5 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Asik, Seru, dan Menantang

5 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Asik, Seru, dan Menantang
Daftar Isi Artikel
cara belajar bahasa inggris

Renovasi Otak - Pada era serba digital kini, kita dianjurkan untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik. Mengapa demikian? Selain digunakan sebagai bahasa Internasional, bahasa Inggris juga menjadi salah satu syarat untuk masuk ke perusahaan-perusahaan besar. Untuk itu, belajar bahasa Inggris bisa dikatakan cukup penting, karena kita memiliki banyak keuntungan seperti peluang masuk kerja ke berbagai perusahaan.

Untuk belajar tidaklah wajib mengikuti kursus bahasa Inggris online maupun offline, melainkan Anda bisa mempelajarinya secara otodidak, dan tentunya cukup menantang serta seru.

Nah, beberapa tips berikut ini akan membuat proses belajar bahasa Inggris Anda akan lebih mengasikkan.

1. Belajar dengan Menonton Video Youtube

Platform YouTube sendiri banyak sekali video edukasi yang dilakukan oleh orang diluar sana. Meskipun pembahasan pada video tersebut bukanlah edukasi menggunakan bahasa Inggris yang benar, Anda bisa memperhatikan tutur kata dan apa yang dilakukannya.

Terbilang sulit, namun cara ini cukup menantang bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak.

2. Mendengarkan Musik

Sekarang, kebiasaan memutar musik jangan hanya didengar saja, melainkan pelajari apa arti yang terdapat pada lirik lagu tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menghafalkan lirik lagu tersebut dan nantinya Anda bisa mencari artinya.

Dengan menghafalkan lirik dan bernyanyi, sepontan Anda akan penasaran apasih arti dari lagu tersebut? Jika melakukan secara berulang, secara tidak langsung kosa kata bahasa Inggris akan bertambah.

3. Tonton Film Tanpa Subtitle

Tentunya, Anda menyukai film barat apapun genrenya. Nah, cobalah untuk menonton film tersebut tanpa menggunakan subtitle. Perhatikan gerakan dari pemain film, dan simak baik-baik tutur katanya.

Silahkan cerna kata-kata dari pemain film tersebut, dan analisa apa artinya. Dengan begitu, proses belajar bahasa Inggris akan lebih seru.

4. Menantang Teman untuk Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Inggris

Sesekali, ajaklah temanmu untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Baik itu ketika nongkrong, berlibur, ataupun hanya sekedar chattingan. Lakukan metode ini secara terus menerus, dengan begitu otak Anda akan terbiasa untuk berpikir keras.

"Kabar, bahasa Inggrisnya apa ya?"

Jika pikiran Anda sudah mentok, jangan menyerah. Anda bisa translate kata yang belum Anda ketahui bahasa Inggrisnya. Cara ini cukup seru, dan jika sering dilakukan, pengetahuan bahasa Inggris akan meningkat.

5. Belajar Bersama Tukar Bahasa

Apakah Anda pernah berlibur ke luar negeri? Atau mengunjungi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing, seperti di Bali?

Nah, bagaimana jika Anda mengajak ngobrol wisatawan asing untuk saling belajar dan mengajarkan bahasa? Pasti seru!

Berkomunikasi dengan wisatawan asing dan ajak dia untuk belajar bahasa Indonesia, begitu juga sebaliknya. Anda juga bisa meminta dia untuk mengajarkan bahasa Inggris. Terlebih jika Anda tidak sengaja menempati satu penginapan dengan wisatawan asing, pastinya sering bertemu dan waktu proses belajar juga semakin panjang.

Itulah cara seru belajar bahasa Inggris yang bisa Anda lakukan sendiri secara otodidak. Selamat mencoba!







  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan