Instant: 9 Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindex Google Untuk Pemula

Instant: 9 Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindex Google Untuk Pemula
Daftar Isi Artikel
Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindex

Renovasi Otak - Cara agar postingan blog cepat terindeks Google adalah hal penting yang perlu dipelajari. Khususnya bagi blogger pemula. Ini adalah langkah awal ditemukan pengguna dan mendapat potensi traffic organik dari mesin pencari. 

Anda membuat konten hebat dan mempostingnya! Tetapi, jika blog baru, itu cenderung mengalami penundaan, sebelum posting ‘mengkilap’ berhasil masuk ke halaman hasil mesin pencari Google.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan, itu sangat relatif. Dapat berkisar antara 4 hari hingga 4 minggu atau bahkan lebih lama lagi. Tergantung pada kondisi popularitas situs (berapa banyak jumlah tautan masuk dari situs lain), struktur situs, dan dukungan server hosting.

Jika blog populer dan telah memiliki otoritas tinggi, secara alami postingan akan cepat diindex Google.

Apalagi jika situs secara teratur aktif mengupdate postingan baru. Inilah yang menjadi rahasia, situs berita populer seperti detik, kompas, tribun, dapat terindeks Google dalam hitungan detik.

Artikel ini akan mengulas rangkaian aktivitas yang mencakup teknik-teknik dasar yang terkadang diabaikan; sebagai solusi untuk cara agar postingan blog cepat terindeks Google.

Panduan Dasar Untuk Mempercepat Postingan Terindeks Google

Sumber: SearchEngineJournal.com

Anda berpotensi mencapai hasil yang lebih cepat bahkan hampir instan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Mari kita langsung saja mulai langkah pertama dan paling utama.

1. Siapkan Akun Google Search Console

Google Search Console adalah alat SEO penting yang memungkinkan Anda untuk mengambil kendali — yah, beberapa kendali — atas bagaimana Google mengindeks blog kesayangan Anda.

Siapa pun yang memiliki website dapat menggunakannya untuk memantau dan meningkatkan keberadaan situs di hasil pencarian mereka.

Alat hebat ini, 100% gratis! Yang Anda butuhkan hanya akun Google yang biasanya terintegrasi dengan email Gmail Anda

Tidak sulit untuk menggunakan alat SEO ini. Fitur-fitur yang disediakan cukup kompleks dan berdaya guna tinggi. Namun yakinlah, Anda dapat segera menyesuaikan diri dengan layanan gratis Google ini.

Fitur utama sebagai cara agar postingan blog cepat terindex Google adalah fitur submit sitemap dan inspeksi URL.

Jadi, saya akan berkonsentrasi pada cara pengiriman URL konten baru untuk perayapan, yang berarti bahwa Google akan memeriksa konten baru Anda lebih cepat dari biasanya (dalam beberapa menit, bukan hari atau minggu) dan dampaknya akan muncul di hasil pencarian lebih cepat.

Langkah awal, Anda perlu memverifikasi blog di Google Search Console. Ini melibatkan cara memasukkan URL yang tepat dari situs Anda dan menambahkan beberapa kode unik dari Google ke dalam blog Anda.

Tidak sulit! Anda hanya perlu mengikut langkah-langkah yang di instruksi Google melalui dashboard di alat tersebut.

Selanjutnya..

Kirim peta situs

Cara agar Blog terindex Google
Sumber: Garuda.website

Peta situs Anda adalah file yang berisi informasi halaman dan posting yang ada pada blog Anda. Anda wajib mengirim peta situs yang memungkinkan Google dapat lebih mudah untuk memahami apa pun yang terkandung dalam blog Anda.

Meskipun mesin pencari biasanya dapat memeriksa situs Anda tanpa file ini, mereka dapat melakukannya dengan lebih cepat saat Anda memiliki peta situs. Jika Anda ingin orang menemukan situs Anda melalui pencarian, membantu Google melakukan tugasnya adalah cara terbaik untuk mempercepat posting terindex.

Peta situs juga sangat berguna untuk website besar, situs yang sangat baru, situs dengan halaman yang tidak saling terhubung dengan baik (seperti beberapa arsip), dan situs yang berisi banyak konten media.

Anda mungkin sudah memiliki peta situs, yang dibuat secara otomatis. Jika Anda memiliki blog, sebagian besar platform memberi Anda file RSS, yang juga dapat Anda kirimkan sebagai peta situs (itu biasanya mencakup penambahan terbaru ke situs Anda).

Jika tidak, Anda dapat membuat peta situs secara manual atau menggunakan salah satu dari sejumlah alat pihak ketiga. Setelah Anda membuat peta situs dengan cara ini, Anda harus mengunggahnya ke blog Anda.

Selanjutnya, URL peta situs tersebut Anda submit di Alat Google Search Console.

Mengirim URL Halaman Posting “Inspeksi URL”

cara agar artikel muncul di Google
Sumber: Garuda.website

Kirim URL halaman blog Anda menggunakan fungsi 'Inspeksi URL”

Saat bidang teks terbuka, masukkan URL yang tepat dari halaman tempat Anda memiliki konten baru. Kemudian pilih 'enter' maka Google secara otomatis akan mencoba merender halaman terkait.

Anda akan diberitahu di layar Dashboard Google berupa informasi apakah URL halaman blog tersebut dapat diindex dengan baik atau mengalami masalah saat proses perayaban.

Anda kemudian dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang masalah ini sehingga Anda dapat mengatasinya. Namun, jika Google berhasil merayapi halaman yang Anda kirimkan, klik 'minta pengindeksan’.

Selesai satu tahap..

BACA JUGA: Tips Mendapatkan Featured Snippet Google

2. Siapkan Google Analytics

Jika Anda belum menggunakan Google Analytics, Anda akan segera tahu bahwa sumber daya yang kuat ini akan membantu Anda mempelajari banyak hal tentang pengunjung Anda. Temukan dari mana mereka berasal, apa yang mereka cari, halaman apa yang paling lama mereka kunjungi, dan banyak lagi.

Memasang Google Analytics dapat membantu memberi Google informasi awal tentang konten baru Anda.

Ikuti petunjuk untuk memasang kode Google Analytics yang unik untuk blog Anda. Ini berfungsi seperti perangkat pelacak yang memantau perilaku pengguna situs Anda dan melaporkan kembali kepada Anda melalui antarmuka Google Analytics. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membuat situs Anda lebih berguna atau lebih fokus, atau untuk membantu upaya pemasaran dan penjualan Anda.

Penyiapan Google Analytics juga tidak sulit, itu mirip dengan Google Search Console tadi. Anda hanya perlu menyiapkan akun Google. Selanjutnya mengikuti langkah-langkah di dashboard Google.

3. Ping Google Tentang Konten Baru Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress, blog Anda secara secara otomatis akan melakukan ping, setiap kali Anda memposting konten baru.

Ping ini semacam Anda berteriak keras agar orang-orang tahu bahwa Anda memiliki sesuatu yang baru.

Ini akan memberitahu mesin pencari yang relevan dan layanan pembaruan populer bahwa Anda telah menambahkan atau mengubah konten di situs Anda.

Jika tidak, gunakan Ping-O-Matic salah satu alat populer.

4. Kirim RSS Anda ke FeedBurner

Jika Anda memiliki file RSS, Anda dapat dan wajib melakukan ping ke alat RSS Google, FeedBurner.

Menggunakan RSS Anda untuk mengirimkan pembaruan di sini, berarti posting baru Anda dapat dilihat oleh lebih banyak orang dengan lebih cepat.

5. Bagikan Konten Baru Di Jejaring Sosial

cara agar artikel cepat terindex

Sekarang, selain peta situs dan sihir RSS yang disebutkan di atas, ini adalah cara agar postingan blog cepat terindex Google. Mudah dan sederhana. Berbagi konten baru di jejaring sosial paling populer adalah cara yang fantastis untuk mendatangkan lalu lintas ke situs Anda, asalkan konten Anda relevan dengan demografi menggunakan platform media sosial tersebut.

Dikombinasikan dengan memastikan bahwa situs Anda diindeks oleh Google dan memberi tahu layanan pembaruan populer bahwa Anda memiliki konten baru, menggunakan media sosial dapat memberikan peningkatan lalu lintas yang signifikan.

6. Bookmark Konten Anda

Seperti jejaring sosial, situs-situs raksasa ini dijelajahi oleh mesin pencari lebih sering daripada milik Anda. Membuat konten Anda diperhatikan oleh mesin pencari melalui situs bookmark, berarti situs Anda akan terlihat lebih cepat dan tautan eksternal ke situs Anda dari sumber terpercaya ini dapat meningkatkan peringkat dan lalu lintas organik.

Anda perlu berhati-hati untuk memilih situs bookmarks, beberapa tidak memiliki kualitas yang cenderung kemudian itu menjadi tautan SPAM.

Beberapa situs bookmarks terpercaya yang saya rekomendasikan diantaranya adalah Delicious, StumbleUpon, dan Scoop.It. Tiga ini sudah lebih dari cukup membuat Anda sibuk hehehe...

7. Miliki Strategi Konten Yang Konsisten

Konsistensi memposting artikel dan memperbaharuinya secara teratur, dibagikan, dan ditautkan dari berbagai sumber, akan memberi Anda manfaat yang luar biasa. Baik untuk cara agar postingan blog cepat terindex Google, juga berpotensi untuk mendapat peringkat yang lebih baik.

Seperti yang telah disinggung sedikit diatas, jika situs Anda diperbarui secara konsisten dan terus muncul di tempat yang tepat, Google akan mulai merayapi situs Anda lebih sering.

Google memiliki bot crawler yang canggih dan didukung mesin artificial intelligence. Ini memungkinkan mereka belajar dan memahami dengan lebih baik aktivitas blog secara mendalam. Frekuensi update posting Anda akan menjadi barometer seberapa sering mereka harus merayapi blog Anda.

Artinya, jika frekuensi posting blog Anda dilakukan setiap satu hari sekali, bot Google akan merayapi situs Anda setiap satu hari sekali. Dan jika Anda melakukan setiap satu detik, maka bot Google akan menginap di blog Anda; untuk melakukan ‘perayaban’ setiap satu detik sekali.

Sekarang Anda jadi tahu, mengapa berita-berita penting di web portal berita sangat cepat terindeks Google. Bahkan hanya beberapa detik setelah di posting.

8. Pastikan Teknikal SEO Anda Sempurna

Teknikal SEO adalah bagian dari cara memastikan bahwa, blog Anda dapat di crawling dengan baik oleh mesin pencari. Ini juga untuk memastikan agar mesin pencari dapat memahami kandungan situs, seperti apa yang Anda ingin mereka ketahui.

Jika Anda menggunakan blogspot, Anda perlu memastikan pengaturan robots.txt untuk memastikan apa yang dapat crawling dan tidak perlu dicrawling oleh mesin pencari.

Sementara, jika Anda membangun blog dengan CMS Wordpress, sebagian besar proses teknikal SEO dapat dilakukan dengan baik oleh plugin SEO yang bahkan pada versi gratis.

Selanjutnya, memastikan bahwa server hosting yang Anda gunakan berkinerja baik. Blogspot tidak bermasalah dengan itu. Karena menggunakan hosting terbaik yang disediakan oleh Google secara gratis.

Blog Wordpress yang menggunakan self hosted perlu mendapat perhatian spesifikasi server. Pastikan menggunakan yang terbaik dengan uptime yang sempurna. Sehingga ketika tiba-tiba bot crawler datang, situs Anda dalam kondisi online.

8. Link Building Yang Solid

cara agar blog muncul di google

Link Building adalah serangkaian upaya untuk membangun tautan yang membantu pengguna dan mesin pencari menemukan halaman situs Anda dengan baik. Baik upaya mendapat tautan dari situs orang lain yang memiliki otoritas tinggi, maupun membangun tautan internal antar halaman situs Anda. Ini mencakup pengaturan menu navigasi.

Tautan adalah alat navigasi yang sangat penting dalam membangun struktur situs agar mampu memberi pengalaman pengguna yang baik.

Dan tidak hanya itu, tautan adalah faktor yang berkontribusi terhadap peringkat website.

Mari kita lihat lebih dalam lagi..

Internal Link Building

Tautan internal adalah jenis tautan yang menghubungkan antar halaman web di dalam situs Anda. Paling umum, tautan internal digunakan untuk navigasi, tetapi ada juga beberapa cara untuk menggunakan tautan internal untuk tujuan pengoptimalan pencarian.

Tautan berfungsi sebagai sinyal peringkat ke Google berdasarkan konsep ekuitas tautan, atau kekuatan peringkat.

Sekitar dua dekade lalu, Google mengembangkan algoritma PageRank khusus untuk menghitung seberapa otoritatif halaman tersebut. Semakin banyak tautan masuk yang dimiliki suatu halaman, semakin bermanfaat tampilannya bagi Google.

Dalam perspektif cara agar postingan blog cepat terindex Google, tautan internal akan membantu mesin pencari untuk menemukan halaman-halaman postingan Anda dengan lebih baik.

Jika Anda telah memiliki halaman blog yang sudah terindeks dan Anda menempatkan tautan disana mengarah ke halaman yang belum terindeks, maka itu akan membantu percepatan halaman terkait untuk lebih cepat ditemukan Google.

Bot Crawler menemukan halaman dengan cara mengikuti setiap tautan yang ada pada halaman web.

Membuat Backlink

Sebagian besar mesin pencari, khususnya Google; lebih memprioritaskan proses crawling berdasarkan tingkat popularitas situs.

Jika blog Anda baru, Google mungkin belum menganggap penting untuk memberi Anda perlakuan khusus.

Menurut Dedi Ariko, SEO Expert dari Garuda Website, salah satu perusahaan penyedia layanan SEO di Indonesia, backlink atau tautan masuk dari situs eksternal; menjadi semacam sinyal yang digunakan mesin pencari seperti Google dalam mengukur tingkat popularitas website.

Artinya, semakin banyak situs Anda mendapat tautan dari situs lain maka akan dianggap semakin populer.

Situs populer akan mendapat prioritas dan tidak hanya itu, ini juga berpotensi memberi dampak peringkat yang lebih baik di halaman mesin pencari.

Inilah alasan mengapa peringkat 10 besar di mesin pencari selalu didominasi oleh situs-situs populer.

Popularitas dalam perspektif dunia internet, itu dinilai berdasarkan kuantitas dan kualitas tautan yang dimiliki.

BACA JUGA: Jasa Backlink Media Nasional

Tautan dari situs eksternal juga menjadi jalur bot crawler lebih cepat menemukan halaman web Anda. Dalam perjalanannya, itu membawa link juice bernilai tinggi untuk peringkat.

Blogger perlu serius mencurahkan daya untuk berupaya memperoleh backlink yang cukup dalam meningkatkan popularitas situs. Atau, menggunakan layanan link building berpengalaman untuk memperoleh tautan berkualitas yang efektif, terukur, dan memberi dampak SEO yang lebih baik.

Kesimpulan

Konsisten dengan langkah-langkah agar postingan blog cepat terindex Google yang telah diulas diatas, bukan hanya bekerja untuk mempercepat proses indeksasi. Lebih dari itu, ini menjadi langkah awal Anda untuk sukses sebagai blogger.

Menerapkan beberapa teknik ini, mungkin berarti membawa Anda dalam kurva belajar, tetapi yakinlah, Anda akan segera menguasainya. Hasil tidak pernah menghianati proses!

Pastikan teknik ini menjadi bagian dari strategi blogging Anda.

Ketika Google cukup terkesan dengan jadwal publikasi dan peningkatan popularitas situs Anda, itu akan membawa Anda pada level lebih lanjut. Menjadi salah satu yang terdepan di niche Anda.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan