menu, navigasi, atau internal link yang ada di halaman tersebut.

Bounce rate yang tinggi mengindikasikan satu dari dua kemungkinan. Pertama, kualitas konten di halaman tersebut terlalu buruk sehingga pengunjung tidak tertarik untuk mengeksplorasi konten-konten lainnya. Kedua, konten tidak sesuai dengan maksud pengunjung sehingga mereka mencari konten dari website lain yang sesuai dengan keinginannya.

BACA: Cara Sederhana PING Sitemap ke Search Engine Google dan Bing

Diatas, merupakan pembahasan singkat dari pengertian visitor, unique visitor, dan bounce rate. Setelah mengetahuinya, pasti anda juga paham apa perbedaan dari ketiga istilah tersebut. Semoga bermanfaat.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Konten Unggulan