Cara Mengatasi Spam di Facebook Aman dan Cepat

 Cara Mengatasi Spam di Facebook Aman dan Cepat
Daftar Isi Artikel

Renovasi Otak - Anda pasti sangat jengkel melihat dinding profil Facebook anda yang dipenuhi dengan iklan-iklan tidak jelas. Apalagi iklan-iklan ini malah menutupi konten yang ingin ada lihat sebenarnya. Pada berbagai media sosial spam memang hal yang sangat menjengkelkan. Bagi anda pengguna Facebook sudah tidak usah khawatir, ada cara mengatasi spam di Facebook yang sangat aman dan efektif.

Lima cara ini tidak hanya aman dan efektif, namun juga sangat cepat untuk memancing respon cepat dari pihak Facebook. Dengan begitu, masalah spam ini bisa segera diatasi. Oleh karena itu, berikut ini adalah ulasan lima cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan spam yang bermunculan di akun Facebook anda:

1. Membatalkan Pertemanan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghentikan spam di dinding Facebook anda adalah membatalkan pertemanan. Spam biasanya dikirimkan oleh suatu akun fake atau mungkin akun promosi yang berteman dengan anda. Karena itu anda perlu memblokir sumber spam dan iklan itu dengan cara membatalkan pertemanan anda dengan akun yang sering spam dan iklan di dinding anda.

2. Memeriksa Log Aktivitas

Cara mengatasi spam di Facebook selanjutnya adalah mengecek log aktivitas. Ini penting, apalagi jika anda merasa selama ini tidak pernah menerima pertemanan dari akun-akun Facebook spam. Mungkin saja ada orang atau oknum yang membobol akun anda dan akhirnya menerima pertemanan dari akun-akun yang tidak jelas.

Anda bisa memeriksa log aktivitas login anda, apa ada log yang tidak dilakukan oleh anda. Jika memang ada log aktivitas yang mencurigakan, anda sangat perlu untuk segera mengganti sandi akun Facebook anda. Jauh lebih baik jika anda mulai menerapkan metode verifikasi kode login untuk masuk ke akun Facebook anda.

3. Menyeleksi Postingan yang Muncul di Dinding

Tidak banyak orang tahu bahwa Facebook memiliki fitur agar anda bisa menyeleksi postingan yang muncul di dinding akun anda. Caranya tinggal mengklik opsi pada suatu postingan yang muncul. Biasanya logonya seperti titik tiga.

Kemudian pilih ‘Saya Tidak Tertarik’, lakukan hal tersebut pada postingan-postingan yang anda anggap mengganggu dan spam. Seiring berjalannya waktu Facebook akan mengurangi tampilan konten serupa di dinding akun anda. Jadi, iklan spam yang mengganggu perlahan akan berkurang dan menghilang.

4. Keluar dari Grup atau Acara yang Sudah Tidak Aktif Lagi

Spam bisa saja berasal dari grup atau acara yang pernah anda ikuti pada Facebook. Biasanya anggotanya yang membagikan konten promosi ke dalam grup dan akhirnya muncul pada dinding akun anda. Untuk mengurangi spam tipe ini yang bisa anda lakukan adalah keluar dari grup dan acara. Terutama grup dan acara yang sudah tidak begitu aktif lagi dan tidak anda butuhkan lagi.

5. Melaporkan Secara Langsung pada Facebook

Jika spam yang muncul pada dinding akun anda sudah sangat parah bahkan sudah bermunculan konten negatif bahkan berbahaya. Anda sangat wajib untuk melaporkannya secara langsung pada pihak Facebook. Jangan lupa untuk mengumpulkan bukti terlebih dahulu, semakin  kuat buktinya semakin cepat respon dari pihak facebook.

Untuk melaporkan spam atau adanya konten bermuatan negatif lainnya. Bisa mengaksesnya ke menu ‘Pusat Bantuan Laman Facebook’. Anda bisa melaporkan dengan cara mengisi form yang disediakan atau mungkin ingin melaporkannya secara langsung melalui email dari Facebook.

Respon dari Facebook ini tergolong sangat cepat apalagi mengenai hal-hal bermuatan konten negatif. Kurang dari seminggu biasanya hasil dari peninjauan bisa anda dapatkan. Jadi, akun anda akan lebih aman dari spam dan iklan mengganggu lainnya.

Itulah lima cara mengatasi spam di Facebook yang mudah sekali dilakukan. Anda bisa memilih di antara lima cara di atas sesuai dengan tingkatan spam akun anda yang mengganggu. Jangan biarkan spam mengganggu aktivitas anda bermedia sosial dan berinteraksi dengan orang dalam akun anda.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan