Cara Mengatasi Koneksi Wifi Sering Putus di Windows 10

Cara Mengatasi Koneksi Wifi Sering Putus di Windows 10
Daftar Isi Artikel
Cara Mengatasi Koneksi Wifi Sering Putus

Renovasi Otak - Salah satu persoalan yang kerap dikeluhkan pengguna laptop atau PC adalah koneksi wifi sering putus windows 10. Putusnya koneksi ini memang bisa menjadi masalah yang sangat menyebalkan karena bisa menghambat aktivitas. Lalu, apa sih yang menyebabkan hal ini? Dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Simak informasinya berikut ini. 

Penyebab Koneksi Wifi Sering Putus Windows 10

Koneksi wifi sering putus windows 10 memang sedang banyak terjadi. Ini dikarenakan ada beberapa gangguan yang membuat perangkat tidak bisa tersambung dengan koneksi internet atau WiFi. Bisa dikarenakan ada masalah pada laptop, jaringan, atau mungkin sistemnya. Inilah beberapa penyebab tersebut:

1. Sinyal WiFi yang Lemah

Hal pertama yang perlu dipastikan adalah sinyal WiFi itu sendiri. Biasanya penyebab laptop atau PC tidak bisa terhubung dengan jaringan internet dikarenakan sinyalnya terlalu lemah. Ini sering membuat sambungan yang awalnya terhubung tiba-tiba terputus kembali. Coba periksa jarak antara perangkat dengan routers yang digunakan. 

2. Banyak Pengguna Lain

Selanjutnya ada faktor lain yaitu terlalu banyaknya pengguna jaringan WiFi yang tersedia. Ini biasanya terjadi di tempat umum seperti perpustakaan atau mungkin di sebuah café. Setiap router memiliki batasa perangkat yang bisa terhubung ke jaringannya. Jika sudah mencapai batas maksimal maka perangkat lain tidak akan bisa masuk atau yang jaraknya paling jauh meski awalnya terhubung akan terputus tiba-tiba. 

3. Modem yang Sudah Tua

Penyebab lain bisa jadi karena modem yang digunakan sudah terlalu tua jadi tidak bisa bekerja secara optimal seperti saat masih baru. Jika sudah mencoba mendekatkan perangkat dengan router atau di sekitar router tidak ada pengguna lain tapi masih tidak dapat terhubung, artinya modem harus diganti dengan yang baru. 

BACA JUGA: Cara Mengatasi WiFi Lemot di Android

Cara Mengatasi Koneksi WiFi Sering Putus di Windows 10

Dari beberapa penyebab koneksi wifi sering putus windows 10 ada beberapa cara juga untuk mengatasinya. Untuk itu mari simak dan coba sendiri nanti ya cara mengatasi jaringan internet yang sering terputus.

1. Restart Windows

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan restart windows. Kadang sistem mengalami masalah atau bug karena pemakaian perangkat yang terlalu lama atau mungkin dikarenakan ada file yang rusak dan akhirnya mempengaruhi jaringan internet ke perangkat. Restart saja windowsnya agar sistemnya jadi fresh lagi.

2. Gunakan ‘Forgot Password’

Cara lain adalah dengan melakukan restart pada sambungan internet itu sendiri. Caranya adalah dengan menonaktifkan sambungan internet tadi lalu mengatur ulang password WiFinya. Dengan mencoba menyambungkan kembali perangkat ke jaringan dengan memasukkan password kembali bisa membuat perangkat terhubung dengan jaringan WiFi.

3. Atur WiFi jadi Private

Jika WiFi hanya digunakan untuk diri sendiri baiknya atur dari public menjadi private. Atau batasi berapa perangkat yang bisa terhubung dengan modem WiFi. Ini untuk mencegah koneksi sering putus windows 10. Hal tersebut bisa diatur pada opsi menu Settings.

4. Restart Modem

Jika semua sudah dicoba tapi masih belum bisa terhubung, mungkin yang ada masalah adalah modemnya. Coba restart atau istirahatkan sebentar lalu nyalakan kembali. Saat sudah menyala sambungkan lagi perangkat pada WiFi. 

Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi koneksi wifi sering putus windows 10. Agar produktivitas semakin meningkat dengan dukungan wifi yang kuat, maka Anda juga bisa mempercepat koneksi internet rumah dengan memilih layanan internet yang bisa diandalkan seperti Telkomsel Orbit. Didukung dengan jaringan 4G yang kuat dan stabil, dijamin koneksi Anda bisa lebih optimal untuk menunjang berbagai kegiatan!

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan