Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi pada HP

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi pada HP
Daftar Isi Artikel


Renovasi Otak -Baterai merupakan hal terpenting pada HP. Pasti Anda juga lebih menyukai HP yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Tapi terkadang karena sudah terlalu lama digunakan, baterai HP jadi lama terisi. Bagi Anda yang mengalami masalah ini, harus lebih memperhatikan perhatikan penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi baterai lama terisi pada HP berikut.

Pada umumnya semua baterai HP pasti berfungsi seperti normal, tapi dikarenakan pemakaian yang kurang baik, tentu bisa merusak baterai HP. Dan jika pengisian baterai HP sangat lama, tentu menjadi salah satu tanda bahwa baterai Hp sudah rusak. Berikut ini adalah penyebab beserta cara mengatasi baterai HP yang lama terisi yang harus Anda pahami:

1. Ganti Charger

Salah satu penyebab baterai HP lama terisi adalah rusaknya charger. Anda bisa memeriksa kerusakan terjadi pada kabel charger saja atau adapter charger juga. Jika kabel charger sudah rusak, tentu saja pengisian baterai akan sangat lama. Bahkan terkadang baterai HP bukannya terisi, namun semakin berkurang.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti charger. Anda bisa mencoba dengan mengganti kabel charger HP, jika baterai masih lama terisi, maka kabel sudah rusak. Jika kabel sudah diganti tapi masih lama terisi, maka adapter charger yang rusak. Sehingga Anda bisa mengganti charger yang baru.

2. Matikan Aplikasi yang Masih Terbuka

Jika saat pengisian baterai HP, Anda masih membuka dan menjalankan aplikasi, tentu pengisian baterai akan semakin lambat. Ditambah lagi jika aplikasi yang masih terbuka banyak, bisa menyebabkan HP jadi panas saat dicharge. Karena dengan membiarkan beberapa aplikasi HP tetap terbuka saat dicharge menyebabkan baterai HP tetap berjalan.

Solusinya adalah matikan dan tutup semua aplikasi yang masih terbuka. Biarkan HP Anda dicharge dengan kondisi HP yang tidak menjalankan apapun. Anda bisa memeriksanya dengan membuka tombol recent app yang ada di sebelah tombol home HP. Kemudian klik close all untuk mematikan semua aplikasi.

3. Jangan Mainkan Hp Saat Charge

Cara mengatasi baterai lama terisi selanjutnya adalah dengan tidak memainkan HP saat dicharge. Seperti penjelasan sebelumnya, saat charge Hp harus pastikan semua aplikasi tertutup. Dan jangan mainkan Hp saat charge, karena hal ini bisa menyebabkan baterai jadi cepat rusak dan membuat baterai semakin lama terisi.

4. Aktifkan Airplane Mode

Airplane mode adalah mode pada HP yang berfungsi untuk menonaktifkan beberapa fitur seperti data seluler, Wifi, Bluetooth, dan GPS. Dan airplane mode ini bisa diaktifkan jika sedang tidak menggunakan HP. Karena dengan menggunakan airplane mode ini, Anda bisa menghemat baterai HP.

Cara mengaktifkan airplane mode ini bisa Anda lakukan dengan membuka pengaturan, dan pilih connection. Lalu tekan airplane mode untuk mengaktifkannya. Setelah airplane mode aktif, HP tidak akan bisa mencari sinyal dan menerima telepon. Sehingga pengisian baterai bisa lebih maksimal dan tidak akan lama.

5. Gunakan Fitur Fast Charging

Fitur fast charging adalah fitur yang bisa membantu HP agar saat charge bisa semakin cepat. Fitur ini akan tersedia secara otomatis di beberapa HP. Khususnya, Hp keluaran baru yang telah menggunakan fitur fast charging ini salah satu komponen yang diunggulkan dalam spesifikasinya.

Tapi bagi Anda yang masih menggunakan HP yang tidak memiliki fitur fast charging, Anda bisa menggunakan charger fast charging. Saat ini ada banyak charger yang dijual dengan fitur fast charging. Jadi dengan menggunakan charger fast charging ditambah menjalankan 4 cara di atas lainnya, baterai HP Anda pasti akan cepat terisi.

Itulah 5 penyebab dan cara mengatasi baterai lama terisi pada HP. Jika baterai lama terisi tentu sangat menyebalkan dan mengganggu aktivitas yang harus dijalankan padanya. Oleh karena itu, Anda harus memastikan penyebab baterai semakin lama terisi tersebutm kemudian ikuti 5 rekomendasi cara yang telah diterangkan,  agar baterai HP bisa cepat terisi!

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan