Mengenal Istilah dalam Google AdSense (Lengkap!)

Mengenal Istilah dalam Google AdSense (Lengkap!)
Daftar Isi Artikel
Istilah dalam google adsense
Google AdSense saat ini masih menjadi penyedia iklan terbaik untuk menghasilkan uang dari blog. Hingga kali ini, sudah banyak blogger sukses yang berhasil menghasilkan jutaan uang dengan menayangkan iklan adsense pada blognya.

Namun bagi blogger pemula yang baru saja diterima AdSense pasti mengalami masalah yaitu tidak bisa memahami istilah-istilah dalam Google AdSense, seperti CPC, RKT, RPM, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan apasih pengertian dari istilah-istilah itu? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Memasang Lazy Load AdSense untuk Mempercepat Loading Iklan AdSense.

Istilah dalam Google AdSense Beserta Pengertiannya

Ketika Anda berhasil masuk ke dashboard Adsense, pasti akan menemukan beberapa kata yang asing, bahkan tidak pernah didengar di dalam kehidupan.

Memahami kata demi kata yang muncul, menurut saya merupakan hal mutlak yang patut dipelajari blogger pemula yang baru saja diterima Google AdSense untuk menjadi publishernya.

Langsung saja, berikut adalah istilah-istilah Google AdSense dan pengertiannya.

1. Klik (Click)

Klik adalah jumlah seberapa banyak pengunjung mengklik iklan yang muncul di website atau blog.

2. CPC (Cost Per Click)

CPC adalah jumlah uang yang diperoleh publisher ketika ada pengunjung yang mengklik unit iklan tertentu. Mudahnya, CPC merupakan biaya yang ditawarkan pengiklan untuk setiap klik iklannya. Jadi, ketika iklan yang muncul di klik, maka publisher bakal memperoleh penghasilan sesuai besarnya nilai CPC iklan tersebut. CPC ini juga bisa disebut BPK (Bayar Per Klik), dan PPC (Pay Per Click).

3. RKT (Rasio Klik Tayang)

RKT adalah nilai persen perbandingan antara jumlah tayangan iklan dan berapa kali iklan itu di klik. Misal, jika iklan Anda tayang 10 kali, dan iklan itu diklik 5 kali oleh pengunjung, jadi nilai RKT kamu adalah 50%.

4. RPM (Revenue Per Thousand Impression)

RPM Halaman adalah pendapatan tertaksir yang akan Anda dapatkan dari setiap 1000 kali halaman yang tampil.

Jadi RPM Halaman cuma penghasilan/pendapatan tertaksir perseribu kali tampil, bukan memperlihatkan berapa pendapatan yang akan Anda dapatkan sebetulnya.

RPM merupakan nilai yang biasa dipakai dalam program advertising, RPM ini bermanfaat untuk memperbandingkan pendapatan jika memakai beberapa channel yang lain.

Nilai itu didapatkan dari hasil pembagian Penghasilan Tertaksir dengan jumlah Tampilan Halaman, dikali 1000.

5. Tampilan Halaman

Tampilan Halaman adalah jumlah halaman pada blog atau website yang terpasang iklan AdSense dan dikunjungi pengunjung.

Jumlah tampilan halaman tidak akan mempengaruhi pendapatan AdSense Anda.

6. Tayangan

Istilah Impressions atau Tayangan ini memang sedikit membingungkan. Impression didefinisikan sebagai pandangan atau kesan pengunjung pada item tertentu pada blog kamu.

Impression bisa merujuk pada pengguna yang melihat halaman tertentu, unit iklan tertentu, atau berbagai iklan tertentu.

Oleh karena itu, sebuah ‘Impression’ dapat dikategorikan ke dalam tampilan halaman atau tayangan iklan.

Tayangan dihitung untuk setiap permintaan iklan yang menghasilkan setidaknya satu iklan pada blog, bisa berupa jumlah unit iklan (untuk iklan konten) atau kueri penelusuran (untuk iklan penelusuran) yang menampilkan iklan.

7. Penghasilan Tertaksir

Penghasilan Tertaksir adalah perkiraan atau estimasi dari penghasilan yang akan kamu peroleh dari Adsense baik untuk Hari Ini, Kemarin, Selama 7 Hari Yang Lalu hingga Bulan Ini.

Penghasilan tertaksir dihitung dari jumlah Klik (Clicks) dikali dengan BPK (CPC). Semakin besar nilai BPK dan semakin banyak jumlah Klik, maka semakin besar pula penghasilan tertaksir yang akan kamu peroleh.

Jumlah Penghasilan Tertaksir bukan merupakan pendapatan final, pada akhir hari, Google secara otomatis akan menganalisa mana klik yang valid dan mana yang tidak valid.

Jika terdapat klik yang tidak valid, maka jumlah penghasilan yang diperoleh pada hari itu akan kurang dari Penghasilan Tertaksir.

8. Saldo

Saldo adalah jumlah penghasilan akhir yang telah kamu peroleh dalam jangka waktu satu bulan mulai dari terakhir kali kamu melakukan pencairan Google Adsense (Withdraw).

Saldo akan diakumulasi tiap awal bulan sehingga saldo yang tampil saat ini belum termasuk dengan penghasilan yang kamu peroleh bulan ini.

Kurang lebih itulah beberapa istilah-istilah dalam Google AdSense yang perlu Anda ketahui. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa kunjungi situs support google di https://support.google.com/adsense. Semoga membantu, terimakasih.

*Sumber: https://www.tirailangit.com/blog/mengenal-istilah-adsense/

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan