Cara Membuat Password Instagram yang Bagus dan Kuat

Cara Membuat Password Instagram yang Bagus dan Kuat
Daftar Isi Artikel

Renovasi Otak - Cara membuat password Instagram yang bagus dan kuat merupakan cara yang paling utama dalam mengamankan sosial media populer ini. Sekalipun dalam pembuatan password terdengar sepele, akan tetapi untuk mendapatkan password yang bagus dan kuat memang tidak mudah.

Kriteria bagus dan kuat inilah yang bisa dibilang subjektif dan relatif. Beberapa orang mungkin menganggap bahwa gabungan huruf dan angka sudah kuat. Beberapa orang lain mungkin menggabungkan huruf kapital dan kecil, angka hingga karakter khusus.

Sayangnya, kombinasi yang rumit justru bisa menyebabkan lupa kata sandi Instagram. Sebenarnya bisa saja melakukan reset password Instagram, tetapi ini tentu bukan menjadi kriteria password yang kuat, karena menambah masalah baru. Berikut ini beberapa cara membuat password instagram yang bagus dan kuat.

Cara Membuat Password Instagram yang Bagus dan Kuat

Terdapat langkah-langkah khusus yang perlu diperhatikan agar mendapat password impian. Akan tetapi cara membuat password Instagram yang bagus dan kuat tidak cukup, karena pembuatan password juga harus mudah diingat.

1. Buatlah Password yang Unik, Satu untuk Setiap Akun Media Sosial

Dalam pembuatan password dibutuhkan pemikiran yang out of the box agar password yang digunakan tidak mudah dideteksi oleh hacker. Selain itu hindari menggunakan satu password untuk semua akun karena hal tersebut akan beresiko dan sangat fatal. 

Bayangkan saja jika kamu menggunakan satu password untuk akun Instagram, Email, Facebook, dan lain-lain. Kemudian hacker berhasil membobol salah satu akun sosial mediamu tersebut sedangkan kamu menggunakan satu password yang sama. 

Maka secara otomatis hacker bisa mengakses semua akun tersebut dengan mudah dan leluasa. Untuk itu gunakan password yang unik dan berbeda-beda untuk setiap akunnya. 

Jika penggunaan password yang sama untuk setiap akun didasari oleh faktor malas membuat password baru atau kamu adalah tipe yang pelupa maka ada alternatifnya untuk hal tersebut. Yaitu kamu bisa mencatat di buku pribadimu setiap password yang kamu gunakan.

2. Buat Password Instagram yang Panjang namun Mudah Diingat agar Tidak Lupa Kata Sandi

Cara membuat password Instagram yang bagus dan kuat pada umumnya tidak harus panjang. Namun jika kamu ingin membuat password yang panjang juga tidak ada salahnya. 

Beberapa media sosial, termasuk Instagram menerapkan jumlah karakter minimal untuk membuat password, yaitu 6 karakter. Enam adalah standar yang cukup kuat, tetapi membuat yang lebih panjang tentu lebih baik.

Karena salah satu faktor yang membuat password semakin kuat keamanannya adalah pembuatan password yang panjang. Kamu bisa mengambil dari lirik lagu dari penyanyi favoritmu, atau dari karangan puisi tokoh-tokoh terkenal, kata-kata motivasi dari motivator idaman, dan lain-lain.

Dengan begitu password yang kamu pilih kemungkinan besar akan mudah diingat serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Jika password sudah dijamin aman maka para hacker akan kesulitan untuk membobol akun Instagram milikmu.

Namun, password yang panjang ini juga sering menyebabkan lupa kata sandi Instagram. Lupa password Instagram sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh password yang panjang, tetapi menjadi salah satu faktornya.

Di blog kangsandi.id sudah dibahas banyak cara mengatasi lupa kata sandi Instagram. Namun tentu saja sebisa mungkin untuk membuat password yang mudah diingat. Karena kalau lupa password instagram, sedangkan email sudah tidak aktif dan nomor HP sudah hilang, tentu akan repot.

3. Kombinasikan Password dengan Beberapa Karakter Khusus

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengkombinasikan password dengan menggunakan karakter khusus, huruf besar, huruf kecil, angka, dan lain-lain. Ingat yaa beberapa hal yang sudah disebutkan tadi bisa kamu kombinasikan saja untuk menghindari penggunaan pola umum yang sudah sering digunakan. 

Pola umum yang dimaksud adalah “ 1234 “ atau “ abcd “. Sedangkan kombinasi yang disarankan adalah untuk mengecoh hacker sehingga password lebih aman dan terhindar dari pembobolan. Misalnya “ 9119 “ 4mAnDa “, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Menambah Follower Instagram secara Alami dan Otomatis!

4. Hindari Penggunaan Nama dan Tanggal Lahir

Salah satu tips dari halaman pusat bantuan Facebook (yang mana adalah induknya Instagram) untuk membuat password yang kuat adalah menghindari penggunaan nama dan tanggal lahir. Penggunaan nama dan tanggal lahir ini sangat mudah untuk ditebak oleh orang lain sehingga berbahaya.

Nah itu tadi beberapa cara membuat password Instagram yang bagus dan kuat. Pastikan kamu membuat kata sandi terbaik, agar akun Instagram kamu aman dari orang yang iseng atau ingin hack akun kamu.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan