Cara Memblokir Situs Website di MikroTik dengan Web Proxy

Web Proxy adalah suatu web berbasis proxy server yang bertugas menjadi perantara untuk menerima atau melakukan permintaan request terhadap konten dari sebuah jaringan internet.

Sedangkan pengertian Web Proxy pada mikrotik adalah sebuah fitur pada MikroTik yang biasa digunakan untuk memblokir situs web. Dengan menggunakan web proxy, Anda bisa mengatur web mana yang ingin Anda blokir, youtube, facebok, atau situs konten dewasa misalnya.
cara blokir situs di mikrotik
Untuk memblokir situs dengan web proxy caranya cukup mudah. Sebelumnya, cara ini berfungsi untuk memblokir situs non HTTPS atau hanya HTTP. Namun, tidak ada salahnya And untuk mencoba.

Langsung saja.

Cara Blokir Situs di MikroTik dengan Web Proxy

  1. Pada Dashboard Windbox, pilih IP ➡ Web Proxy, centang bagian Enable untuk mengaktifkan, masukkan Port Web Proxy 8080, lalu tekan Apply ➡ OK.
    cara memblokir situs di mikrotik dengan web proxy
  2. Setelah itu pergi ke IP ➡ Firewall ➡ NAT, lalu setting seperti gambar dibawah.
    block situs mikrotik dengan web proxy
  3. Selanjutnya pilih menu Action, ubah menjadi redirect dan To Ports 8080.
    web proxy mikrotii
  4. Setelah itu pergi ke IP ➡ Web Proxy ➡ Access ➡ +. Pada Dst. Host masukkan nama domain situs yang ingin di Blokir dengan format *namadomain*, lalu di bagian Action pilih denny.
    cara blokir website dengan web proxy
    *Diatas saya menggunakan *mikrotik*, jadi semua situs ntah itu mikrotik.com, mikrotik.co.id, mikrotik.org yang menggunakan nama domain mikrotik akan terblokir.
  5. Lalu buka web browser Anda, dan coba akses situs yang sudah Anda blokir. Jika berhasil, tampilannya akan seperti ini.
    pengertian web proxy mikrotik
Cukup mudah bukan? itulah cara memblokir situs website di mikrotik dengan menggunakan web proxy. Semoga berhasil, terimakasih.

Comments