5 Cara Cek IMEI HP Xiaomi Asli atau Palsu, 100% Akurat!

5 Cara Cek IMEI HP Xiaomi Asli atau Palsu, 100% Akurat!
Daftar Isi Artikel
Cara Cek IMEI Xiaomi

Renovasi Otak - Bagaimana cara cek imei Xiaomi? IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan barisan angka yang menjadi identitas handphone kita, apabila di cek akan muncul sebuah informasi seperti nomor serial, merek, model, tahun pembuatan, dan lain-lain. Semua HP pasti memilikinya dan nomor yang muncul berbeda-beda, tidak terkecuali Xiaomi.

Untuk mengetahui nomor IMEI di HP Xiaomi bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara. Seperti yang paling mudah yaitu melihat bagian belakang dus book.

Namun, nomor pada dus book tersebut tidak bisa menjadi patokan apakah IMEI tersebut benar atau salah. Karena, sangat banyak sekali problem yang menyebabkan harus menggunakan dus book palsu, sehingga nomor IMEI berbeda dengan HP Xiaomi kita.

Mengingat kebijakan Pemerintah pada April 2020 yang menyatakan bahwa nomor IMEI yang tidak terdaftar di database Kementrian Perindustrian (Kemenperin) HP tersebut dinyatakan HP ilegal, dan pemerintah akan memblokirnya.

Oleh karena itu, saya rasa cek IMEI Xiaomi perlu Anda lakukan untuk memastikan HP tersebut asli atau palsu. Untuk melakukannya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Cek IMEI Xiaomi Indonesia

Terdapat 4 metode yang bisa Anda gunakan untuk cek IMEI Xiaomi untuk semua tipe smartphone garansi TAM resmi, diantaranya yaitu.

1. Cek IMEI Xiaomi Dengan Kode Dial

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan kode dial. Metode ini sebenarnya tidak hanya bisa digunakan pada HP Xiaomi saja, merek lainnya. Nah, buat yang belum tau kodenya, Anda bisa simak langkah berikut.

  1. Buka menu Telepon.
  2. Masukkan kode dial cek IMEI Xiaomi *#6#.
  3. Kemudian akan muncul nomor IMEI secara otomatis di layar HP Anda.
  4. Jika smartphone Anda menggunakan dual SIM, maka akan muncul dua MEID.
  5. Selesai.

Setelah mengetahui nomor IMEI dengan cara diatas, silahkan catat dan lakukan pengecekan lebih lanjut melalui situs website untuk mengetahui keaslian HP Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Melihat nomor IMEI bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi bernama Antutu Benchmark yang bisa Anda download di Play Store.

Untuk langkah ini saya rasa tidak perlu diperjelas, karena aplikasi tersebut sangat mudah digunakan untuk melihat informasi lengkap HP Xiaomi kita.

3. Melalui Menu Setting

Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Atau Palsu

Selain menggunakan kode dial, Anda juga bisa mengecek IMEI Xiaomi melalui menu setting atau pengaturan. Selengkapnya, ikuti langkah berikut.

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Masuk ke Tentang Telepon.
  3. Tekan opsi Keseluruhan Spesifikasi.
  4. Pilih Status.
  5. Setelah itu, akan muncul berbagai informasi mengenai smartphone Xiaomi Anda seperti Status baterai, model, hingga nomor IMEI.

Nomor IMEI yang muncul bisa Anda gunakan untuk mengecek HP Xiaomi asli atau palsu. Untuk mengetahui keasliannya, Anda bisa cek IMEI Xiaomi online di web resmi miliknya.

Cara Cek Keaslian IMEI Xiaomi Secara Online

Untuk cek keaslian Xiaomi, Anda bisa melakukan pengecekan IMEI secara online melalui situs resmi Xiaomi.

Cek IMEI Xiaomi lewat website bisa Anda lakukan dengan mudah, lakukan langkah berikut ini.

  1. Silahkan kunjungi situs resmi verifikasi Xiaomi untuk mengetahui keaslian HP Xiaomi di https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei.
  2. Setelah itu, masukkan nomor IMEI Xiaomi Anda.
  3. Masukkan kode verifikasi.
  4. Tekan Verify.
  5. Selanjutnya akan muncul informasi yang menjelaskan keaslian HP Xiaomi Anda.

Mengecek keaslian HP Xiaomi sangatlah penting. Karena dengan begitu Anda bisa menghindari pemblokiran ponsel yang sudah ditetapkan Kemenperin.

Cek IMEI Xiaomi Resmi atau Tidak

Cara Cek IMEI Xiaomi Resmi

Selanjutnya, Anda bisa melihat HP Xiaomi Anda resmi atau barang Black Market (BM) melaui website resmi Kementrian Perindustrian (Kemenperin).

Cara cek IMEI Xiaomi Kememperin sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Kunjungi website Kememperin https://imei.kemenperin.go.id/ yang dibuat khusus untuk cek HP Xiaomi resmi atau bukan.
  2. Selanjutnya, masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia.
  3. Tekan Cek atau ikon kaca pembesar.
  4. Jika muncul informasi 'IMEI terdaftar di database Kemenperin' berarti HP Xiaomi Anda merupakan produk resmi.
  5. Sebaliknya, jika muncul informasi 'IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin' berarti HP Xiaomi Anda merupakan produk palsu atau Black Market.

Dengan melakukan cara diatas, Anda bisa cek IMEI Xiaomi terdaftar atau tidak di situs Kememperin. Jika tidak terdaftar, bisa saja HP Anda merupakan barang Black Market dan berpotensi diblokir oleh pemerintah.

Setelah diblokir, bisa dipastikan HP Xiaomi Anda tidak bisa digunakan apa apa, bahkan sinyal SIM Card pun tidak bisa muncul!

BACA JUGA:

Itulah sedikit informasi tentang cara cek IMEI Xiaomi dengan mudah yang sudah saya jamin 100% akurat, semoga informasi ini bermanfaat ya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan