Contoh Proposal UKM yang Benar dan Sederhana

Contoh Proposal UKM yang Benar dan Sederhana
Daftar Isi Artikel

Renovasi Otak - Contoh proposal UKM bisa Anda tiru untuk membuat proposal usaha yang benar. Usaha kecil menengah merupakan salah satu usaha dengan aset bersih sekitar 200juta. Bisnis ini tidak bisa dianggap remeh lagi, karena usaha kecil menengah merupakan penggerak perekonomian negara yang harus didukung penuh oleh pemerintah.

Apabila Anda tidak memiliki modal yang banyak, Anda bisa membuat UKM ini. Seperti yang kita tahu, banyak sekali usaha usaha kecil menengah yang akhirnya menjadi usaha yang besar berkat ketelatenan dari sang pemilik. Oleh karena itu, UKM tidak boleh dianggap sebelah mata.

Contoh Proposal UKM

Usaha kecil menengah dapat menjadi pembelajaran tersendiri bagi pemilik usaha, untuk merintis usaha dan belajar berwirausaha hingga usahanya menjadi besar. Apabila Anda tidak memiliki modal atau kekurangan modal, salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat proposal pengajuan dana yang ditujukan kepada pemerintah ataupun perusahaan swasta untuk membantu pembiayaan usaha kecil menengah Anda.

Contoh Proposal Usaha Kecil Menengah

Untuk membuat proposal UKM yang benar, baik itu usaha makanan ataupun lainnya, Anda bisa memperhatikan berbagai hal berikut ini.

1. Judul yang menarik

Pertama Anda harus menentukan judul dari usaha yang ingin Anda buat. Pada umumnya, pendahuluan proposal akan terlihat menarik dari judul yang ditentukan. Buatlah judul semenanrik dan seunik mungkin agar pembaca penasaran dengan isi dari proposal yang pada akhirnya proposal Anda dibaca sampai akhir dan tentunya mempengaruhi penilaian diterima atau tidaknya proposal Anda.

2. Deskripsi usaha yang jelas

Sebelum Anda membuat proposal, Anda sudah harus memikirkan terlebih dahulu tentang keseluruhan usaha atau rincian usaha. Deskripsi yang jelas sangat berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya proposal Anda.

Misalnya Anda ingin membuat nugget lele, Anda perlu mengetahui bagaimana cara pembuatannya, manfaat nugget lele, jenis lele yang digunakan dan lain sebagainya. Apabila deskripsi Anda rinci dan jelas, maka kemungkinan diterima lebih besar.

3. Anggaran biaya

Contoh proposal usaha kecil menengah yang perlu Anda perhatikan adalah anggaran biaya. Anggaran biaya menjadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah proposal. Anggaran biaya menjadi gambaran tentang keberhasilan dari usaha yang diajukan, karena terdapat penentuan harga jual yang akhirnya dapat ditentkan laba yang ingin dicapai.

Dalam pembuatan anggaran, Anda harus teliti karena bagian inilah yang terpenting. Buatlah anggaran yang masuk akal, meskipun biaya yang keluar lebih kecil dibandingkan dengan proposal yang Anda ajukan, bukan berarti Anda merekayasa anggaran yang diajukan. Akan lebih baik apabila Anda menentukan lebih jelas anggaran dan penyusunan yang baik agar mudah dibaca.

4. Penulisan yang baik

Penulisan proposal yang baik juga menjadi salah satu contoh proposal usaha kecil menengah yang perlu Anda perhatikan. Penulisan yang baik akan menjadi nilai tambah tersendiri, sehingga proposal usaha kecil menengah yang Anda ajukan kemungkinan lebih besar untuk diterima. Anda perlu memperhatikan bagian bagian kecil seperti penempatan huruf kecil dan besar, rata kanan kiri, margin dan lain sebagainya.

Agar Anda lebih mudah membuat proposal usaha saya buatkan satu contoh yang mudah-mudaha bisa membantu Anda silahkan download contohnya disini.

Nah, Itulah informasi singkat mengenai contoh proposal usaha kecil menengah yang baik dan benar. Dengan beberapa poin diatas, saya harapkan Anda bisa membuat proposal UKM dengan benar.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan