Memilih Niche Blog: Apakah Topik Berpengaruh dengan SEO?

Memilih Niche Blog: Apakah Topik Berpengaruh dengan SEO?
Daftar Isi Artikel
Blogger pemula dibingungkan oleh rekomendasi dari pakar SEO antara membuat blog fokus satu niche atau campuran. Fokus satu niche maksudnya, katakanlah Anda ahli dalam teknologi, berarti konten blog tersebut berisi tentang teknologi semua. Berbeda dengan topik campuran (atau di dunia blogger sering disebut Gado-Gado), konten pada blog Anda bisa berisi tentang kesehatan, teknologi, bisnis, traveling, ataupun yang lainnya.
niche blog
Kebanyakan para blogger pemula dibuat bimbang oleh itu. Sebagian besar memilih memiliki blog gado-gado dari pada fokus satu niche, karena lebih simple dan tidak diribetkan untuk membuat blog baru jika ingin membuat blog dengan niche / topik lain. Akan tetapi, para ahli merekomendasikan untuk memiliki blog yang lebih fokus dengan satu niche.

• Mengapa demikian?
• Bagaimana dengan traffic?
• Lebih untung mana?


berikut Adalah pendapat saya tentang hal ini.

Blog Fokus Satu Niche atau Campuran

Kali ini kita memiliki 2 poin yaitu, blog dengan satu niche, dan blog dengan niche campuran.

Oke Langsung saja, silahkan membaca.

Blog Fokus Satu Niche

Saya ulangi lagi, blog fokus satu niche berarti semua konten cuma berisi satu topik. Katakanlah disini Anda memilih topik makanan, berarti konten tenang makanan memenuhi blog Anda.

Kemungkin besar pengunjung Anda akan lebih betah berada di blog Anda, dan mengunjungi artikel lain pada waktu yang sama tanpa meninggalkan blog Anda.

Kenapa?

Karena konten yang ada di blog Anda relevan (semua berisi tentang makanan) yang memungkinan pembaca untuk mengunjungi artikel lain, hal ini pastinya dapat memperkecil bounce rate pada blog yang Anda miliki.

Blog Niche Campuran

Berbagai macam topik dapat diterbitkan di blog ini. Mulai dari teknologi, bisnis, travel, kuliner, dan lain-lain bisa Anda update.

Untuk page view mungkin bisa jadi kalah dengan blog hanya memiliki 1 niche yang relevan.

KESIMPULAN

Jika Anda menggunakan satu niche, orang yang mengunjungi hanya orang yang tertarik dengan hal itu saja.

Sebagai contoh blog Anda berisi tentang travel. Ya, berarti yang mengunjungi hanya orang yang tertarik dengan dunia traveling, artinya orang yang tertarik dengan bisnis, tutorial, atau yg lainnya tidak akan mengunjungi blog Anda karena tidak ada di search engine.

Berbeda dengan niche campuran, saya mengatakan niche campuran akan unggul di search engine karena berbagai macam topik ada di blog tersebut.

Memang benar, bounce rate pada niche campuran akan melunjak tinggi. Ini dapat kita atasi dengan memasang artikel terkait sesuai LABEL di bawah postingan ataupun sidebar.

Namun, tidak menutup kemungkinan blog satu niche tidak laku, jika Anda membahas topik yang ramai pengunjung, blog Anda juga akan dibanjiri traffic oleh itu.

Itulah pembahasan tentang satu niche blog atau campuran. Intinya keduanya saling menguntungkan, tergantung cara kita mengelolanya.

Semoga bermanfaat, terimakasih.
  1. Initials JST

    Initials JST

    1/22/2020

    Saya punya blog campuran alias gado-gado. Bounce rate dari google analytics parah! Tinggi amat. Saat ini bounce ratenya nyampe 60%. Tapi beberapa hari belakangan ini terjadi penurunan persentase bounce rate.

    Kalau untuk blog yang membahas satu topik saya akui itu sulit banget untuk update artikel. Berbeda dengan campuran, ada ide langsung tancap gas update artikel 😂

    • Nando Rifky

      Nando Rifky

      1/22/2020

      Memang benar, blog satu topik sulit mau update, kadang bingung.

      Tapi kalo topik tersebut sudah dikuasai mungkin bisa lancar.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan