5 Cara Mengatasi Handphone Ngelag dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Handphone Ngelag dengan Mudah
Daftar Isi Artikel

                 

Renovasi Otak - Handphone atau telepon genggam sekarang sudah bisa dibilang barang wajib untuk membantu kegiatan komunikasi sehari-hari. Tidak hanya itu ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan telepon genggam. Hanya saja, seringkali pengguna HP mengalami kejadian dimana sistem ponsel tiba-tiba berhenti berjalan atau ngelag. Artikel ini akan memberitahukan cara mengatasi handphone ngelag dengan mudah.

Keadaan dimana ponsel ngelag biasanya dipengaruhi oleh banyak hal dari dalam atau juga dari luar ponsel. Ponsel dalam keadaan ini akan menghambat sejumlah aktivitas, karena sistem yang sedang berjalan akan terhambat atau bahkan berhenti. Berikut ini akan membahas sejumlah alasan dan juga cara untuk mengatasi HP yang dalam keadaan ngelag. Cara ini bisa anda lakukan terlebih jika mengalami ngelag saat ponsel digunakan:

1. Mengurangi Kerja Sistem

Cara mengatasi handphone Ngelag yang pertama adalah mengurangi beban RAM. Masalah yang sering membuat HP ngelag adalah saat banyak aplikasi yang dibuka dan dijalankan. Hal tersebut tidak berbanding positif dengan kemampuan RAM. Oleh karena itu, untuk mengatasinya anda bisa dengan mudah menutup aplikasi yang sedang berjalan. Anda bisa memilih menutup semua aplikasi atau hanya menutup yang tidak terpakai saja.

2. Menghapus Aplikasi yang Kurang Penting

Permasalahan selanjutnya yang kerap kali menyebabkan ponsel ngelag adalah banyak aplikasi yang diunduh. Hal tersebut akan membebani RAM dan juga ROM dalam ponsel. Oleh karena itu, anda seharusnya bisa lebih bijak dalam memilih mana saja aplikasi yang dibutuhkan.

Dengan menghapus aplikasi yang tidak berguna, tentu akan membuat kapasitas untuk pergerakan sistem menjadi lebih efektif serta efisien. Kembali lagi anda bisa lebih bijak menentukan aplikasi mana yang akan dihapus. Gunakan aplikasi yang memang dibutuhkan agar tidak membuat memori ponsel semakin berat.

3. Menghapus Cache dari Aplikasi

Cara selanjutnya adalah mengurangi beban dari penyimpanan internal pada ponsel. Salah satunya yaitu dengan menghapus sampah aplikasinya. Sistem penyimpanan aplikasi pada ponsel biasanya akan menyimpan data berupa cache.

Data tersebut biasanya jumlahnya cukup besar, anda bisa mengurangi beban memori dengan menghapus cache tersebut. Caranya cukup mudah, masuk ke pengaturan dan pilih manajemen aplikasi. Disana nantinya anda bisa memilih aplikasi mana yang akan dihapus cache-nya.

4. Memeriksa Keberadaan Virus

Permasalahan selanjutnya yang kerap kali menyebabkan ponsel ngelag adalah adanya virus yang masuk pada perangkat lunak ponsel. Selain bersifat parasit, virus juga kadang membuat kemampuan ponsel melemah dan menyebabkan timbul banyak masalah. Oleh karena itu, anda bisa melakukan pemeriksaan virus pada ponsel, kemudian membersihkannya. Melalui cara ini diharapkan kinerja ponsel akan lebih baik dari sebelumnya.

5. Melakukan Update Sistem OS

Hal terakhir yang mungkin bisa jadi masalah pada ponsel adalah sistem OS yang sudah lama. Untuk itu, anda perlu melakukan update untuk meningkatkan fungsi dari banyak perangkat lunak lainnya. Jika tidak diperbarui, maka akan membuat ponsel menjadi lemot bahkan ngelag. Oleh karena itu, anda juga sebaiknya rajin untuk melakukan update sistem jika sudah ada sistem terbaru dari masing-masing pengembang. Perlu diketahui bahwa banyak pengembang OS yang terus memperbarui sistemnya.

Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi handphone ngelag dengan mudah. Anda bisa memilih dari beberapa cara diatas, mana yang paling sesuai dengan masalah ponsel anda. Tips tambahan adalah gunakan ponsel sesuai dengan spesifikasi yang ada, jangan terlalu berlebihan karena bisa saja membuat ngelag.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan