5 Penyebab HP Cepat Panas Lengkap dengan Solusinya

5 Penyebab HP Cepat Panas Lengkap dengan Solusinya
Daftar Isi Artikel
Penyebab HP Cepat Panas

Renovasi Otak - Hampir semua pengguna smartphone pernah merasakan HP mereka menjadi panas. HP panas yaitu suatu kondisi ketika suhu pada smartphone kita meningkat dan menjadi lebih panas ketimbang suhu aslinya yang disebabkan oleh beberapa faktor. HP panas tentunya juga bisa berbahaya, selain dapat mengurangi kepuasan saat bermain, HP panas bisa saja juga dapat menyebabkan HP mudah rusak, dan yang paling berbahaya lagi adalah timbulnya ledakan pada HP tersebut jika benar benar terlalu panas yang pastinya akan berakibat fatal.

Kondisi suhu HP menjadi panas sering dialami oleh para pengguna dari berbagai macam perangkat dan hal ini bisa dikatakan wajar, itu dikarenakan HP berbeda dengan laptop yang memiliki kipas pendingin untuk mengurangi suhu panasnya. Mengenai masalah tersebut, Asus ROG berinisiatif membuat alat tambahan pada produk mereka yaitu sebuah kipas pendingin yang bisa dipasang pada HP untuk mendinginkan HP dengan cepat..

Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

1. Main sambil charger atau sedang mengisi daya

Memainkan smartphone sambil charger tanpa kamu sadari ternyata dapat membuat smartphone lebih mudah cepat panas ketimbang kamu memainkannya seperti biasa. Selain itu, main smartphone sambil menchargernya juga dapat menyebabkan batrai lebih cepat rusak dan memperlambat kinerja pada smartphone tersebut. Jadi, mulai sekarang berhentilah bermain sambil mengisi daya agar smartphonemu jadi lebih awet dan tahan lama dalam beberapa waktu kedepan.

2. Bermain game terlalu lama

Buat para gamer pastinya sudah terbiasa dengan suhu panas yang terjadi pada smartphone mereka. Ya, ketika mengakses game, ada banyak sistem pada smartphone yang bekerja secara bersamaan untuk menjalankan game tersebut secara agar tetap lancar, seperti CPU, GPU dan juga RAM, selain itu kecerahan layar biasanya diatur lebih tinggi ketika bermain game agar lebih terlihat, ditambah pula dengan volume yang tinggi dan mikrofon yang aktif untuk  saling berkomunikasi dengan player lain. Ada banyak yang diaktifkan untuk mengakses game agar lebih menyenangkan, jadi ketika kita mengakses game terlalu lama tentu saja akan dapat membuat smartphone menjadi panas dengan mudah.

3. Multitasking aplikasi berlebihan

Multitasking atau menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan juga dapat menyebabkan smartphone cepat panas, itu dikarenakan smartphone harus bekerja lebih ekstra supaya dapat menjalankan berbagai macam aplikasi tersebut secara bersamaan agar dapat ditampilkan dengan baik.

4. Bermain ditempat atau ruangan yg panas

Bermain ditempat atau lokasi yang memang memiliki suhu yang panas tentunya juga berpengaruh kepada suhu smartphone kita. Bermain di tempat yang panas misalnya pada tengah hari didalam ruangan tanpa pendingin lebih cepat membuat smartphone menjadi panas dari pada memainkannya di waktu hujan, dimalam hari atau di ruangan yang memiliki pendingin.

5. Aktif dalam waktu yang lama

Penyebab HP cepat panas yang terakhir adalah smartphone aktif terus menerus dalam waktu yang lama. Smartphone yang terus menerus aktif pasti memiliki banyak riwayat kegiatan yang dilakukan oleh pengguna, mulai dari mengakses sosmed, internet hingga game yang dilakukan secara bergantian tanpa jeda, tentunya hal ini dapat membuat smartphone lebih cepat panas dari poin poin sebelumnya.

Solusinya, sudah saya jelaskan lengkap di artikel cara mengatasi HP Xiaomi lemot dan cepat panas. Pada artikel tersebut tidak hanya bisa dilakukan pada HP Xiaomi saja, melainkan semua jenis Smartphone Android.

Itulah informasi tentang penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya. Mulai sekarang hindarilah poin poin di atas agar smartphonemu tidak mudah panas saat digunakan. Terlebih lagi smartphone baru, silahkan rawat dengan baik agar kinerjanya tidak mudah berkurang dengan cepat.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan