Strategi & Cara Sukses Berbisnis Online untuk Pemula

Strategi & Cara Sukses Berbisnis Online untuk Pemula
Daftar Isi Artikel
Renovasi Otak: Strategi & Cara Sukses Berbisnis Online untuk Pemula.
Cara sukses bisnis online
Bisnis Online merupakan salah satu usaha yang banyak dilakukan pada era digital ini untuk meraih kesuksesan. Selain mudah dilakukan, bisnis online juga tidak membutuhkan modal terlalu besar.

Berbeda dengan bisnis yang dijalani secara offline, pasti membutuhkan modal lebih karena kebutuhannya juga tergolong banyak. Mulai dari tempat, properti, dan lain sebagainya dibutuhkan untuk menjalankan bisnis offline.

Diambil dari kisah sukses bisnis online, banyak yang beranggapan bahwa potensi penghasilan terbesar dalam bisnis yaitu melakukan dan menekuni bisnis online. Mengapa demikian? alasan utamanya yaitu karena ruang lingkup bisnis online sangatlah luas, jangkauannya bisa hingga seluruh dunia. Cukup menarik bukan?

Lalu, bagaimana sih cara sukses bisnis online yang benar? Berikut merupakan rahasia pebisnis online yang sukses dalam membangung bisnisnya dari nol.

Kiat Sukses Berbisnis Online dari NOL

Untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis online tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan banyak tahapan dan tantangan yang akan dihadapi.

Seperti persaingan yang sangat amat ketat karena semakin banyak juga orang yang berusaha serius mengembangkan bisnis online mereka.

Namun, hal itu dapat diminimalisir dengan strategi cerdas yang muncul dipikiran Anda (seorang pebisnis). Dibalik itu, yuk simak beberapa tips membangun bisnis online berikut ini.

1. Menargetkan Konsumen

Cara sukses berbisnis online yang pertama adalah menargetkan konsumen. Berhubung persaingan bisnis di dunia internet sangat ketat, hal utama yang perlu dilakukan untuk pemula yaitu menargetkan konsumen.

Jangan terlalu terburu-buru untuk memasarkan dengan target konsumen dalam luas, dalam arti semua orang bisa membelinya. Jika Anda tidak pandai mengelolanya, hal itu akan membuat kacau.

Maksud dari menargetkan konsumen yaitu, dimana Anda harus menjual? untuk pria, wanita, anak-anak, ataupun orang dewasa.

Mencari konsumen tertarget menurut merupakan rahasia sukses bisnis online paling mendasar yang harus Anda pelajari.

Seiring berjalannya waktu, bermodalkan ketekunan dan keseriusan Anda, bisnis online yang Anda bangun akan semakin besar. Itulah waktu yang tepat untuk membuat lebih berkembang, dengan cara menambah jumlah konsumen yang ditargetkan. Jika sebelumnya hanya wanita saja, sekarang Anda bisa menambahkan target konsumen pria.

Dari proses itu, Anda akan mendapatkan pengalaman lebih yang bisa dijadikan modal untuk membesarkan bisnis Anda.

2. Menentukan Apa yang Dijual

cara sukses bisnis online
Jika sudah mantap dengan target konsumen, selanjutnya adalah menentukan apa yang harus dijual.

Bisnis online sangatlah luas, Anda bisa menjual apapun disini. Secara umum, jenis penjualan di bisnis ini yaitu berupa produk atau layanan jasa.

Lalu bagaimana cara menentukan produk atau jasa untuk dijual?

2.1 Tips Memilih Produk untuk Dijual

Tantangan pertama dalam memulai bisnis online adalah seorang pemula akan dibuat bingung untuk menentukan produk yang akan dijual.

Baik jika Anda sudah merencanakan di jauh hari untuk membangun bisnis jenis ini, tentu akan lebih tartata. Namun, jika dipikiran muncul secara tiba-tiba untuk berbisnis online dan langsung memulainya? Ya, pastinya akan dibingungkan untuk menentukan produk yang akan dijual.

Beberapa tips berikut akan memudahkan Anda untuk memecahkan masalah ini.
  1. Menentukan Peran. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan peran. Apa peran Anda dalam bisnis yang sedang Anda lakoni? Apakah sebagai produsen sekaligus penjual, atau hanya penjual saja. Kedua peran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang harus dipertimbangkan.
  2. Menentukan Jenis Produk. Selanjutnya adalah menentukan jenis produk apa yang akan Anda jual. Mudahnya, Anda bisa memilih produk berdasarkan faktor tren, hobi, kebutuhan umum, hingga musim. Atau, menjual produk digital berupa ebook, software, video, ataupun aplikasi. Semua yang menentukan adalah diri Anda sendiri.
  3. Perhatikan Lingkungan Sekitar. Kamu perlu memperhatikan lingkungan sekitarmu agar pilihanmu tidak meleset. Misalnya, kali ini beberapa negara termasuk Indonesia sedang dilanda wabah corona, menjual masker dan hand sanitaizer adalah pilihan yang tepat karena banyak orang yang membutuhkan itu, dan dapat dipastikan produk yang Anda jual akan laku keras.

2.2 Menentukan Jasa

Untuk jasa, saya rasa harus kembali ke diri Anda sendiri. Apa kelebihan dari Anda, dan apa skill yang Anda miliki. Karena pada dasarnya jasa adalah menjual keahlian yang dimiliki. Semisal, jika memiliki keahlian dalam dunia desain grafis, Anda bisa membuka jasa pembuatan Logo atau Banner untuk dijual. Tanpa adanya skill, dapat dipastikan bisnis ini tidak akan berkembang.

Namun jangan salah, walaupun bisnis ini kurang diminati banyak orang, menjual jasa bisa memiliki nilai jual yang tinggi jika didukung dengan keahlian yang mumpuni.

3. Memilih Nama Brand

Hal yang tidak kalah penting yaitu nama brand. Nama brand akan dijadikan sebagai identitas bisnis online yang Anda jalani. Memilih nama brand menjadi hal wajib dalam bisnis online karena akan mempermudah dalam proses branding, mengenalkan bisnis pada masyarakat, dan berpengaruh dalam kesuksesan berbisnis online.

Apakah Anda ingat dengan ucapan ini?
"Nama adalah Doa"
Tentunya nama brand tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Hal ini perlu dipertimbangkan lebih, jika Anda memiliki team dalam membangun bisnis, alangkah baiknya dirembukkan terlebih dahulu.

Selain itu, nama brand juga bisa membantu konsumen untuk mengingat bisnis Anda, dan produk atau jasa apa yang Anda jual.

3.1 Tips Membuat Nama Brand

Jika masih kesulitan dalam membuat nama brand, saya akan beri sedikit tips membuat dan memilih nama brand yang mudah.
  1. Memilih Nama Brand yang Fresh. Tips pertama yaitu mencari nama brand yang belum pernah digunakan. Anda bisa searching di Google untuk mensurvei apakah nama brand yang Anda pilih benar-benar baru dan tidak berhubungan dengan hal buruk.
  2. Bermakna Positif. Anda juga harus memastikan bahwa nama brand yang dipilih memiliki makna yang baik. Singkat saja, dengan nama yang baik, berarti Anda memiliki harapan yang baik untuk bisnis Anda kedepannya.
  3. Singkat, Mudah Diucap dan Diingat. Memilih nama brand atau merek yang panjang sangat tidak direkomendasikan karena susah diingat. Selain itu, hindari juga nama yang sulit diucap, seperti menggunakan bahasa asing yang tidak semua orang tau cara membacanya. Jadi, pikirkan matang-matang sebelum memastikan nama brand untuk bisnis online Anda.
  4. Sesuaikan dengan Produk atau Jasa. Menyesuaikan nama brand dengan produk atau jasa yang dijual akan menjadi cerminan yang baik, dan meningkatkan kepercayaan konsumen atas kualitas barang yang Anda jual. Misalnya, jika ingin membangun bisnis online bunga dengan target konsumen wanita, Anda bisa memakai nama Bunga Safira, atau yang lainnya. Untuk jasa, Anda bisa menyesuaikan jasa apa yang akan Anda jual. Contoh, Anda membuka jasa tulis artikel, Anda bisa menggunakan nama NadirArtikel, atau yang lainnya.
Membuat nama brand akan menguji kekreatifan Anda dalam menciptakan merek yang menarik. Jangan anggap remeh bagian ini, karena jika ada sedikit kesalahan saja akan berakibat fatal pada bisnis online Anda kedepannya.

4. Membuat Website Bisnis

Strategi Sukses Berbisnis Online
Kiat sukses bisnis online selanjutnya adalah membuat website bisnis.

Website Bisnis disini bisa diibaratkan sebagai Toko kita di Internet. Salah satu tujuan membuat website bisnis yaitu dijadikan tempat untuk lapak secara online.

Jika yang dilakukan hanya promosi lewat sosial media saja, tidak cukup untuk membuat konsumen percaya kepada Anda.

Dengan website bisnis, bisnis online yang dijalani akan lebih profesional, dan Anda terlihat serius untuk membangunnya. Selain itu, konsumen yang akan lebih mempercayai bisnis online Anda.

Ada beberapa tahapan penting yang perlu Anda ketahui ketika hendak membangun website bisnis. Seperti membeli domain dan hosting, dan kedua keperluan website itu tersedia di MasterWeb.com.

Masterweb merupakan penyedia domain dan web hosting terbaik yang menawarkan kemudahan membangun website dengan biaya yang cukup rendah, dan sudah mendapatkan predikat "Perusahaan WebHosting Nomor 1 di Indonesia" hingga sekarang.

Disini, semua bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, mulai dari domain, VPS, hingga hosting murah Indonesia.

Lantas, bagaimana tahapan membangun website untuk bisnis?

4.1 Memilih Domain

Domain merupakan alamat website yang nantinya akan diakses oleh calon pembeli Anda.

Jika diibaratkan rumah, domain adalah alamat rumah bisnis online yang sedang Anda jalankan.

Dalam memilih nama domain, sebaiknya disamakan oleh nama brand Anda. Misalnya, jika membuka bisnis dibidang seputar layanan internet dan memiliki nama brand Media Internet, Anda bisa menggunakan domain mediainter.net.

Sebelum menetapkan nama domain yang Anda pilih, periksalah ketersediaan domain terlebih dahulu. Untuk cara mengecek ketersediaan domain sangatlah mudah. Ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Pergi ke MasterWeb.com.
  2. Scrol ke bawah, cari kolom Cek Domain, dan masukkan nama domain yang Anda pilih. Misal javafashion.com lalu tekan Cek Domain.
  3. Jika tidak tersedia, tampilannya akan seperti ini.
    tips sukses bisnis online
  4. Nama domain yang tersedia akan muncul tulisan warna hijau yang menandakan domain siap untuk dibeli.
    rahasia sukses bisnis online

4.2 Membeli Web Hosting

Jika domain ibarat alamat rumah, web hosting disini diibaratkan rumah atau tempat bisnis online Anda berdiri.

Untuk membeli rumah di dunia nyata Anda pasti memperhatikan keamanan rumah, strategis agar mudah diakses, harga rumah, dan lain sebagainya.

Hal itu juga berlaku dalam membeli web hosting untuk website bisnis. Dimana Anda membutuhkan rencana yang matang dalam memilih hosting bisnis terbaik demi kemajuan bisnis online yang sedang Anda bangun.

MasterWeb.com memiliki layanan hosting termurah dan terbaik di Indonesia.

Tidak heran jika mereka memiliki predikat Perusahaan WebHosting Nomor 1, karena memang banyak perusahaan besar seperti TribunNews, MNC Travel, dan Smartfren yang mempercayai dan menggunakan web hosting dari MasterWeb.

Beli hosting di MasterWeb adalah pilihan terbaik, banyak variasi harga dengan kelebihan yang berbeda. Mulai dari 19.900/bulan (Gratis Domain) hingga 1.950.000/bulan, semua tergantung seberapa besar yang kalian butuhkan.

Tidak hanya membeli domain dan hosting, masih panjang langkah untuk membuat website bisnis online, seperti tahap instalasi website, memilih dan mengatur template, dan melakukan pengaturan lainnya seperti menerapkan teknik SEO.

Jadi, pastikan Anda memiliki waktu lebih dalam membangun website bisnis online.

5. Mengatur Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran Bisnis Online
Beruntung bagi Anda jika sudah pernah memiliki pengalaman dan ilmu dalam strategi pemasaran. Jika belum, Anda perlu mempelajari dasar-dasar ilmu pemasaran.

Percuma jika memiliki produk/jasa berkualitas terbaik namun tidak bisa dipasarkan secara luas. Kesuksesan yang seharusnya diraih lebih cepat akan menjadi lama.

Namun jangan berkecil hati, setiap masalah pasti ada solusinya. Disini, diartikel inipun Anda bisa menemukan beberapa strategi pemasaran yang banyak dilakukan pebisnis sukses.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam pemasaran produk atau jasa.

Menurut beberapa orang yang telah sukses berbisnis online, berikut adalah strategi pemasaran yang masih efektif hingga saat ini.

5.1 Menggunakan Media Sosial

Pada era digital kini, hampir semua orang memiliki sosial media, mulai dari kalangan muda hingga dewasa. Seiring berjalannya waktu pengguna sosial media semakin lama semakin meningkat.

Hal itulah yang menjadi alasan utama para pebisnis untuk melakukan promosi melalui sosial media.

Sosial media memiliki peran penting dalam berbisnis online. Ditambah di beberapa sosial media kaliini tersedia fitur-fitur berbayar ataupun gratis yang bisa mempermudah untuk melakukan promosi bisnis online yang baru Anda bangun. Seperti marketplace yang dimiliki Facebook, dan beriklan di Instagram maupun Facebook, semua bisa Anda lakukan.

Dengan beriklan, proses branding Anda akan semakin cepat karena semakin besar budget yang Anda gunakan, semakin luas jangkauan bisnis Anda dipromosikan.

Selain itu, Anda juga bisa menargetkan konsumen sesuai bisnis Anda, dan jika memberikan deskripsi yang menarik, kemungkinan besar banyak konsumen yang akan membeli produk/jasa yang Anda jual.

Namun, jika melakukan promosi secara gratis, bagaimana cara agar bisnis bisa meluas?
  1. Menggunakan Tegar atau Hastag. Menggunakan hastag merupakan cara ampuh untuk memperluas jangkauan, terutama di sosial media Twitter. Hastag yang memiliki simbol # akan menyimpan hal yang Anda bagikan sesuai topik, atau lebih mudahnya untuk mengkategorikan konten yang dibagikan. Sebagai contoh, jika membagikan produk pakaian murah, anda bisa menggunakan hastag #pakaianmurah, #bajumurah, atau #gaunmurah?
  2. Merekomendasikan Teman untuk Membagikan. Teman dapat Anda manfaatkan untuk memperluas jangkauan promosi yang Anda lakukan secara gratis di sosisal media. Bayangkan, jika 1 teman memiliki jumlah perteman 1000, bagaimana kalau Anda meminta 20 teman untuk membagikan produk/jasa yang Anda jual, berapa banyak?
  3. Membagikan ke Grup. Sosial media seperti Facebook memiliki fitur grup yang berfungsi mengumpulkan orang yang memiliki minat yang sama. Cari grup relevan sesuai dengan jenis produk/jasa yang Anda bagikan, dan bergabunglah dengan grup yang memiliki anggota ribuan, dan lakukan promosi.
  4. Meminta Influencer untuk Mempromosikan Produk/Jasa. Seorang Influencer juga bisa kita gunakan untuk promosi. Memanfaatkan Influencer yang memiliki banyak pengikut pastinya akan membantu untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Setiap Influencer memiliki tingkatan yang berbeda dengan fee yang berbeda juga. Biasanya tingkatan tersebut dilihat dari berapa banyak jumlah pengikutnya.
Kurang lebih seperti itu, memang tidak bisa instan jika dilakukan secara gratis.
TIPS!
Jika tidak salah kebanyakan orang memiliki waktu luang adalah pagi sekitar jam 5, istirahat kerja sekitar jam 11-1 siang, pulang kerja jam 4-5, dan malam sebelum tidur sekitar jam 7-9. Saat itulah dapat Anda lakukan untuk promosi di sosial media.

5.2 Membuat Konten di Website

Tidak hanya sekedar menjual barang atau jasa saja. Anda perlu membuat konten relevan dengan apa yang Anda jual.

Konten disini bisa berupa artikel ataupun video yang menggambarkan produk atau jasa yang Anda jual.

Misalnya, Anda menjual produk kecantikan, Anda bisa membuat video tentang tutorial makeup atau artikel tentang tips memilih produk kecantikan.

Sudah cukup? belum. Perlu Anda ketahui, semua yang berkaitan dengan website, membutuhkan Search Engine Optimization (SEO). Manfaat SEO dalam bisnis online sangatlah banyak, dan memiliki peran penting dalam pemasaran produk/jasa karena jika menerapkan dengan benar, website Anda akan dibanjiri traffic atau pengunjung secara berkala.

5.3 Program Afiliasi

Program afiliasi tidak kalah penting dengan dua strategi pemasaran diatas. Cara kerja affiliasi untuk pemilik bisnis cukup sederhana, kita menggunakan orang lain untuk mereferensikan produk yang sudah ditentukan untuk dijual, dan jika deal terjual kita memberikan fee untuk orang.

Pada intinya, dengan program afiliasi ini sama-sama menguntungkan.

Banyak pebisnis sukses yang membangun bisnis dengan model program afiliasi untuk meningkatkan pemasaran suatu produk, dan hasilnya cukup memuaskan.

5.4 Bergabung dengan Marketplace

Kebanyakan orang tidak percaya terhadap bisnis baru, apalagi bisnis online yang tidak bertatap muka saat melakukan transaksi.

Untuk membuat konsumen agar tidak takut tertipu saat membeli produk/jasa secara online, mereka membeli melalui Marketplace karena pembayarannya aman dengan adanya pihak ketiga yang bertanggun jawab.

Disini, Anda juga berkesempatan untuk bertemu dengan pelanggan baru yang mencari produk sesuai deskripsi. Oleh karena itu, bergabung dengan marketplace bisa disebut hal mutlak untuk memperkenalkan bisnis baru Anda.

5.5 Gunakan Google Adwords

Google Adwords adalah layanan periklanan yang dibuat oleh Google. Jika Anda ingin memanfaatkan mesin pencari Google untuk pemasaran produk/jasa Anda, cobalah menggunakan Google Adwords.

Anda bisa mengatur kata kunci, judul, dan deskripsi menarik untuk diarahkan kehalaman web bisnis milik Anda.

Singkatnya, ketika konsumen mengetikkan kata kunci di google yang sesuai, halaman yang sudah Anda atur sebelumnya akan berada di posisi atas.

Sebagai contoh, disini saya memasukan kata kunci di google 'jasa seo', yang muncul di posisi atas adalah orang yang beriklan.
Rahasia sukses berbisnis online

Tips Sukses Bisnis Online

"Ada Banyak Jalan Menuju Roma"
Pepatah itu mengingatkan kita untuk tidak mudah menyerah, urungkan niat dalam hal membuang-buang waktu. Jika Anda berani memulai, saya akan memberikan tips untuk membangun semangat dan kerpercayaan dalam membangun bisnis online yang sukses. Berikut adalah tips sukses bisnis online yang perlu anda ketahui.

1. Mempersiapkan Mental

Di bisnis online, sifat pantang menyerah merupakan modal penting untuk sukses berbisnis online. Mental bisnis itulah yang akan menentukan kemajuan bisnis yang sedang Anda bangun.

Maka dari itu, sebaiknya Anda memiliki sikap yang berkualitas untuk mengelola bisnis online hingga sukses.
  1. Berkeinginan untuk Belajar dan Berkembang. Para pebisnis sukses diluar sana pasti memiliki ilmu dan strategi yang matang dalam membangun bisnisnya. Untuk Anda yang baru memulai bisnis online, pastikan Anda sudah mempelajari semua tentang bisnis online.
  2. Pantang Menyerah!. Dalam menjalankan sebuah bisnis ntah itu online maupun offline, pasti memiliki tantangan tersendiri. Tantangan yang sering dialami yaitu munculnya kompetitor baru yang pemasaran produknya lebih cepat. Jangan putus asa, kuasai cara mainnya, mantapkan strategi Anda, dan praktikkan.
  3. Berani Ambil Resiko. Singkat saja, resiko akan berbanding lurus dengan keuntungan. Semakin besar resiko yang Anda ambil, semakin besar pula keuntungan yang Anda dapatkan.
Apakah Anda sadar 3 poin diatas saling berkaitan? Coba pahami.

2. Fokus pada Satu Bisnis Terlebih Dahulu

Memang benar, memiliki banyak bisnis merupakan impian dari kebanyakan orang yang ingin sukses. Namun pertanyaannya disini adalah, sebagai pemula, apakah Anda mampu mengelola semua bisnis tersebut?

Itulah pentingnya fokus terhadap satu bisnis terlebih dahulu sebelum membuka bisnis baru. Selain mendapatkan pengalaman, Anda juga bisa belajar akan rintangan yang Anda hadapi pada bisnis pertama, dan Anda akan lebih waspada lagi ketika membuka bisnis kedua, ketiga, dan seterusnya.

Penutup

Bagaimana? Semua tidak bisa didapatkan secara instan, begitu juga untuk mencapai sukses berbisnis online, pasti butuh beberapa tahapan dan halangan yang akan Anda hadapi. Semua hal yang sudah saya jelaskan didasari dengan Niat, jika Anda tidak niat sungguh-sungguh, kesuksesan akan tertunda.

Oh iya, disini Anda juga bisa mempelajari Pemasaran Melalui Media Internet bersama Andrian Sinaga. Simak video yang dipersembahkan oleh MasterWeb berikut ini.


Demikian artikel mengenai strategi dan cara sukses berbisnis online. Saya harapkan impian untuk menjadi orang sukses berbisnis online bisa tercapai. Selamat mencoba, semoga berhasil.
  1. OTOBERITA

    OTOBERITA

    4/07/2020

    Di zaman milenial ini memang perlu menerapkan strategi dalam membangun bisnis online mulai dari nol, meski ada beberapa pebisnis muda yg belum tau secara mendetail. Bagaimana memulai bisnis online dari nol hingga akhirnya sukses? dan akhirnya menemukan artikel ulasan vasiota.com yg sangat membantu dalam memahami pentingnya strategi sukses membangun bisnis online. terima kasih vasiota.com

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Konten Unggulan