Inilah Cara Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terbaca Terpraktis

Inilah Cara Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terbaca Terpraktis
Daftar Isi Artikel
cara memperbaiki memory card tidak terbaca

Renovasi Otak -Memori card digunakan sebagai ruang penyimpanan tambahan di HP. Pengguna HP yang merasa ruang penyimpanannya terlalu sedikit, biasanya akan memilih menggunakan memori card. Namun, beberapa pengguna mengalami kendala dengan memori card. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Karena itulah baiknya pengguna mengetahui sebab dan cara memperbaiki memori card yang tidak terbaca beserta langkah-langkahnya ini.

Sebab Memori Card Rusak

Memori card yang tiba-tiba rusak dan tidak bisa terbaca bukan berarti terjadi begitu saja tanpa alasan. Penyebabnya bisa dari pengguna atau cara pemakaiannya. Di bawah ini adalah dua alasan yang mungkin bisa menyebabkan memori card jadi tidak bisa terbaca.

1. Permukaannya Tergores atau Kotor

Memori card memiliki lapisan lempeng emas bergaris pada permukaannya. Lapisan inilah yang dideteksi oleh HP untuk membaca data-data di memori card. Dari lapisan ini juga, memori card bisa terdeteksi sudah dimasukkan ke HP. Jika bagian ini kotor atau terdapat goresan, maka memori card tidak dapat terdeteksi.

2. Terkena Virus

Sebab kedua yang sangat sering membuat memori card tidak terbaca adalah adanya virus. Virus yang masuk dalam memori card, membuatnya menjadi tidak terdeteksi atau data tidak terbaca. Virus ini bukan hanya merusak memori card, HP juga bisa tertular virus ini, jika memori card dibiarkan saja di dalamnya.

Kabar baiknya, memori card yang rusak karena terkena virus bisa diperbaiki kembali. Virus di memori card dan hp bisa dibersihkan dan memori card bisa digunakan kembali. Namun, dalam penggunaannya kembali, anda harus berhati-hati dalam berselancar di internet agar tidak terkena virus lagi.

Cara Memperbaiki Memori Card

Setelah mengetahui penyebab memori card tidak terbaca di atas, semestinya anda juga mengetahui bagaimana cara memperbaikinya. Cek memori card anda. Jika memori card tidak tergores, maka gunakan cara memperbaiki memori card yang tidak terbaca beserta langkah-langkahnya berikut.

1. Bersihkan Memori Card

Anda bisa membersihkan memori card. Lepaskan memori card dari HP. Gunakan kain lembut, cotton bud, atau tisu lembut untuk membersihkan permukaan memori card. Jangan biarkan debu atau noda menempel pada memori card terutama pada lapisan emasnya. Setelah bersih, pasang kembali.

2. Format Memori Card dari Hp

Cara kedua ini digunakan apabila memori card tidak terbaca karena terkena virus. Namun, perlu diingat bahwa cara ini bisa membuat data-data anda di dalam memori card terhapus. Masuk ke bagian pengaturan di HPp. Cari bagian penyimpanan dan pilih opsi More. Pilih opsi Format/Erase SD Card. Tunggu beberapa saat dan memori card anda bisa digunakan seperti normal kembali.

3. Format Memori Card dengan Program CMD

Alternatif lain untuk mengatasi memori card tidak terbaca adalah dengan melakukan format menggunakan program CMD. CMD ini adalah program yang secara default terdapat disetiap laptop/PC. Masukkan memori card pada HP. Sambungkan HP tersebut dengan laptop/PC menggunakan kabel USB. Pada laptop/PC, tekan shift lalu klik kanan.

Pilih opsi Open command window here. Lalu tuliskan FORMAT Z:/FS:FAT pada jendela hitam yang muncul. Perlu diketahui bahwa huruf Z di situ adalah lokasi penyimpanan memori card yang terbaca di laptop/PC. Tekan enter dan tunggu prosesnya selesai.

Demikian cara memperbaiki memori card yang tidak terbaca berserta langkah-langkahnya. Semoga cara di atas bisa membantu. Selalu jaga kebersihan memori card dan hati-hati dalam mengakses situs-situs atau aplikasi di internet.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan