3 Cara Cek "Fast Charging" Semua Tipe HP Android

3 Cara Cek "Fast Charging" Semua Tipe HP Android
Daftar Isi Artikel
cara cek fast charging HP

Renovasi Otak - Fast Charging sekarang tersedia di sebagian besar smartphone modern, termasuk yang berasal dari wilayah kelas menengah. Namun, ada banyak kebingungan di antara pengguna tentang apakah HP mereka mendukung Fast Charging atau standar pengisian daya yang digunakannya. Nah, jangan khawatir. Berikut adalah tiga cara cepat untuk memeriksa apakah HP Anda memiliki kemampuan pengisian cepat dan berapa kecepatan pengisian sebenarnya.

Cara Mengetahui HP Support Fast Charging atau Tidak

Biasanya, smartphone dengan dukungan Fast Charging dilengkapi dengan pengisi daya cepat yang kompatibel di dalam tabel. Namun, itu tidak selalu benar. Banyak HP murah dibundel dengan adaptor pengisi daya standar yang memiliki Fast Charging.

Plus, ada variasi besar dalam teknologi pengisian daya yang digunakan oleh merek di smartphone mereka. Berikut cara cek Fast Charging HP Vivo, Xiaomi, Oppo, Realme, Samsung, ASUS, dan merek lainnya dengan mudah.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Baterai HP Lama Terisi

1. Cek Spesifikasi HP Anda

Cara termudah untuk mengetahui apakah ponsel Anda mendukung Fast Charging adalah dengan cek halaman produk di situs web produsen. Buka situs merek, pilih ponsel Anda dan periksa bagian spesifikasi.

Di sini, Anda dapat melihat teknologi pengisian daya dan output daya (18W, 30W, 65W, dan seterusnya - semakin besar angkanya, semakin cepat pengisian dayanya). Sebagian besar merek juga menyebutkan spesifikasi pengisi daya. Atau, Anda dapat mencari informasi di kotak telepon atau buku petunjuk.

Anda juga dapat memeriksa peringkat keluaran pengisi daya yang disertakan untuk mengidentifikasi apakah perangkat mendukung pengisian cepat. Tetapi ini tidak akan berhasil jika pabrikan telah mengirimkan pengisi daya biasa atau yang kurang kuat untuk menghemat biaya.

Apakah Fast Charging Tidak Termasuk dalam Tabel?

Jika HP Anda mendukung Fast Charging, tetapi pabrikan belum menyertakan pengisi daya cepat di dalam kotak, periksa standar pengisian daya dan watt yang didukung. Anda kemudian dapat membeli pengisi daya cepat yang kompatibel dari pasar atau dari merek itu sendiri (jika tersedia).

Berhati-hatilah saat membeli pengisi daya pihak ketiga. Banyak perangkat mendukung teknologi pengisian daya eksklusif- misalnya, OnePlus memiliki Warp Charge, Vivo menggunakan Flash Charging, Huawei memiliki teknologi SuperCharge sendiri.

2. Cari Pesan "Fast Charging"

Saat ponsel Anda mengisi daya dengan cepat, itu akan menampilkan "Fast Charging", "Quick Charging", dll di layar kunci. Ini akan sering disertai dengan animasi pengisian daya yang keren.

Misalnya, HP Xiaomi menunjukkan gambar booster charge, dengan pesan "Charge Turbo" untuk menunjukkan bahwa mereka mengisi daya dengan cepat.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mengukur Kecepatan Pengisian

HP Anda tidak menunjukkan indikasi fast charging? Jangan khawatir, Anda masih dapat memverifikasinya dengan memeriksa kecepatan pengisian waktu nyata melalui aplikasi pihak ketiga.

Instal Ampere dari Google Play Store. Buka aplikasi, colokkan pengisi daya Anda dan periksa arus pengisian daya. Anda juga dapat menginstal aplikasi AccuBattery , yang menunjukkan ampere pengisian dan juga kecepatan per jam.

Coba ini saat baterai ponsel Anda lemah, karena sebagian besar ponsel mengurangi kecepatan pengisian daya pada tingkat baterai yang lebih tinggi. Plus, pengisian daya dibatasi saat layar menyala (perangkat sedang digunakan) atau jika perangkat panas karena alasan yang jelas. Jadi, simpanlah catatan itu.

Apakah Fast Charging Berdampak Buruk untuk HP?

Ada banyak perdebatan tentang apakah Fast Charging dapat meledakkan ponsel atau memengaruhi masa pakai baterai. Nah, pengisian lebih cepat memang menghambat siklus hidup secara keseluruhan dalam jangka panjang.

Namun, produsen mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan seperti menggunakan baterai sel ganda dan mengendalikan kecepatan untuk mengelola panas.

Ini adalah tiga cara mudah untuk cek apakah HP Anda mendukung fitur Fast Charging dan apakah itu benar-benar mengisi daya pada kecepatan itu. Saya harap ini membantu Anda mendapatkan kejelasan tentang standar pengisian daya yang diterapkan oleh pabrikan pada perangkat Anda. Ngomong-ngomong, teknologi pengisian daya apa yang dimiliki smartphone Anda? Beri tahu saya di komentar di bawah.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan