10 Langkah Cerdas Membangun Bisnis Online Hingga Sukses

10 Langkah Cerdas Membangun Bisnis Online Hingga Sukses
Daftar Isi Artikel
Memulai Bisnis Online
Memulai bisnis online itu lumayan susah, syaratnya harus memiliki kemauan, sabar, berani, selalu belajar, dan pantang menyerah. Hal ini karena bisnis online adalah sebuah perencanaan jangka panjang, bukan perencanaan untuk menuai hasil dalam sekejap.

Susah, karena memerlukan kesabaran. Kalau anda tidak sabar dan mau hasil instan, lebih baik mundur dari sekarang. Yang jelas, bisnis online itu tidak akan membuat anda menjadi kaya raya dalam satu malam.

Oleh karena itu perlu usaha dan kesabaran dalam menjalaninya. Selanjutnya ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk memulainya. Hal inilah yang saya sebut strategi penting untuk dipelajari sebelum memulai bisnis online.

10 Langkah Memulai Bisnis Online

Langkah Memulai Bisnis Online
Image by Searchopel.com

Sekarang mari kita bahas 10 langkah cerdas untuk memulai bisnis online. Ikuti penjelasan berikut sampai selesai, terutama bagi anda yang sedang berniat memulai bisnis online.

1. Rencana

Semua usaha membutuhkan rencana. Namun banyak orang yang tidak mengerti rencana seperti apa yang harus diterapkan. Kebanyakan orang hanya puas dengan bikin posting produk lalu menunggu pembeli.

Kalau hal seperti itu diterapkan, sampai kapanpun bisnis tidak akan berjalan baik dan hasilnya nihil. Perencanaan bisnis harus difahami sebelum membuat blog untuk bisnis. Jadi anda harus punya rencana, target, dan tujuan untuk mencapai sukses.

Karena pendekatan blogging dari perspektif bisnis bukan hanya pola pikir pembuatan konten saja, melainkan penerapan strategi pemikiran untuk menuju sukses.

2. Ide Bisnis

Ide bisnis itu penting dan akan membuat berbeda dengan pebisnis lainnya. Catat semua ide penjualan dan cara memasarkannya. Focus pada satu ide akan lebih baik daripada banyak ide yang harus dilakukan namun tidak terarah.

Contoh: "ide bisnis saya adalah memulai toko online menjual batu akik”. Fokus pada penjualan dan pasar lalu optimasi dengan mencari pelanggan pencinta batu akik.

Anda bisa mendapatkannya melalui forum, media sosial dan lain sebagainya. Lalu bangunlah branding dan link kepada pembeli.

BACA: Ide Bisnis Pelajar yang Menjanjikan

3. Tujuan

Semua bisnis memerlukan tujuan. Tanpa tujuan anda tidak akan berhasil. Misalnya anda perlu menjual produk apa saja dalam satu bulan dan menyiapkan produk lainnya. Kepada siapa menjual dan bagaimana menjualnya.

Semua perlu tujuan pasti, alias jangan ngawur. Sebagai contoh, Kalau saya menjual batu akik, tidak mungkin pemasaran saya di forum pencinta kucing, pasti gak nyambung.

4. Persyaratan Bisnis

Bisnis online terbaik menuntut update dan menyelesaikan tugas. Misalnya update barang atau jasa, pemasaran, melihat peluang, dan memahami permintaan pasar.

Semua harus diselesaikan dan jangan berhenti di tengah jalan, seperti membuat artikel, share produk, lalu duduk manis menunggu pembeli. Ini akan merugikan.

Contoh lainnya menyelesaikan rencana seperti, blog siap dalam 1 minggu, produk siap dalam 3 hari, posting dan optimasi 1 hari, berperan aktif untuk pemasaran berkelanjutan. Selesaikan tugas ini agar lebih cepat mendapat hasil.

5. Keuangan

Pikirkam seberapa besar modal dan dari mana modal tersebut, termasuk juga cara mendapatkannya. Semua usaha memerlukan modal, minimal modal tenaga dan pemikiran.

Minimal pikirkan modal awal untuk memulai bisnis online aman. Kalau anda membuat blog, saya sarankan mempunyai domain sendiri agar lebih mudah dioptimasi.

Ini juga memerlukan biaya. Selanjutnya gunakan saja modal yang kecil untuk memulainya, agar tidak kecewa kalau usaha anda jalan di tempat.

Anda memiliki Skill di bidang Desain Grafis, Content Writer, Video Editing dan sejenisnya, yuk simak Situs Freelancer Indonesia ini.

6. Model Bisnis

Jangan memandang suatu barang tidak dapat dijual. Lihat seberapa menarik barang tersebut, seberapa berfungsinya barang bagi seseorang, nilai barang sebagai benda yang unik, indah, dan menarik, serta jangan pandang rendah barang anda.

Lakukan dengan meyakinkan dan jalankan. Pikirkan cara memandang barang tersebut dan bagaimana cara menjualnya. Itu yang terpenting. Ingat, model penjulan harus bersahabat.

Artinya jangan menjual barang mahal, terkecuali barang itu memang mahal ongkosnya dan tidak banyak pesaingnya. Lebih baik menjual barang murah tapi laris manis.

Sekali-sekali berikan bonus atau suatu yang membuat pelanggan anda senang, seperti potongan harga atau bonus untuk produk tertentu.

7. Peluang

Seberapa besar peluang keuntungan. Anda harus melihat seberapa besar peluang barang terjual dan seberapa besar keuntungannya. Kalau barang tidak dapat cepat terjual dan keuntungan susah dicari, lebih baik ganti barang baru yang lebih gampang untuk dijual dan menguntungkan.

Disini kita dapat menentukan strategi pemasaran dan melihat peluang. Walau strategi pemasaran perlu suatu yang baru, namun kadang strategi lama peluangnya lebih menguntungkan.

Jangan anggap suatu apapun ketinggalan dan tidak diperlukan. Karena peluang kadang dapat saja timbul dari hal sederhana dan itu akan membawa keberhasilan besar.

8. Kemasan

Kemasan adalah modal penting dalam menjalankan bisnis online dan akan membuat pelanggan anda suka.

Bila anda menjual kemasan yang berantakan, orang akan menganggap barang bagus tapi kualitas rendah, termasuk juga menurunkan kepercayaan pembeli.

9. Berdo'a

Jangan lupa berdoa agar lancar dan berkah. Berdoa itu penting, karena semua yang dilakukan harus mempunyai kedekatan dengan Tuhan agar lancar dan berkah.

Ingat bersyukurlah atas apa yang didapat dan tabahlah ketika menemui kendala. Bersarah kepada Tuhan akan menenangkan perjalanan bisnis online anda.

10. Hasil

Ketika anda keluar menjadi pemenang, jangan terlena dengan kebahagiaan. Banyak hal yang harus dipelajari dari kemenangan tersebut dan biasanya susah untuk mempertahankannya.

Kalau anda keluar dalam kegagalan, jangan menyerah. Karena kegagalan itu akan mendidik dan mempersiapkan anda menjadi seorang yang berhasil pada langkah selanjutnya.

Penutup

Demikianlah, ulasan singkat mengenai Langkah-Langkah dalam memulai bisnis online dengan baik. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Konten Unggulan