Yuk, Belajar Cara Menulis Artikel yang Menarik di Blog

Cara Membuat Artikel Menarik
Cara membuat artikel yang menarik di blog tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda cuma butuh upaya seperti pekerjaan-pekerjaan pada umumnya.

Sebelumnya, secara umum pengertian artikel adalah sebuah karya tulis dengan panjang tertentu yang berisi gagasan dengan tujuan membujuk, meyakinkan, mengedukasi, dan menghibur pembacanya, serta dipublikasikan ke suatu media, ntah itu majalah, koran, blog atau situs website, media sosial, dan lain sebagainya.

BACA: Cara Cek Ranking Artikel di Google

Namun, tidak semua artikel yang telah dipublikasikan berhasil membuat nyaman pembacanya, seperti contoh beberapa ulasan pembaca berikut ini.
  • "Bahas apasih? Gajelas banget isinya."
  • "Belajar nulis yang bener dulu deh, baru bikin artikel, ruwet penyampaiannya!"
  • "Heleh, HOAX!"
Oleh karena itu supaya tidak mendapat ucapan pedas diatas, artikel harus dibuat semaksimal mungkin agar menarik dan enak dibaca, sehingga pihak pembaca merasa puas dan tidak menyianyiakan waktunya untuk membaca artikel yang tersedia.

Artikel menarik tidak harus berisi hal-hal yang luar biasa, yang terpenting adalah penyampaiannya. Anda bisa menuliskan apa saja sesuai keinginan Anda. Hal-hal sederhana pun bisa menjadi luar biasa jika Anda sampaikan secara menarik.

Seperti judul, kali ini kita akan memecahkan dua masalah, yaitu:
  1. Bagaimana cara membuat artikel yang menarik?
  2. Bagaimana cara membuat artikel agar enak dibaca?
Kedua poin tersebut akan saya ringkas menjadi satu agar tidak terlalu panjang. Beberapa poin penting ada disini, pastikan anda menyimak dengan baik. Oke, siap? Silahkan membaca.

1. Berfikir Keras Bagaimana Caranya

Bingung maksudnya? Pastikan anda sudah berfikir keras cara membuat artikel menarik dan enak dibaca. Setelah Anda merasa putus asa, lalu Anda bisa baca poin-poin di bawah ini.

2. Tentukan Topik yang Jelas

Topik adalah inti yang harus disampaikan oleh pembaca. Oleh karena itu, agar artikel Anda lebih terarah, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu tentang topik yang akan Anda tulis.  Langsung saja, saya akan memberi contoh riset sederhana sebelum menulis artikel, seperti:
  • Kiat Sukses Bisnis (Baik, tapi bisnis apa?)
  • Kiat Sukses Bisnis Online (Lebih detail)
  • Kiat Sukses Bisnis Online Tanpa Modal (Sempurna!)
Paham contoh diatas?

Topik yang di pilih kiat sukses bisnis akan difokuskan ke kiat sukses bisnis online. Tidak berhenti disitu, anda dapat menambahkan kata kunci turunan yaitu tanpa modal. Cukup paham? Oke lanjut.

3. Buatlah Judul & Deskripsi yang Menggoda

Judul yang baik adalah judul yang mengandung subjek, predikat, dan objek yang jelas. Namun, hal ini sering dilupakan oleh seorang penulis, terutama Blogger ataupun Content Writer, karena terlalu panjang dan dianggap tidak SEO Friendly.

Padahal, dengan menggunakan format penulisan judul semacam ini dapat memperbesar rasio kunjungan artikel dari halaman hasil penelusuran (SERP).

Membuat artikel sepanjang apapun, tidak akan berguna jika penulis salah menentukan judul. Jadi, buatlah judul yang lengkap namun tetap menarik.

Selanjutnya permasalahan deskripsi, isikan juga dengan kata demi kata yang disusun menjadi kalimat yang menarik. Buatlah deskripsi yang mampu meyakinkan perhatian pembaca sehingga mereka terdorong untuk membaca artikel seluruhnya. Setelah melihat judul, deskripsi inilah yang selanjutnya akan dilirik dan dijadikan bahan pertimbangan pembaca.

4. Menambahkan Gambar yang Menarik

Gambar juga tidak kalah penting dari judul dan deskripsi artikel. Memberikan gambar merupakan salah satu cara menghias sebuah artikel. Jangan sampai tulisan yang Anda publikasikan menjadi tidak menarik karena tidak memiliki gambar.

Karena selain menulis artikel, seorang Blogger ditugaskan membuat pembaca agar tidak jenuh ketika membaca artikelnya. Anda hanya perlu mencari gambar yang cocok dengan artikel yang Anda publikasikan.

BACA: Cara Mengetahui Lokasi Gambar yang Terupload di Blogger

5. Kalimat Pembuka yang Bagus

Pembukaan yang bagus adalah pembukaan yang mampu membujuk pembaca untuk melanjutkan menggulir halaman menuju ke inti ataupun isi dari sebuah artikel. Biasakan jangan terlalu banyak basa-basi, karena pembaca tidak menginginkan basa-basi yang Anda cantumkan dalam artikel tersebut, ia cuma membutuhkan apa yang ia cari.

Hal ini akan membuat pembaca berbalik arah atau keluar dari blog anda, dan mempengaruhi bounce rate yang akan menaik, pastinya akan berdampak buruk terhadap blog anda.

Lalu, bagaimana cara membuat kalimat pembuka yang baik? Sesuai dengan pemikiran dan pengalaman saya, ada beberapa aturan penulisan yang bisa Anda coba untuk membuka artikel, yaitu:
  • Sebuah pertanyaan yang membuat penasaran.
  • Pertanyaan yang menghebohkan.
  • Menjelaskan secara singkat tentang inti artikel.
Akan tetapi Anda perlu belajar memperluas bahasa agar pas. Contoh penerapannya, Anda bisa baca-baca artikel blog ini kedepannya.

6. Isi yang Jelas atau Tidak Berputar-putar

Singkat saja, jangan terlalu mengejar keyword agar mendapatkan ranking di mesin penelusuran. Bagus jika Anda mengelolanya dengan baik, jika tidak? yang ada artikel yang Anda buat cuma muter-muter karena mengejar keyword dan basa-basi yang berlebihan.

Ingat, pembaca tidak memiliki waktu banyak untuk membaca artikel Anda. Jadi, langsung jelaskan inti dari artikel yang Anda tulis, dan gunakan kalimat yang efektif.

Ada beberapa saran dari saya yang dapat Anda lakukan tentang hal ini, yaitu:
  • Berikan data dan fakta yang penting penting dan tepat ketika menulis artikel seperti artikel kesehatan, artikel ilmiah, surat kabar/berita, dan tema-tema artikel lain yang membutuhkan data dan fakta.
  • Jangan membuat artikel yang bertema sama dengan gaya penulisan yang sama(meniru). Buatlah hasil pemikiran Anda sendiri yang diperoleh dari pengalaman pribadi. Karena dengan hasil pemikiran sendiri dapat dipastikan artikel menjadi unik dan menarik.
  • Artikel tidak harus panjang, yang penting semua hal tersampaikan dengan baik dan terstruktur. Kalau perlu buatlah kerangka artikel dahulu sebelum menjabarkannya satu per satu.
*Tapi, berbeda dengan artikel yang bersifat edukasi seperti yang saya lakukan saat ini. Artikel ini diharapkan penjelasan sedetail mungkin agar pembaca benar benar paham dan dapat menyerap tulisan Anda dengan mudah.

7. Tandai Poin-Poin Penting

Pastikan Anda menggunakan penanda untuk membantu pembaca memahami artikel Anda.

Anda bisa menggunakan:
  • Heading (Sub Judul)
  • Daftar (List)
  • Pewarnaan kata
  • Bold - Underline - Italic
Gunakan keempat hal di atas dengan baik dan tidak berlebihan (proporsional).

Contohnya, saya menggunakan list untuk memberitahu poin-poin yang dapat Anda gunakan di atas, bukan hanya menyebutkan dengan pemisah tanda koma. Tentunya lebih enak dibaca bukan?

8. Tutup dengan Hal yang Berkesan

Hal ini tidak berlaku bagi situs berita atau surat kabar/koran online, karena berita harus benar-benar netral. Namun, artikel yang membahas selain itu mungkin membutuhkan poin ini.

Sebenarnya, prinsip ini cuma kebalikan dari poin ke-5. Jika di awal memberi pernyataan di belakang berilah pertanyaan, jika di awal memberi pertanyaan di akhir memberi jawaban, jika di awal sudah ada penjelasan maka akhiri dengan pertanyaan seperti “Apakah sudah jelas?”.

*Jika tujuan Anda adalah membuat artikel yang menarik, maka lupakan sejenak tentang SEO. Karena banyak hal tentang SEO yang malah membuat artikel menjadi rumit dan hasilnya kurang menarik untuk dibaca. Utamakan, tulisan yang ada di dalam artikel itu enak dibaca karena ciri-ciri artikel menarik yang terutama adalah itu.
***

Ayo Buat Artikel Semenarik Mungkin Agar Enak dibaca

Sekarang, Anda sudah tau bagaimana cara membuat artikel menarik untuk dibaca lengkap dengan tahapan-tahapannya. Tugas selanjutnya adalah menerapkan poin-poin tersebut dalam artikel yang ingin anda publikasikan.

Ada baiknya Anda membagikan teknik penulisan artikel di panduan ini, agar para Blogger semakin cerdas dalam membuat artikel.

Selamat berjuang membuat dan menyusun artikel menarik milik Anda masing-masing.

Jikalau ada pertanyaan dan pernyataan, silakan ditanyakan dan saya akan berterima kasih atas tanggapan Anda itu.

*Saya tidak membagikan ilmu ataupun teknik SEO secara sengaja di dalam artikel ini. Jadi jika Anda menemukan hal itu, selamat!

Terimakasih.
Nando
Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan "Yuk, Belajar Cara Menulis Artikel yang Menarik di Blog" kepada teman-teman Anda. Hanya dengan menekan Tombol Sosial Media di bawah ini:

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Gratis!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami