Cara Bikin Thumbnail Youtube di Hp dan PC

Cara Bikin Thumbnail Youtube di Hp dan PC
Daftar Isi Artikel

Renovasi Otak -Ada dua alternatif yang dapat dipilih sebagai cara bikin thumbnail Youtube yakni memakai HP atau PC. Bagi yang ingin hasil lebih detail dan mulus maka bisa memilih opsi memakai PC. Sedangkan bagi yang ingin lebih praktis dan instan, maka membuat thumbnail via HP lebih disarankan. Ingin tahu lebih lanjut mengenai informasi yang menarik ini? Baca saja ulasan yang dihadirkan di bawah ini dengan cermat!

Bila Membuat Thumbnail dengan HP

Cara bikin thumbnail Youtube di HP lebih simpel karena tidak memerlukan banyak tools untuk memperindah tampilan thumbnail. Ada juga aplikasi seperti Canva yang sudah menyediakan template, yang tinggal diubah tulisannya, lalu ditambahkan foto Anda ataupun ekspresi wajah yang sesuai dengan topik video. Berikut ini langkah yang dapat dilakukan:

1. Unduh Aplikasi Edit Foto untuk Thumbnail

Pengguna bisa mengunduh dua atau tiga aplikasi untuk mengedit thumbnail yang diinginkan. Beberapa kegunaan aplikasi yang dibutuhkan di antaranya penghapusan background, template yang mudah dipilih, dan pilihan kata yang bisa diedit. Sebagai contoh, ada Canva, PicsArt, Background Eraser, dan masih banyak lagi.

2. Tentukan Gambar Thumbnail

Untuk memancing rasa penasaran penonton, Anda dapat memilih foto Anda maupun mengambil ekspresi wajah dari internet yang sesuai dengan topik pada video unggahan. Pikirkan bahwa pesan yang disampaikan video akan terpahami berkat adanya thumbnail yang ditampilkan. Selain itu penonton menjadi tertarik untuk membuka video yang diunggah.

3. Sesuaikan Background Thumbnail

Bila latar foto yang dipilih kurang sesuai, Anda dapat menggunakan aplikasi edit foto tadi untuk menghapus latar. Agar tidak terkecoh dengan alat edit yang rumit, Anda bisa juga langsung memakai Background Eraser yang mendukung penghapusan latar secara langsung.

4. Tambah Tulisan Pendukung

Pemilihan font dan kata yang tepat dapat membuat penonton tertarik. Terkadang, penonton tidak membaca jelas judul video yang ditonton. Namun, penonton tetarik melihat judul video yang tampak jelas di bagian thumbnail.

Untuk melakukan hal ini, anda sangat disarankan untuk memakai aplikasi editing Canva. Lantaran pada aplikasi ini telah tersedia aneka template yang dapat dipergunakan secara praktis dan mudah. Sehingga pengguna seperti anda hanya perlu menyesuaikan kata-kata dengan jenis video yang akan diunggah.

5. Pasang Thumbnail ke Unggahan Video

Setelah foto thumbnail jadi dan disimpan, Anda tinggal mengganti thumbnail video dengan foto yang sudah diedit tersebut. Di bawah ini langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Unggah video yang diinginkan ke Youtube;
  • Setelah diunggah, buka Youtube Studio;
  • Klik di video yang ingin diganti thumbnail-nya, lalu tekan ikon pensil di pojok kanan atas untuk mengedit video;
  • Setelah halaman edit terbuka, klik lagi ikon pensil di pojok kiri video;
  • Lalu, halaman pilihan thumbnail terbuka dan pilih ubah untuk membuka file di HP; dan
  • Pilih foto yang sudah diedit, kemudian simpan video yang sudah diganti dengan thumbnail tersebut.

Jika Membuat Thumbnail di Laptop atau PC

Untuk membuat thumbnai via PC, pengguna harus mengedit gambar dan tulisan di salah satu aplikasi desain grafis. Contohnya Adobe Spark, Adobe Photoshop, dan Corel Draw. Setelah desain selesai, pengguna dapat menyimpan gambar dengan format JPEG.

Lalu, dii halaman Youtube yang ada pada browser PC, pilih YouTube Studio. Kemudian edit thumbnail dengan menekan ikon pensil. Ubah thumbnail dengan memilih foto editan dari PC. Simpan video yang sudah diedit di halaman Channel Anda.

Selain mengganti thumbnail agar lebih bagus, Anda juga perlu memperhatikan aturan Youtube dalam pengubahan thumbnail yang berlaku. Thumbnail yang diunggah sebaiknya tidak mengandung unsur penghinaan SARA dan pornografi. Dengan aturan ketat ini, pihak Youtube bisa menurunkan video hingga tidak bisa dilihat maupun ditayangkan melalui Youtube.

Demikian cara bikin thumbnail Youtube untuk menarik animo penonton. Bagaimana, cara yang diuraikan di atas sudah cukup jelas dan mudah untuk diikuti bukan? Jadi tunggu apa lagi? Segera buat thumbnail terbaik untuk video yang diunggah pada aplikasi Youtube! Agar bisa mengoptimasi jumlah viewer dan subscriber di waktu yang akan datang!

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan