Jobdesk Digital Marketing Lengkap! Meliputi, Pengertian, Tugas Hingga Gajinya

Jobdesk Digital Marketing Lengkap! Meliputi, Pengertian, Tugas Hingga Gajinya
Daftar Isi Artikel
Jobdesk Digital Marketing
Pasti Anda tidak asing lagi dengan pekerjaan bagian Digital Marketing. Bukan hal baru, banyak orang memanfaatkan internet untuk menjadi salah satu media perdagangan dan pemasaran online.

Nah, untuk melakukan hal itu pasti dibutuhkan ahli marketing atau marketer profesional dalam dunia digital. Berhubung perkembangan teknologi sangat pesat, setiap perusahaan dituntut untuk mengembangkan tingkat kekreatifan dalam pemasaran produk, ntah itu secara offline maupun online.

Didalam pemasaran online Anda membutuhkan seorang yang ahli dalam bidangnya, yaitu Digital Marketing. Lantas, apa itu digital marketing? dan apa tugas digital marketing? Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing adalah seseorang yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran ataupun branding dan dijual secara online. Untuk cara kerjanya-pun juga tidak ribet seperti marketing pada umumnya, karena cukup menggunakan smartphone, laptop, maupun komputer sudah bisa melakukannya.

Bayangkan, untuk menjangkau konsumen online di dunia, mereka hanya menggunakan gedgetnya, dan dapat dilakukan kapanpum.

Namun, tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu mengetahui tugas utama dari digital marketing.

Tugas Digital Marketing

Tugas Digital Marketing
Nah, setelah mengetahui apa itu digital marketing, selanjutnya apasih tugas digital marketing?

Secara garis besar tugas digital marketing yaitu mengoptimalkan website agar berada dihalaman utama mesin pencari (ntah itu google, bing, yandex, ataupun yang lainnya) dan melakukan berbagai promosi di sosial media ataupun forum-forum.

1. Membuat Web dengan Konten Pemasaran

Yang pertama yaitu membuat sebuah situs website yang berisi konten pemasaran. Seorang digital marketer harus mempunyai keahlian untuk membuat konten tentang pemasaran atas produk yang dijual.

2. Merencanakan Promosi

Selanjutnya yaitu mengatur perencanaan promosi, hal ini juga tidak kalah penting. Karena jika asal promosi kemungkinan untuk banjir orderan sangat kecil. Contohnya, Anda perlu memperhatikan jam-jam kebanyakan orang luang waktunya, dan kita manfaatkan untuk promosi.

3. Mempromosikan Produk

Setelah sudah merencanakan promosi secara mantap, yaitu mempromosikan produk melalui ntah itu sosial media, website, ataupun grup dan forum yang sesuai.

4. Mempelajari Strategi Pesaing

Hal ini menjadi PR pekerjaan digital marketing, seiring berjalannya waktu strategi pemasaran online di dunia berkembang pesat. Seorang digital marketing dituntut untuk mempelajari strategi pesaing agar tingkat pemasaran bisa melunjak.

Sesekali, ia juga ditugaskan untuk mempelajari kelemahan dari strategi kompetitor, dengan tujuan yang sama. Kesimpulannya, seorang digital marketing dianjurkan untuk membuat ide-ide kreatif melalui pemasaran digital.

5. Menguasai SEO

SEO menjadi hal mutlak yang harus dikuasai seorang digital marketing. Karena ilmu seo merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ranking website di search engine. Jika halaman website sudah berada di ranking satu, dapat dipastikan bisnis anda akan melesat tinggi.

Diatas merupakan tugas utama dari digital marketing. Untuk melakukan 5 hal tersebut, pastinya membutuh teknik tersendiri. Lantas, apa saja teknik digital marketing yang bisa dilakukan?
  1. E-Mail Marketing, merupakan teknik pemasaran dengan memanfaatkan media email.
  2. Iklan Berbayar, merupakan teknik pemasaran dengan memanfaatkan periklanan online berbayar, seperti Google Ads dan FB Ads.
  3. SEO, Search Engine Optimization merupakan teknik dengan memanfaatkan hasil mesin pencari seperti google dan bing untuk melakukan penjualan.
  4. Iklan Televisi & Radio, memanfaatkan Televisi maupun Radio untuk memasarkan produk.

Bagian Jobdesc Digital Marketing

Jangan salah, pekerjaan digital marketing juga dibagi menjadi beberapa bagian loh. Meskipun tidak semua perusahaan membagi pekerjaan digital marketing, namun tetap ada saja perusahaan yang membagi pekerjaan sesuai kemampuan yang paling dikuasai.
  1. Social Media Strategist, merupakan seorang digital marketing yang bertugas mengelola dan membuat konsep tentang pemasaran di media sosial secara keseluruhan.
  2. Digital Strategist, merupakan seorang yang bertugas untuk mengkonsep dan memikirkan ide campaign marketing di media digital secara keseluruhan.
  3. SEO Specialist, merupakan orang yang bertugas untuk mengoptimasi website dengan tujuan meningkatkan ranking di search engine.

Berapa Gaji Seorang Digital Marketing

Gaji Digital Marketing
Menurut beberapa sumber valid, Gaji seorang Digital marketing surabaya, jakarta, dan kota besar lainnya yaitu kisaran 2.000.000 - 10.000.000. Hal ini kembali pada seberapa besar perusahaan dan omzet yang diperoleh. Intinya, seorang digital marketer profesional akan mendapatkan gaji tinggi.

Itulah informasi mengenai digital marketing secara garis besar yang mencakup pengertian, tugas, teknik, dan gaji seorang digital marketing.

BACA: SEO Specialist Adalah: Jobdesk Pekerjaan SEO Specialist

Gimana? Apa kalian tertarik untuk menjadi seorang digital marketer? Semoga dengan ini wawasan Anda bertambah, jangan lupa share ke teman agar ia juga memperoleh ilmu yang Anda dapat. Terimakasih.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Konten Unggulan