Cara Menggunakan Wireshark untuk Bobol WiFi, Lengkap!

Cara Menggunakan Wireshark untuk Bobol WiFi, Lengkap!
Daftar Isi Artikel
Cara Menggunakan Wireshark untuk Bobol WiFi

Renovasi Otak - Bobol atau hack Wifi adalah salah satu cara mendapatkan akses internet yang gratis. Salah satunya cara termudah adalah menggunakan aplikasi Wireshark. Mau tahu cara menggunakan Wireshark untuk bobol Wifi? Simak selanjutnya pada artikel berikut ini!

Apa itu Aplikasi Wireshark?

Wireshark adalah aplikasi yang berupa Network Protocol Analyzer yang mana dapat membuat kita melihat data jaringan yang sedang beroperasi. Dengan begitu, kita bisa melihat data jaringan seperti jumlah data hingga trafficnya. Data yang dimaksud adalah koneksi jaringan.

Aplikasi Wireshark adalah perangkat lunak yang bersifat bebas sekaligus sumber terbuka atau open-source untuk menganalisis lalu lintas jaringan dan menyelesaikan masalah jaringan. Tak heran bila banyak hacker pemula yang menggunakan aplikasi ini. Namun, aplikasi ini lebih dikenal untuk bobol wifi daripada fungsi utamanya.

Fitur dari aplikasi Wireshark adalah sebagai berikut:

  • Capture real-time jaringan paket data dengan menggunakan piranti fisik NIC (Network Interface Card).
  • Informasi protokol jaringan paket data dan data statistik yang lengkap. 
  • Mengkonversi paket data menjadi file untuk diteliti di kemudian hari.
  • Memfilter paket data jaringan.
  • Mencari paket data dengan kualifikasi yang spesifik.

Apa Saja Fungsi Aplikasi Wireshark?

Berikut adalah beberapa fungsi aplikasi Wireshark yang perlu kamu pahami.

1. Menganalisis Kinerja Jaringan

Fungsi utama aplikasi Wireshark adalah untuk menganalisis kinerja jaringan. Biasanya orang yang menganalisis adalah network administrator. Semua jenis informasi yang terdapat di dalamnya dapat terlihat melalui teknik sniffing atau menyadap. Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat menganalisis transmisi paket data.

2. Menganalisis Lalu Lintas Jaringan Komputer

Lalu lintas jaringan sangat penting bagi para profesional, administrator, hingga peneliti dan pengembang piranti lunak jaringan. Network traffic atau lalu lintas jaringan ini adalah komponen yang dibutuhkan untuk menghitung manajemen bandwidth (kapasitas maksimal jaringan internet). 

3. Membaca Data Ethernet Secara Langsung

Seperti yang sudah kita bahas, Wireshark bekerja dengan teknik penyadapan. Oleh karena itu, data dari Ethernet dapat kita baca dengan mudah. Semua data LAN (Local Area Network atau Jaringan Area Lokal) bisa kita dapatkan secara langsung.

4. Mengetahui IP dan Pembicaraan Voice Over Pengguna

Menyadap jaringan juga bisa membuat kamu tahu IP dan pembicaraan voice over dari pengguna jaringan. Biasanya kegiatan ini sering dilakukan oleh para chatters melalui chatting room.

Bagaimana Cara Kerja Wireshark?

Melalui deskripsi fitur dan fungsi, aplikasi ini terlihat begitu sulit. Namun sebenarnya aplikasi ini sangat mudah. Aplikasi ini akan merekam semua paket data melalui interface yang digunakan. Uniknya, kamu bisa menggunakan aplikasi sekaligus membuka browser.

Hasil dari rekamannya bisa kamu analisis dan memfilter protokolnya seperti http, udp, mauapun tcp. Informasi mengenai cookie, post, dan request juga bisa kamu dapatkan dari rekaman tersebut. Jadi, secara sederhana cara bobol wifi menggunakan Wireshark terekam melalui interface.

Bagaimana Cara Menggunakan Wireshark untuk Bobol Wifi?

Cara Menggunakan Wireshark untuk Bobol WiFi

Untuk bobol wifi dengan mudah, berikut adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi Wireshark.

1. Install Aplikasi Wireshark

Pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi Wireshark pada tautan ini. Selain pada tautan tersebut, sejumlah penyedia layanan aplikasi juga menyediakan aplikasi tersebut. Setelah terunduh, pastikan untuk menginstalnya terlebih dahulu dalam laptop atau komputer yang kamu gunakan.

2. Double Click Aplikasi Wireshark dan Ctrl + K

Klik dua kali pada ikon Wireshark. Lalu, akan muncul Splash Screen Wireshark yang sedang proses loading. Setelah terbuka pastikan melakukan sistem capture atau bisa dengan menekan tombol Ctrl + K. Aplikasinya akan otomatis memunculkan dialog box untuk melakukan capture. Lalu, Capture Interfaces dan pilih Option.

3. Perhatikan Penghubung (Interface) Yang Digunakan

Selanjutnya, kamu memastikan interface yang terpasang. Interface adalah penghubung jaringan yang berupa Ethernet Card. Bila penghubung yang kamu gunakan bukan Ethernet Card segera ganti. Hal tersebut sangat krusial dalam keberhasilan pembobolan.

4. Jalankan Aplikasi

Setelah ketiga langkah persiapan awal berjalan dengan baik, selanjutnya jalankan aplikasi dengan menekan tombol Start. Secara otomatis, password jaringan Wifi yang menjadi target akan muncul. Tak lupa, lalu lintas jaringan, protokol, dan info lainnya mengenai jaringan tersebut akan muncul.

5. Tekan Tombol Stop

Jika password sudah masuk dari rekaman jaringan, tekan tombol Stop atau Alt + E. Setelahnya, kamu bisa mulai sniffing password dengan mengetikkan “http” pada kolom Filter. Pada umumnya, akan muncul kata “login” atau sebagainya. Klik kanan pada paket dengan info POST lalu follow TCP Stream.

Setelah tampilan info paket muncul, melalui halaman administrator kita dapat menemukan username dan password yang berwarna merah. Untuk data yang lebih detail, bisa kamu analisis satu per satu sesuai yang kamu butuhkan.

BACA JUGA: Aplikasi Pembobol WiFi Tanpa Root!

Sudah Tahu Cara Menggunakan Wireshark untuk Bobol Wifi?

Jika kamu membaca artikel ini sambil menjalankan aplikasi Wireshark, kamu akan mendapatkan informasi Wifi yang lengkap. Ketika kamu menganalisis data terakhir satu per satu juga tidak akan memakan waktu yang banyak. Oleh karena itu, cobalah dan berlatih menggunakannya. Selamat mencoba!


  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan