Pentingnya Menambahkan Table of Content di Blog Terhadap SEO

Pentingnya Menambahkan Table of Content di Blog Terhadap SEO
Daftar Isi Artikel
Pengaruh Table of Content Terhadap SEO
Renovasi Otak - Banyak faktor yang mempengruhi SEO website atau blog, salah satunya yaitu kualitas artikel atau konten. Artikel merupakan faktor utama atas traffic yang didapat karena dampak optimasi SEO dengan baik. Setiap artikel wajib dioptimasi dengan teknik SEO agar ranking website pada mesin pencari bisa meningkat.

Menambahkan Table of Content (Daftar Isi) pada artikel contohnya. Sebelum menjelasakan seberapa penting peran ToC pada artikel blog atau website terhadap SEO, alangkah baiknya Anda membaca sedikit penjelasan berikut ini.

Baca juga: Cara Mendapatkan Backlink Kampus.

Apa itu Table of Content

Pengertian Table of Content (TOC) adalah daftar isi yang berupa poin penting pada artikel. Biasanya, poin tersebut berupa heading yang dijadikan sub-sub judul pada suatu artikel.
Table of Content SEO
Contoh Table of Content

Ketika pengunjung menekan poin yang ada di dalam daftar isi Table of Content, pengunjung akan langsung menuju poin yang ditekan pada artikel yang sama.

Apa Fungsi ToC

Sebagai pengelola ataupun pemilik website/blog, Anda harus pandai-pandai mengetahui karakter pengunjung. Tidak semua pembaca menyukai artikel yang panjang. Mereka cenderung membaca hal penting yang dicari saja.

Dengan menggunakan ToC, Anda memudahkan pengunjung untuk membaca informasi yang ia cari. Semisal, Anda membuat artikel lengkap tentang SEO, dan didalam artikel tersebut terdapat beberapa bagian atau sub-judul yang berkaitan dengan SEO. Seperti, pengertian SEO, manfaat, cara kerja, ataupun yang lainnya.

Nah, ketika pengunjung hanya mencari bagian manfaat SEO, dengan adanya ToC pengunjung dapat langsung menuju hal yang ia cari tanpa memperhatikan semua isi pada artikel yang Anda buat.

Oleh sebab itu, jika blog Anda tidak terdapat ToC pada artikel, kemungkinan besar pengunjung yang baru menginjak blog Anda akan berbalik arah karena malas melakukan scroll dan membaca artikel secara keseluruhan untuk menemukan informasi yang mereka cari.

Baca juga: Cara Mendapatkan Featured Snippet Google.

Pengaruh ToC Terhadap SEO

Secara tidak langsung, Table of Content memiliki sedikit pengaruh terhadap SEO, yang mana ToC ini nantinya akan terindex mesin pencari Google dan pastinya akan meningkatkan CTR dan memperkuat hasil kaya yang berpotensi pengguna mengunjungi situs website / blog Anda bertambah besar.
ToC SEO
Contoh ToC yang terindex Google

Di sisi lain ToC lebih mempengaruhi User Experience atau pengalaman pengguna didalam website. Perlu diketahui bahwa User Experience menjadi salah satu faktor penilaian Google dalam meningkatkan ranking website.

Cara Membuat ToC

Untuk membuat Table of Content di Wordpress Anda bisa menggunakan plugin Easy Table of Contents. Untuk membuat Table of Content di Blogger saya sudah membahas pada artikel sebelumnya, yaitu cara membuat toc seo friendly di blogger.

Itulah sedikit penjelasan pengaruh table of content terhadap SEO pada website atau blog yang Anda miliki. Semoga artikel ini berguna untuk Anda semua, dan jangan lupa bagikan hal yang bermanfaat kepada teman-teman Anda. Terimakasih.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan