Jangan Salah Pilih, Begini Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat

Jangan Salah Pilih, Begini Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat
Daftar Isi Artikel
rekan bisnis
Mencari rekan bisnis atau partner bisnis sebaiknya perlu tips, jangan asal-asalan, karena akan berdampak buruk pada masa depan bisnis yang sedang kamu bangun. Contoh kasus dimana banyak sebuah usaha bangkrut karena antar rekan bisnis tidak sepemikiran dan terjadi perdebatan panjang.

Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu sudah mengenal dekat terlebih dahulu siapa calon rekan bisnis kamu agar tidak salah pilih. Pada artikel kali ini saya akan membagikan sedikit tips cara mencari rekan bisnis yang tepat.

Meskipun nantinya kamu tetap akan menemui masalah dengan rekan bisnis, tapi dengan beberapa karakteristik yang dimilikinya tidak akan sampai membuat bisnismu bubar.

Berikut ini beberapa tips mencari rekan bisnis yang tepat:

1. Memiliki Kesamaan Visi dan Misi

tip mencari rekan bisnis
Pertama kali yang musti kamu pastikan adalah calon rekan bisnis kamu mengerti serta memiliki visi dan misi yang sejalan dengan kamu. Sangat sulit rasanya menjalankan bisnis namun tidak sepemikiran, bisa-bisa berjalan dua arah.

Perbedaan visi misi akan menyebabkan perselisihan ide dalam mengambil keputusan. Akhirnya menyebabkan bisnis kamu tidak dapat berkembang dan berjalan sebagaimana mestinya.

Dengan kamu memiliki pemikiran sama maka sudah dapat dipastikan pengelolaan bisnismu akan semakin solid, kompak, saling mendukung, dan mudah berkembang.

Sebagai contoh, pada waktu pertama kali perusahaan Apple berdiri, Steve Jobs bersama temannya Steve Wozniak hampir setiap hari berkutat dengan komputer dan teknologi digarasi rumahnya, sebelum pada akhirnya menciptakan komputer. Bagaimana mereka bisa seperti itu? ya, karena mereka mempunyai visi dan misi yang sama sebagai partner bisnis.

2. Memiliki Skill Mumpuni

Setelah kamu menemukan orang yang sejalan, langkah selanjutnya kamu harus menganalisa apakah dia memiliki skill sesuai dengan bidang bisnis yang akan kamu bangun bersama.

Kesalahan para pembisnis pemula dalam mencari partner seringkali tidak terlalu memperhatikan skill yang dimilikinya. Skill disini tidak selalu mereka yang sudah ekspert, namun mengerti banyak akan tugas dan kewajiban yang akan dijalankan.

Hal itu tentunya akan membuat bisnis kamu cepat berkembang serta tidak perlu mengeluarkan dana untuk mengikuti seminar untuk belajar kemampuan tersebut.

Baca Juga: Strategi Sukses Berbisnis Online

3. Menganalisa Sikap Calon Rekan Bisnis

Tak kalah pentignya, dalam mencari rekan bisnis kamu juga harus mengetahui dan menganalisa kelakuannya terhadap bisnis kamu, yaitu bagimana cara dia mengambil keputusan, bagaimana dia menjalankan tugas, bagaimana dia mempertimbangkan suatu masalah, bagaimana dia menyelesaikan masalah, dan sebagainya.

Sebisa mungkin jangan merekrut orang yang gegabah dan ingin menang sendiri. Bukanya kamu diuntungkan, yang ada malah bisnismu tidak akan berkembang sebagaimana mestinya.

Setidaknya sikap partner dalam berbisnis yang tepat sebagai berikut :
  • Jujur
  • Disiplin
  • Pekerja keras
  • Mau berproses
  • Kredibel dan dapat dipercaya
  • Bisa diajak kerjasama

4. Rekan Bisnis Mempunyai Modal

Adakalanya kamu harus merekrut partner yang mempunyai uang banyak, karena sebuah bisnis tidak akan berjalan jika kamu tidak punya uang cukup untuk memodalinya.

Pada poin keempat ini bukan bermaksud memanfaatkan rekan bisnis saja, namun kamu bisa membuat suatu perjanjian. Misalnya dengan menanam modal sebesar X akan mendapatkan keuntungan sebesar X persen.

Kamu juga harus menjelaskan secara detail bisnis kamu seperti apa dan bagaimana aturan mainnya, jangan sampai dia sudah mengeluarkan modal besar ternyata masih dituntut bekerja ekstra 24 jam.

Baca: Rekomendasi ide bisnis pelajar menjanjikan

5. Memahami Bisnis

Terakhir, pastikan partner bisnis kamu memahami betul bisnis apa yang kalian jalankan. Sebab, dengan paham alur dan bidang, kalian akan lebih cepat berkembang dalam mengelola bisnis.

Itu dia tips mencari rekan bisnis, bagaimana sudahkah kamu punya pandangan siapa yang akan kamu ajak membangun bisnis bersama? Ya, meskipun semua orang ada sisi positif dan negatifnya setidaknya jika beberapa poin diatas terpenuhi, dijamin bisnismu akan berkembang.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan