Tips Membangkitkan UKM di Masa Pandemi Covid-19

Tips Membangkitkan UKM di Masa Pandemi Covid-19
Daftar Isi Artikel

Tips Membangkitkan UKM

Renovasi Otak - Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap perekonomian berbagai Negara di Dunia, termasuk Indonesia. Sehingga banyak pelaku Bisnis UKM di Indonesia yang mengalami kerugian dan bingung bagaimana cara meningkatkan penghasilan bisnis yang dilakoninya.

Baik..

Mengingat sekarang kita berada di era serba teknologi, kita bisa melakukan apapun melalui gadget dan internet. Dengan begitu strategi pemasaran online melalui website perlu Anda coba ketika mengalami kerugian besar pada pandemi covid-19. Tips membangkitkan UKM di masa pandemi berikut mungkin bisa Anda coba.

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia Melalui Website

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Para pelaku UKM mungkin belum banyak yang mengetahui website untuk mengenalkan bisnisnya ke pasar yang ditargetkan. Sebagian besar sudah nyaman dengan transaksi konvesional yang langsung tatap muka dengan konsumen.

Mungkin, banyak yang berasumsi biaya menggunakan internet sangat mahal, apalagi memanfaatkan website untuk memasarkan produk atau jasa harus memiliki biaya dan kemampuan lebih.

FAKTANYA, saat ini kita bisa dengan mudah menemukan Website Builder Terbaik yang bisa digunakan dengan mudah dan sudah tersebar luas di internet dengan harga variatif dan terjangaku.

Website UKM juga bisa digunakan sebagai media promosi yang bisa menciptakan engagement ke pengunjung. Selain itu, kita juga bisa Branding untuk mendapatkan Konversi melalui website. Karena itu, bisnis UKM sudah selayaknya menggunakan website profesional sehingga bisa bersaing dengan perusahaan besar sekalipun.

Manfaat Website untuk Usaha Kecil Menengah

Manfaat Website untuk UKM

UKM Indonesia akan lebih bangkit dan berkembang jika setiap pelaku bisnis bisa memasarkan produknya secara luas melalui website. Beberapa manfaat website untuk usaha kecil menengah berikut perlu Anda ketahui sebagai pengetahuan dasar sebelum membuat website UKM.

1. Meningkatkan Kredibilitas

Dengan eksistensi usaha kecil menengah di internet, kredibilitas bisnis juga semakin meningkat. Keberadaan website membuat konsumen menilai pelaku UKM benar-benar serius untuk membangun bisnisnya.

Tentunya website yang digunakan bukan website antah-berantah yang dibuat alakadarnya. Anda perlu membuat website se-profesional dengan mengeluarkan sedikit modal untuk beli domain dan hosting melalui beberapa layanan, seperti salah satunya Masterweb.

2. Jangkauan Pasar Lebih Luas!

Berbeda dengan toko offline, dengan menggunakan website Anda bisa memasarkan produk atau jasa dengan jangkauan tidak terbatas. Semakin luas jangkauan pasar, semakin besar potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Bukan hal mustahil untuk mendapatkan omset lebih hanya dengan melakukan pemasaran melalui website. Sudah banyak pelaku UKM yang sukses karena menambahkan internet untuk ikut terlibat pada bisnisnya.

3. Informasi Lengkap

Dengan menggunakan website, Anda bisa menambahkan katalog produk ataupun portofolio jasa secara lengkap dan spesifik, sehingga konsumen bisa lebih mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda jual.

Anda bisa mencantumkan detail, gambar, bahkan video mengenai produk atau jasa yang akan dipasarkan melalui website.

4. Meningkatkan Pengetahuan Pelanggan

Manfaat website untuk usaha kecil menengah selanjutnya yaitu Anda secara tidak langsung meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menambahkan pengetahuan dan informasi terkait produk atau jasa yang Anda pasarkan.

Melengkapi website dengan halaman FAQ, blog, ataupun newsletter akan membuat pelanggan mendapatkan informasi lebih lengkap dari website Anda. Seperti tips, hingga pertanyaan-pertanyaan relevan yang perlu dijawab.

5. Dengan Menggunakan Website, UKM Bisa Buka 24 Jam!

Berbeda dengan toko konvensional yang mempunyai jam buka-tutup, website akan aktif selama 24 jam penuh. Bahkan, ketika Anda sedang tidur atau berlibur, pelanggan tetap bisa dengan nyaman melihat produk Anda melalui website ketika toko tutup.

Sehingga Anda tetap bisa menjaring konsumen sebanyak-banyaknya sekalipun sedang libur di dunia offline.

Bisa kita lihat sendiri, keadaan saat ini jauh berbeda dengan sebelum ada pandemi yang membuat para pebisnis ngedrop. Oleh karena itu, ada baiknya Anda bisa membuat website UKM untuk mengembangkan bisnis yang sedang anjlok dan menciptakan semangat baru dalam mengelola UKM.

Pada dasarnya, membuat website untuk bisnis UKM tidak terlalu sulit. Disini, saya akan menjabarkan langkah demi langkan cara membuat website UKM, sebagai berikut.

Cara Membuat Website Usaha Kecil Menengah

Berbicara tentang bangkitnya semangat UKM Indonesia melalui website, tidak lengkap rasanya jika tidak disertai dengan bagaimana cara membuat website bisnis.

Cara membuat website UKM bisa Anda lakukan dengan mudah. Selengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Memilih Layanan Hosting yang Tepat

Cara Membuat Website UKM

Memilih layanan hosting merupakan langkah pertama untuk membuat Website UKM. Nah, disini saya sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan Hosting UMKM dari Masterweb.

Mengapa demikian? Karena, disini Anda bisa menggunakan layanan hosting khusus untuk UKM dari berbagai varian harga dan dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni untuk membuat website bisnis.

Tidak hanya itu, hosting UKM terbaik dari Masterweb ini juga dibekali teknologi berbasis cloud, gratis SSL, dan gratis domain sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli domain.

2. Memilih Platform Website

Setelah membeli hosting, silahkan pilih platform yang ingin Anda gunakan. Namun, sejauh ini platform Wordpress sangat mendominasi website-website bisnis online yang sudah tersebar di internet.

Mengapa demikian? Selain terkenal dengan kemudahan dalam instalasi, WordPress juga memliki kelebihan lainnya seperti Open source, SEO Friendly, dan tersedia banyak theme & plugin.

3. Menginstall Theme, Plugin, dan Menambahkan Informasi Bisnis

Langkah selanjutnya yaitu Anda bisa menginstall theme untuk website UKM Anda. WordPress sendiri sudah menyediakan banyak sekali theme dibuat khusus untuk bisnis yang bisa Anda install secara gratis.

Setelah theme berhasil terpasang, selanjutnya Anda bisa menginstal plugin sesuai kebutuhan, seperti untuk memenuhi kebutuhan SEO, loading speed, dan lain sebagainya.

Nah, jika keduanya sudah Anda lakukan, selanjutnya tambahkan informasi tentang bisnis pada website UKM Anda.

"Informasi apa saja yang harus ada pada website UKM?"

Beberapa informasi yang perlu Anda tambahkan pada website UKM yaitu:

  1. Tentang Kami. Halaman ini bertujuan untuk mengenalkan bisnis apa yang sedang dilakoni. Seperti informasi singkat tentang UKM, siapa pemiliknya, dan kapan berdirinya.
  2. Kontak. Anda bisa menambahkan informasi kontak seperti nomor whatsapp, email, dan Google Maps pada halaman kontak agar pengunjung bisa lebih mudah menghubungi Anda.
  3. Cara Membeli. Halaman ini berisi tentang bagaimana cara konsumen membeli produk UKM tersebut.
  4. Alamat Toko. Jika ada, Anda bisa menambahkan informasi mengenai toko offline Anda di halaman Alamat.
  5. Produk. Pada halaman ini, Anda bisa menampilkan produk apa saja yang dijual melalui website UKM.
  6. Testimoni. Halaman ini sangat penting karena Testimoni berisi tentang pendapat dan komentar pelanggan mengenai produk UKM tersebut.
  7. Album Foto & Video. Pada halaman ini, Anda bisa menambahkan foto maupun video tentang aktivitas UKM, seperti proses produksi, melayani pelanggan, dan sebagainya.
  8. Blog. Blog juga tidak kalah penting dengan halaman lain, disini Anda bisa menambahkan konten berupa artikel seputar tips, informasi dan solusi yang relevan serta bermanfaat bagi pelanggan. Selain itu, dengan menambahkan konten pada website, Anda bisa membangun kepercayaan terhadap pelanggan.

4. Mengatur Website

Pada langkah ini, Anda harus memikirkan seperti apa tampilan website, membuat Logo, mengatur menu navigasi, dan mengatur informasi apa saja yang ditampilkan pada suatu halaman (terutama homepage).

Buatlah desain semenarik mungkin dan menyajikan informasi yang lengkap.

5. Perencanaan untuk Mengembangkan Website UKM

Langkah terakhir yaitu membuat rencana dalam mengembangkan website. Rencana pengembangan bisa dilakukan dengan membuat struktur rancangan ide agar dapat dikembangkan dari waktu ke waktu. Dengan begitu website Anda akan terus update, baik dari segi desain maupun konten terbaru yang berpotensi untuk menarik pengunjung menjadi pelanggan.

Cara Meningkatkan Penjualan UKM Melalui Website

Tips membangkitkan UKM di Masa Pandemi

Membangkitkan UKM Indonesia melalui website bukanlah hal yang sulit dilakukan jika didasari oleh niat dan konsistensi yang kuat. Namun, melakukan strategi pemasaran melalui website tidak bisa dilakukan secara sembarangan agar bisa meningkatkan penjualan UKM.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan UKM melalui website.

1. Branding

Branding bertujuan untuk mengenalkan brand bisnis Anda serta menyediakan informasi yang lengkap tentang bisnis UKM.

Anda bisa membangun Brand dengan berbagai cara, baik itu melalui sosial media ataupun cara lainnya yang memungkinkan masyarakat luas bisa mengenal bisnis UKM Anda.

2. Komunikasi dengan Pelanggan

Pelayanan yang baik adalah kunci utama untuk meningkatkan penjualan UKM. Bangun komunikasi dengan pelanggan untuk mengetahui pendapat orang lain tentang bisnis Anda.

3. Content Marketing

Hingga saat ini, content marketing masih menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan penjualan melalui website dan strategi pemasaran terbaik. Untuk itu, Anda perlu mempelajari teknik blogging yang baik.

Langkah yang bisa Anda lakukan dalam content marketing yaitu:

  1. Membuat postingan blog sebanyak mungkin yang berpusat pada produk penjualan Anda.
  2. Tambahkan review produk pada postingan blog untuk memberikan informasi spesifik produk Anda.
  3. Tambahkan tombol berbagi ke sosial media pada setiap postingan blog, agar pengunjung bisa membagikan kepada publik di sosial media.

4. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan merupakan syarat mutlak bagi perkembangan bisnis UKM. Lakukan berbagai cara yang memungkinkan pelanggan mempercayai Anda. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan yaitu:

  1. Selalu jujur dan terbuka.
  2. Menjadi pendengar yang baik jika pelanggan bersuara tentang keluhan ataupun yang lainnya.
  3. Memberikan solusi terbaik.
  4. Tepati janji.

Dengan mendapatkan kepercayaan, bisa jadi bisnis Anda akan dibagikan kepada keluarga dan teman untuk mendapatkan pelanggan baru.

5. Tambahkan Kode Promo

Kode promo bisa Anda gunakan sebagai senjata untuk mendapatkan pelanggan baru. Kode promo ini berbeda dengan diskon yang hanya bisa ditetapkan pada website saja. Anda bisa mengiklankan kode promo di website lain juga.

Kode promo biasanya digunakan tepat sebelum melakukan pembayaran. Oleh karena itu, hal ini merupakan faktor penentu pelanggan membeli atau tidak.

6. Email Marketing

Email marketing bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan UKM dan mendapatkan pelanggan.

Mengapa demikian?

Mengingat saat ini pengguna smartphone Android wajib menambahkan email pada perangkatnya untuk mengakses aplikasi Play Store dan sejenisnya, hal itu membuktikan bahwa setiap orang yang memiliki smartphone Android pasti memiliki Email. Bayangkan saja, berapa jumlah pengguna Android di Indonesia?

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan email dengan cara membuat daftar Email untuk mendapatkan kontak pelanggan dan lakulan promosi melalui Email.

Akhir Kata

Membangkitkan UKM Indonesia bisa dilakukan pebisnis dengan membuat website UKM yang sudah saya jabarkan diatas.

Mengingat manfaat website dalam bisnis sangat berpotensi untuk mendapatkan keuntungan, saya harap artikel tips membangkitkan UKM ini bisa membuka pikiran Anda untuk membangun website demi Bangkitnya Semangat UKM Indonesia di masa Pandemi Covid-19.

  1. Unknown

    Unknown

    10/20/2020

    Informasi cukup padat dan mudah dimengerti, akan saya coba. Terimakasih...

  2. Unknown

    Unknown

    10/21/2020

    Saya juga sudah bertahun tahun pakai layanan materweb, alhamdulilah sampai sekarang masih baik baik saja. BTW terimakasih min infonya

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan