Daftar Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Boleh Dihapus, 100% Aman!

Daftar Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Boleh Dihapus, 100% Aman!
Daftar Isi Artikel
aplikasi bawaan xiaomi yang boleh dihapus

Renovasi Otak - Xiaomi merupakan salah satu smartphone terpopuler dikalangan umum, terutama Indonesia. Smartphone ini identik dengan harganya yang miring namun produk yang berkualitas. Oleh sebab itu, banyak orang yang tertarik untuk memilikinya.

Meskipun tergolong vendor smartphone terbaik, tetap saja HP ini memiliki persamaan dengan yang lainnya, salah satunya yaitu aplikasi bloatware.

Apa itu Aplikasi Bloatware?

Aplikasi bloadware adalah sebuah aplikasi yang sudah terinstall secara default pada smartphone. Mudahnya, bloadware merupakan aplikasi bawaan dari HP saat pertama kali kita beli.

Sebagian besar dari aplikasi bloadware ini tidak bisa diuninstal/dihapus. Bahkan pada HP Xiaomi keluaran terbaru yang sudah menggunakan MIUI 11 dan 12 pun masih ada beberapa yang belum bisa dihapus.

Baca Juga: Cara Ganti Font Xiaomi.

Banyak sekali pengguna yang jarang menggunakan aplikasi bawaan ini, dan ingin menghilangkannya. Namun, Anda perlu tau beberapa aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak penting dan aman untuk dihapus dan tidak akan mengganggu performa HP kita.

5 Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Boleh Dihapus

aplikasi bawaan xiaomi miui 12 yang boleh dihapus

1. Mi Community

Mi Community merupakan aplikasi forum khusus pengguna Xiaomi yang bisa Anda gunakan untuk berbagi dan mencari informasi, baik itu tips, trik, ataupun update tentang smartphone.

Anda bisa menghapus aplikasi ini jika dirasa tidak penting. Karena aplikasi ini tidak akan mempengaruhi kinerja HP Anda.

Baca Juga: Cara Dark Mode Xiaomi - Mengaktifkan Mode Gelap.

2. Live Wallpaper

Aplikasi bawaan yang bisa Anda hapus selanjutnya yaitu live wallpaper. Memang, aplikasi ini akan membuat tampilan HP Xiaomi Anda menjadi lebih menarik karena akan menampilkan wallpaper bergerak secara live, terlebih jika Anda menggunakan MIUI 10 / 11 / 12.

Namun faktanya, aplikasi ini merupakan salah satu penyebab HP Xiaomi lemot dan akan menghambat aktifitas Anda karena kinerja melambat. Untuk itu, Anda bisa menghapus aplikasi ini jika dirasa tidak pernah digunakan.

3. Akun Mi

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah Anda bisa menikmati semua yang berhubungan dengan Xiaomi. Seperti penyimpanan data, fitur unggulan khusus Xiaomi, dan lain sebagainya.

Namun, Akun Mi cukup memakan banyak penggunaan RAM. Untuk itu, Anda bisa menghapus aplikasi ini karena tidak akan berpengaruh terhadap kinerja HP Anda.

4. Swiftkey

Swiftkey merupakan aplikasi keyboard yang akan otomatis terinstall secara default pada ponsel Xiaomi Anda. Sebenarnya aplikasi ini tidak begitu berguna, karena pada update MIUI ada aplikasi Keyboard for Xiaomi yang akan otomatis terpakai setelah update.

Untuk itu, Anda bisa menghapus aplikasi bawaan ini karena tidak begitu penting.

5. Analytics

Aplikasi bloadware yang aman untuk dihapus terakhir yaitu Analytics. Aplikasi ini berfungsi untuk mengetahui apa saja keinginan dan kebutuhan dari penggunanya. Analytics akan mencatat semua aktivitas yang berjalan pada smartphone Xiaomi Anda. Nantinya, semua data yang tercatat akan langsung dikirimkan ke server Xiaomi.

Aplikasi ini hanya fokus untuk kepentingan Xiaomi sendiri, yang artinya jika Anda menghapus analytics tidak akan berpengaruh besar pada kinerja smartphone Anda.

Artikel Terkait:

Nah, itulah informasi mengenai beberapa aplikasi bawaan Xiaomi yang boleh dihapus dan tidak akan menghambat kinerja HP Anda. Dari ulasan diatas, Anda bisa lihat sendiri cukup banyak aplikasi bloatware yang jarang digunakan dan sebenarnya aman untuk dihapus

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan