Cara Mengatasi Kamera Terbalik di Google Meet

Cara Mengatasi Kamera Terbalik di Google Meet
Daftar Isi Artikel
Cara Mengatasi Kamera Terbalik Google Meet

Renovasi Otak - Google Meet tidak mencerminkan atau membalik video Anda untuk audiens Anda, meskipun itu menunjukkan tampilan cermin di pratinjau Anda.

Jadi, tidak perlu membaliknya per tampilan untuk mengoreksi tampilan.

Namun, jika Anda perlu benar-benar membalik atau mencerminkan video Anda di Google Meet karena suatu alasan, panduan ini akan membantu Anda.

Apakah kamera Google Meet Memang Terbalik?

Iya dan tidak. Google Meet memang membalik feed kamera Anda tetapi itu hanya di pratinjau yang ditampilkan kepada Anda, audiens Anda melihat tampilan yang tidak dimirror.

Google Meet melakukan ini agar orang dapat melihat pratinjau video seperti yang mereka lihat di cermin tanpa terlalu mengganggu mereka.

Namun, Google Meet tidak membalik video Anda untuk pengguna akhir.

Ini berarti bahwa meskipun teks dan item dalam pratinjau video Anda mungkin tampak dibalik untuk Anda, video Anda ditampilkan dalam orientasi yang benar kepada peserta meeting.

Ini adalah keuntungan besar bagi pengajar dan pelatih yang menggunakan Google Meet untuk menyampaikan konsep penting kepada peserta rapat mereka.

Ini sering melibatkan penggunaan Whiteboard dan bagan yang maknanya dapat hilang jika dibalik dalam video.

Mengapa Saya Melihat Kamera Mirror?

Seperti kebanyakan smartphone dan kamera web, Google secara otomatis membalik pratinjau video untuk Anda.

Ini adalah tren yang sedang berlangsung dalam dekade terakhir yang banyak berkaitan dengan popularitas selfie dan pengenalan kamera selfie khusus pada smartphone.

Manusia terbiasa melihat gambar terbalik mereka karena penggunaan sehari-hari cermin nyata dalam hidup kita.

Sebagian besar dari kita terbiasa melihat gambar terbalik kita, jadi melihat gambar diri kita sendiri yang tidak dimirror sering kali membuat banyak pengguna terkejut.

Untuk mengatasi pengalaman yang menggelegar ini dan untuk memberikan lingkungan yang lebih estetis dan ramah selfie, perusahaan mulai mencerminkan pratinjau video smartphone sehingga menyerupai cermin sehari-hari.

Tren ini segera muncul dan sekarang tersedia secara virtual di setiap layanan yang merekam video dari perangkat elektronik apa pun baik itu smartphone, tablet, laptop, atau kamera khusus.

Cara Mirror Kamera di Google Meet

Seperti yang saya sebutkan di atas, video dibalik/dicerminkan hanya untuk pratinjau Anda dan tampak tidak dicerminkan untuk pemirsa Anda.

Jadi, tidak perlu dibolak-balik.

Jika Anda masih ingin membalik video untuk peserta rapat di Google Meet, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan salah satu panduan di bawah ini, tergantung pada sistem Anda.

Mari kita cara mirror kamera di google meet di berbagai perangkat.

Windows

Catatan: Saat menggunakan aplikasi kamera default berfungsi untuk saya di sebagian besar perangkat, beberapa produsen diketahui membatasi fungsi untuk mirror video Anda di perangkat. Jika aplikasi kamera default Anda tidak mencerminkan video Anda, cukup downloa Snap Camera dan ikuti panduan di bawah ini. Anda tidak perlu menampilkan aplikasi Kamera di rapat Anda, sajikan pratinjau dari aplikasi Snap Camera Anda. (Pastikan Anda tidak sengaja menggunakan filter Snapchat di lingkungan profesional).

Luncurkan aplikasi kamera di sistem Windows 10 Anda.

Anda dapat mengklik tombol Start dan mencarinya. Setelah opsi aplikasi kamera ditampilkan, klik Open.

Sekarang aplikasi akan secara otomatis menampilkan pratinjau video tempat gambar Anda akan dibalik.

Luncurkan browser Anda dan bergabunglah ke rapat Google Meet tempat Anda ingin mempresentasikan video terbalik.

Klik Present now yang akan Anda lihat di sisi kanan bawah layar.

Pilih A Window.

Sekarang pilih jendela aplikasi kamera dengan pratinjau video terbalik Anda dan kemudian klik Share untuk memilihnya.

Feed video terbalik Anda dari pratinjau kamera sekarang akan ditampilkan ke semua peserta rapat.

MAC

Untuk membalik feed video saat menggunakan Google Meet di Mac, Anda harus terlebih dahulu meluncurkan aplikasi Quicktime Player di Mac di Launchpad.

Anda sekarang perlu membuat feed video virtual di dalam Quicktime Player yang dapat Anda lakukan dengan mengklik File di sudut kiri atas dan kemudian memilih opsi New Movie Recording.

Anda sekarang akan diperlihatkan layar perekaman QuickTime dengan pratinjau video.

Sekarang Anda dapat melanjutkan untuk meluncurkan Google Meet di Google Chrome, dan bergabung dengan rapat tempat Anda ingin menampilkan video yang dicerminkan/dibalik.

Di dalam layar rapat, klik opsi Present Now di bagian bawah layar Anda dan pilih opsi A Window.

Anda sekarang akan diminta untuk memilih jendela QuickTime yang ingin Anda bagikan dengan orang lain.

Jendela ini adalah tempat Anda dapat melihat pratinjau video terbalik dari video Anda.

Pilih jendela dan klik tombol Share di dalam dialog untuk mulai menampilkan video terbalik Anda.

Dan peserta rapat Anda sekarang seharusnya dapat melihat video yang dibalik dari feed kamera Anda.

Cara Mirror Kamera di Google Meet Dengan Ekstensi Chrome

Jika Anda mentransmisikan layar dan ingin membalik konten/video tertentu di halaman web, sebaiknya gunakan salah satu ekstensi Chrome ini.

Anda dapat menambahkan ekstensi Chrome Flip Screen jika Anda ingin membalik semua teks di halaman web yang Anda transmisikan.

Ekstensi ini membalik semua konten di halaman web.

Jika Anda hanya ingin membalik konten dalam video, sebaiknya gunakan ekstensi Video Mirror.

Ini akan membalik konten pada video dan juga kompatibel dengan Google Meet.

Cara Membalik Kamera di Google Meet Tanpa Membagikan Layar Anda

Metode yang telah saya jelaskan di atas memungkinkan Anda membalik tampilan kamera di komputer Anda melalui aplikasi kamera bawaan dan kemudian membiarkan Anda membagikannya sebagai presentasi untuk memberikan efek cermin.

Jika Anda tidak ingin membagikan layar Anda untuk dapat membalik tampilan kamera Anda tetapi ingin orang lain melihat versi cermin diri Anda langsung dari sumber kamera Anda, maka metode ini dapat membantu mencapai hal itu.

Anda harus mencatat bahwa saya menggunakan aplikasi pihak ketiga – Snap Camera untuk membuatnya bekerja dan jika Anda terbiasa dengan aplikasi ini di komputer Anda, mirroring konten dari kamera Anda akan menjadi urusan yang jauh lebih mudah.

Saya dapat membagi proses ini menjadi tiga bagian – Menginstal perangkat lunak Snap Camera, Menerapkan filter untuk membalikkan kamera Anda, dan Mengaktifkan Snap Camera di dalam Google Meet.

Instal dan Siapkan Snap Camera di laptop

Jika Anda terbiasa mendownload dan menginstal aplikasi untuk komputer Windows atau Mac Anda, maka Anda dapat langsung membuka halaman download Snap Camera.

Jika Anda tidak terbiasa dengan itu, Anda dapat melihat panduan yang saya siapkan di link di bawah ini untuk mendownload dan menginstal Snap Camera di PC Anda.

Setelah Snap Camera diinstal di laptop Anda, Anda tidak dapat langsung menggunakannya.

Anda perlu memberinya izin untuk mengakses kamera Anda karena system operasi modern memiliki serangkaian kontrol privasi dan keamanan yang diperluas.

Agar Snap Camera berfungsi, Anda harus mengaktifkan akses ke kamera Anda sehingga dapat mengubah input kamera dan mengubahnya sesuai dengan preferensi Anda.

Anda dapat mengaktifkan akses kamera pada PC Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Di Windows: Tekan pintasan Tombol Windows + I, buka Privacy > Camera, switch On toggles yang berdekatan dengan Allow apps to access your Camera dan Snap Camera.

Di Mac: Klik ikon System Preferences di Mac Anda, buka Security & privacy > Privacy > Camera, dan centang kotak di sebelah Snap Camera.

Cara Menerapkan Filter “Inverted” di Snap Camera

Ketika Snap Camera telah diberikan akses kamera, Anda dapat melanjutkan dan menerapkan salah satu filter yang tersedia yang memungkinkan Anda mirror feed kamera Anda.

Anda dapat menerapkan salah satu Snap Camera Lens dari link berikut: Link 1 | Link 2 | Link 3 | Link 4 | Link 5 .

Jika Anda tidak dapat menerapkan salah satu filter kamera ini, Anda dapat memeriksa filter buatan komunitas di dalam aplikasi Snap Camera dengan mencari “inverted”, “mirror”, atau “flip”.

Saat Anda memilih filter Snap Camera yang membalik feed visual dari kamera Anda, Anda seharusnya dapat melihat tampilan terbalik sebagai pratinjau langsung di aplikasi Snap Camera.

Anda sekarang siap untuk menggunakan filter pada sesi Google Meet.

Catatan: Snap Camera harus terbuka dan aktif sepanjang waktu hingga rapat ditayangkan.

Aktifkan Snap Camera sebagai input default Anda

Setelah Anda menerapkan tampilan terbalik atau cermin di dalam Snap Camera, saatnya Anda mengaktifkan Snap Camera di Google Meet.

Karena Google Meet hanya dapat diakses melalui browser web sekarang, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan browser web yang memungkinkan Anda mengubah perangkat input untuk berbagai situs web yang Anda kunjungi.

Misalnya, Google Chrome, Brave, dan Firefox – semuanya memungkinkan pengguna untuk menerapkan Snap Camera sebagai kamera default untuk situs web.

Tetapi hal yang sama tidak dapat berfungsi di Safari di macOS karena Apple membatasi aplikasi pihak ketiga untuk mengakses Safari karena alasan privasi.

Jadi, jika Anda menggunakan Google Chrome, Brave, atau Firefox, Anda dapat mengaktifkan Snap Camera di dalam Google Meet dengan join atau memulai rapat.

Setelah Anda berada di dalam rapat, klik tombol elipsis vertikal (ikon 3 titik) di sudut kanan bawah.

Sekarang, tekan Settings.

Di dalam dialog yang muncul, klik tab Video dari bar sisi kiri.

Dari sini, pilih Snap Camera sebagai kamera default Anda di dalam bagian Camera.

Anda dapat menutup kotak dialog ini dengan mengklik ikon X dari sudut kanan atas.

Ketika Anda berhasil membuat metode ini bekerja untuk Anda, Anda dapat melihat bahwa tangkapan layar telah menangkap layar rapat dengan teks yang dicerminkan dengan cara Anda dapat membacanya.

Jika ini tidak dicerminkan, tangkapan layar yang diambil akan menampilkan buku dengan teks terbalik.

Akhir Kata

Itulah cara mengatasi kamera terbalik di Google Meet di laptop atau hp.

Saya harap panduan ini membantu Anda memahami mitos di balik video yang dicerminkan di Google Meet.

Jika Anda menghadapi masalah atau memiliki pertanyaan untuk saya, jangan ragu untuk menghubungi saya menggunakan bagian komentar di bawah.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan