Inilah Cara Mematikan Google Smart Lock yang Mudah Dilakukan

Inilah Cara Mematikan Google Smart Lock yang Mudah Dilakukan
Daftar Isi Artikel


Renovasi Otak
- Untuk menjaga privasinya, kebanyakan orang akan menerapkan password di media sosialnya dan menggunakan fitur Google Smart Lock untuk menyimpan password tersebut. Password yang tersimpan di Google ini memang bisa sangat membantu. Apalagi ketika anda akan melakukan login dengan smartphone yang berbeda. Namun beberapa keadaan mungkin membuat anda perlu mengetahui cara mematikan Google Smart Lock ini.

Beberapa ponsel biasanya akan otomatis menyimpan password anda di akun Google yang tertaut. Pada saat itulah fitur Google Smart Lock ini bekerja. Ada banyak aplikasi yang password-nya bisa disimpan dengan fitur ini, antara lain Instagram, Facebook, Spotify, Wattpad, dan masih banyak lagi. Lantas sebenarnya apakah fitur Google Smart Lock ini dan bagaimana cara mematikannya? Simak penjelasannya berikut ini!

Sekilas Info tentang Google Smart Lock

Google Smart Lock merupakan satu dari beberapa fitur dan layanan canggih yang dibuat Google. Terlebih lagi untuk pengguna perangkat digital. Fitur ini mempunyai fungsi untuk memfasilitasi dalam mengamankan akun media sosial dan akun aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat anda saat ini.

Jika menggunakan fitur ini, artinya anda menyinkronkan kata sandi untuk semua perangkat yang tertaut dengan akun Google anda. Selain itu, fitur Google Smart Lock juga dapat digunakan untuk mengunci perangkat Android. Jadi, jika fitur ini aktif, kunci perangkat dapat dibuka oleh pemilik asli tanpa perlu memasukkan password-nya terlebih dahulu.

Terdapat beberapa opsi mode smart lock yang dapat anda terapkan. Mulai dari menggunakan perangkat terpercaya, menggunakan mode lokasi terpercaya, pengenalan suara, pengenalan wajah, hingga deteksi badan. Tentunya akan membuat ponsel sekaligus akun pengguna lebih aman.

Cara Mematikan Google Smart Lock

Password-password yang tersimpan secara otomatis di akun Google memang memberi banyak kemudahan. Namun beberapa keadaan bisa saja mengharuskan anda untuk menghapus semua password yang sudah tersimpan tersebut. Jadi, langkah yang perlu anda lakukan adalah menonaktifkan Google Smart Lock. Berikut ialah 3 cara yang bisa dilakukan agar dapat menonaktifkannya:

1. Melalui Pengaturan Ponsel

Cara mematikan Google Smart Lock melalui pengaturan ponsel yang pertama adalah membuka menu 'Pengaturan'. Carilah menu 'Google' lalu pilih akun yang akan dinonaktifkan fitur smart lock-nya. Setelah itu, geser ke kanan dan klik menu 'Keamanan'.

Klik 'Pengelola sandi' kemudian aplikasi yang ingin dilepaskan dari Google Smart Lock. Masukkan kata sandi, sidik jari, maupun pola yang menjadi kunci keamanan ponsel anda. Setelah itu, anda dapat menghapus password anda agar tidak dapat login secara otomatis lagi.

2. Gunakan Aplikasi Browser di Ponsel

Buka aplikasi browser di ponsel anda, lalu kunjungi website https://myaccount.google.com/. Login ke akun Google yang akan dinonaktifkan fitur smart lock-nya. Geser ke kanan dan pilih menu 'Keamanan' lalu klik 'Pengelola Sandi'.

Carilah aplikasi yang ingin dilepaskan dari Google Smart Lock. Selanjutnya, masukkan kata sandi akun Google anda. Setelah itu, barulah anda dapat menghapus password dari aplikasi tersebut.

3. Nonaktifkan Google Smart Lock di Laptop

Pertama, buka aplikasi Google Chrome di laptop anda. Pastikan untuk masuk dulu ke akun Google yang ingin dinonaktifkan fitur smart lock-nya. Ketuk lambang titik tiga pada sisi kanan bagian atas kemudian klik 'Setelan'. Selanjutnya pilih 'Sandi' dan cari situs yang ingin dilepaskan dari Google Smart Lock. Setelah itu, pilih 'Hapus Sandi'.

Itulah penjelasan singkat mengenai Google Smart Lock dan bagaimana cara mematikan Google Smart Lock yang mudah dilakukan. Cara ini dapat digunakan untuk semua aplikasi ataupun situs yang password-nya tersimpan di Google. Pada kenyataannya, segala hal yang terlihat sangat memudahkan juga mempunyai beberapa kelemahan yang bisa jadi merugikan. Jadi, bijaklah dalam menggunakannya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan