Cara Cek Pengguna Wifi Indihome dari HP dan PC

Cara Cek Pengguna Wifi Indihome dari HP dan PC
Daftar Isi Artikel


Renovasi Otak -Wifi merupakan penyalur jaringan internet yang bisa digunakan oleh beberapa pengguna. Saat ini ada banyak rumah pribadi yang menggunakan Wifi, karena bisa menghemat pemakaian kuota setiap anggota keluarga. Tapi bagi Anda yang menggunakan Wifi harus waspada juga terhadap pencurian akses Wifi. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara cek pengguna Wifi Indihome.

Anda bisa memblokir pengguna yang mengakses Wifi Anda tanpa izin, setelah mengetahui pengguna mana saja yang sedang menggunakan Wifi. Karena saat ini, ada banyak tetangga ataupun orang lain yang dengan sengaja membobol password Wifi demi mendapatkan akses Wifi gratis. Berikut ini adalah cara memeriksa pengguna Wifi Indihome melalui PC dan HP:

Cara Cek Pengguna Wifi Melalui PC

Cara cek pengguna Wifi Indihome bisa dilakukan melalui PC dan juga Hp. Pertama akan dibahas terlebih dahulu tentang cara cek pengguna Wifi melalui PC. Terdapat dua cara untuk memerika pengguna Wifi melalui PC, yaitu melalui cmd dan website router Wifi.

1. Cek Pengguna Wifi Melalui CMD

Cara pertama adalah dengan menggunakan CMD. CMD ialah sebuah perintah dalam bentuk teks pada PC. Beberapa fungsi umum CMD adalah untuk menghentikan program, memperbaiki kerusakan pada hardisk, memerika baterai laptop dan lainnya. Selain itu CMD juga bisa digunakan untuk memeriksa pengguna Wifi, berikut ini adalah caranya:

  • Buka CMD melalui start dan ketik CMD;
  • Ketik net view pada CMD;
  • Untuk melihat daftar pengguna, ketik arp -a dan klik enter; dan
  • Daftar pengguna Wifi akan muncul dan tinggal diblokir yang tidak sesuai.

2. Cek Pengguna Wifi Melalui Website Router

Router ialah perangkat yang berguna untuk menghubungkan jaringan dengan perangkat lainnya. Router Wifi Indihome sendiri terdiri dari beberapa merek sepeti ZTE, Huawei, Fiberhome dan lainnya. Anda bisa menyesuaikan link website sesuai dengan merek router, di bawah ini adalah langkah-langkah cek pengguna Wifi dari router ZTE:

  • Cek IP Indihome di belakang router, dan ketik buka pada browser, umumnya menggunakan 168.1.1;
  • Ketik username dan password;
  • Buka network dan pilih WLAN;
  • Pilih associated devices dan tekan refresh; dan
  • Daftar IP Address pengguna Wifi akan muncul.

Cara Cek Pengguna Wifi dari HP

Selain melalui PC, memeriksa pengguna Wifi Indihome juga bisa dilakukan dari HP. Bagi Anda yang tidak mau ribet dan sedang tidak menggunakan laptop, bisa gunakan HP untuk memeriksa. Terdapat dua cara untuk memeriksa pengguna Wifi di HP, yaitu melalui aplikasi Wifi Monitor dan aplikasi Fing, seperti berikut:

1. Cara Memeriksa Pengguna Wifi Melalui Wifi Monitor

Wifi Monitor merupakan aplikasi yang menyediakan informasi tentang jaringan pada Wifi. Beberapa informasi tersebut adalah informasi umum Wifi, nets, power dan lainnya. Salah satu fungsinya adalah untuk memeriksa pengguna pada Wifi Anda. Di bawah ini adalah langkah-langkah memeriksa pengguna Wifi di Wifi Monitor:

  • Hubungkan HP dengan Wifi yang ingin diperiksa;
  • Unduh aplikasi dan jalankan aplikasi;
  • Buka menu devices; dan
  • Akan muncul daftar perangkat yang terhubung dengan Wifi.

2. Cara Memeriksa Pengguna Wifi Melalui Fing

Aplikasi HP lainnya yang bisa memeriksa pengguna Wifi adalah Fing. Pada aplikasi ini, Anda bisa memeriksa kecepatan Wifi, melihat daftar pengguna Wifi, dan memeriksa pengaturan Wifi lainnya. Fing juga berukuran sangat ringan, sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa khawatir akan memakan banyak memori. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Hubungkan HP dengan Wifi yang ingin diperiksa;
  • Unduh aplikasi dan jalankan aplikasi;
  • Klik scan for devices; dan
  • Maka akan muncul nama dan daftar perangkat pengguna Wifi.

Itulah cara cek pengguna Wifi Indihome melalui PC dan HP. Anda bisa memilih ingin menggunakan PC atau HP sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, gunakanlah password Wifi yang aman agar Wifi tidak digunakan oleh tetangga lain. Jika ada daftar pengguna Wifi yang tidak dikenal, segera langsung blokir.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan