Cara Melihat Cadangan WhatsApp di Google Drive yang Paling Praktis

Cara Melihat Cadangan WhatsApp di Google Drive yang Paling Praktis
Daftar Isi Artikel


Renovasi Otak -Pengguna WhatsApp tentunya tidak asing lagi dengan fitur cadangan yang dikirimkan via email atau melalui Google Drive. Tujuan pembuatan fitur ini adalah agar penggunanya merasa tidak perlu khawatir atau takut ketika ponselnya rusak atau datanya hilang. Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui cara melihat cadangan WhatsApp di Google Drive untuk mengembalikan riwayat percakapan?

Memang bukan perkara sulit untuk melihat cadangan WhatsApp yang sudah dikirimkan melalui Google Drive, namun beberapa pengguna mungkin masih bingung. Hal ini bisa saja disebabkan oleh banyaknya data yang tertumpuk dan membuat Anda tidak sadar. Oleh karena itu, pembahasan kali ini khusus akan disampaikan mengenai cara melihat cadangan WhatsApp di Google Drive sebagai berikut:

1. Siapkan Aplikasi WhatsApp

Sebelum melakukan langkah pertama, Anda harus memastikan bahwa fitur cadangan telah aktif dan diperbarui setiap hari. Hal ini perlu diingat lebih dalam agar Anda tidak merasa kecewa atau bingung jika tidak ada file cadangan di Google Drive. Setelah memastikannya maka selanjutnya adalah mengunduh dan mempersiapkan aplikasi WhatsApp.

2. Buka Google Drive pada Akun yang Benar

Langkah kedua adalah masuk ke aplikasi Google Drive dan sesuaikan akun yang sudah Anda ingat sebelumnya pada pengaturan WhatsApp. Ada sedikit saran bagi Anda yang lupa akun email atau tidak memilikinya lagi pada akun Google Drive. Yakni ada profil, coba Add another account dan pilih forgot email agar Google dapat membantu Anda untuk mengembalikan akun yang diinginkan.

Sebaiknya Anda juga menyesuaikan pengaturan tujuan email cadangan yang aktif dan ada di smartphone Anda, agar memudahkan nantinya. Serupa pada langkah sebelumnya, yaitu mengunjungi pengaturan Chats pada WhatsApp. Kemudian pilih email aktif yang diinginkan untuk menjadi tujuan ketika WhatsApp melakukan cadangan.

3. Pilih Opsi Cadangan pada Google Drive

Pada sudut kiri atas, Anda akan menemui simbol garis tiga dan klik simbol tersebut sebagai langkah berikutnya. Kemudian akan muncul berbagai pilihan menu mulai dari file yang terbaru hingga jumlah penyimpanan yang sudah terisi. Pilih menu Cadangan atau Backups sebagai tempat mencari cadangan percakapan dari WhatsApp.

4. Sesuaikan Folder yang Ada

Membuka menu cadangan dalam Google Drive biasanya memang memerlukan beberapa waktu karena prosesnya yang cukup lama. Berikutnya dalam cara melihat cadangan WhatsApp di Google Drive adalah memilih folder yang sesuai pada menu Cadangan Google Drive. Pilih folder yang bernama WhatsApp dan diikuti nomor telepon Anda serta memiliki waktu pencadangan terbaru.

5. Kembalikan Cadangan pada Smartphone

Sebenarnya langkah sebelum ini sudah cukup untuk mengetahui bagaimana cara melihat cadangan WhatsApp di Google Drive. Akan tetapi, Anda dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengembalikan riwayat chat WhatsApp. Masuk ke Aplikasi WhatsApp, masukkan nomor, jika muncul notifikasi pencadangan maka pilih pulihkan, tunggu prosesnya, dan selesai.

Untuk mengatur back up Anda dapat masuk ke WhatsApp dan kunjungi pengaturan yang disimbolkan seperti titik tiga pada bagian atas kanan. Setelah itu, masuk ke manu Chats dan scroll ke bawah hingga menemukan Chat Backup. Sesuaikan pengaturan pencadangan menjadi setiap hari dan pilih email yang aktif.

Itulah tahap-tahap dalam cara melihat cadangan WhatsApp di Google Drive yang harus Anda lakukan agar dapat mengembalikan riwayat. Selain itu, pastikan juga email yang Anda buka sama dengan email yang Anda atur dalam cadangan WhatsApp. Bagaimana? Instruksi yang diterangkan pada ulasan di atas sangat praktis untuk dijalankan bukan?

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan