Cara Memperluas Jaringan WiFi di Rumah dan Kantor, Mudah!

Cara Memperluas Jaringan WiFi di Rumah dan Kantor, Mudah!
Daftar Isi Artikel

Cara Memperluas Jaringan WiFi

Renovasi Otak - WiFi telah menjadi kebutuhan dasar manusia. Kemana pun saya pergi, saya mencari WiFi untuk terhubung. Jadi kita membutuhkan WiFi kemanapun kita pergi. Di rumah kita, kita sering menggunakan router WiFi untuk terhubung ke WiFi. Dengan bekerja dari rumah menjadi tren banyak dari kita lebih memilih untuk bekerja di luar rumah daripada bekerja di dalam rumah. Tetapi masalahnya adalah sinyal WiFi yang lemah di luar rumah Anda. Jadi dalam artikel ini, saya membahas cara memperluas jaringan WiFi di luar rumah Anda .

Hal-Hal yang Menentukan Kekuatan Jaringan WiFi Anda

Jaringan WiFi di rumah Anda tergantung pada beberapa faktor. Jenis router yang Anda gunakan, jenis perangkat yang Anda gunakan, jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi secara bersamaan adalah beberapa di antaranya. Selain itu, hal-hal seperti di mana Anda meletakkan router di rumah Anda, pengaturan rumah Anda juga memengaruhi jaringan WiFi Anda. Di sini saya akan menjelaskan cara memperluas jaringan WiFi Anda di luar rumah dengan mengoptimalkan beberapa faktor ini.

BACA JUGA: Cara Membobol WiFi

Uji Sinyal WiFi di Luar Ruangan

Sebelum memulai, Anda mungkin perlu menguji sinyal WiFi di luar rumah Anda. Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan memasang pengukur kekuatan sinyal WiFi di ponsel Anda. Anda dapat mengunduh salah satu aplikasi ini dari play store atau toko aplikasi. Kemudian Anda dapat pergi ke tempat di mana Anda ingin menggunakan internet dan memeriksa kekuatan WiFi terlebih dahulu. Bahkan Anda dapat mengidentifikasi lokasi di rumah Anda di mana kekuatan WiFi bagus.

Cara Memperluas Jaringan WiFi dengan Mengubah Lokasi Router

Cara Memperluas Jaringan WiFi

Salah satu cara terbaik untuk memperluas jaringan WiFi Anda adalah dengan mengubah lokasi router. Mengubah lokasi router tidak hanya berarti Anda harus mencolokkannya di luar ruangan. Tetapi Anda dapat mempertimbangkan pengaturan rumah Anda dan memilih lokasi yang optimal untuk router Anda.

  1. Pilih ruangan yang dekat dengan garasi Anda, atau halaman belakang untuk memasang router.
  2. Pilih ruangan dengan jendela, dan saat menggunakan router buka jendela.
  3. Hindari ruangan dengan dinding tebal.
  4. Jangan letakkan router di lantai atau di atas dinding. Letakkan di atas meja atau sematkan di dinding 4 kaki di atas dari lantai.
  5. Jauhkan router Anda dari perangkat elektronik lain jika memungkinkan.

Salah satu masalah yang dapat terjadi ketika Anda mengubah lokasi router adalah bahwa hal itu dapat mengakibatkan sinyal lemah ke tempat lain di rumah Anda. Jadi yang terbaik adalah melakukan survei sinyal dan memilih lokasi optimal untuk router Anda ke tempat di mana semua ruangan di rumah Anda mendapatkan sinyal WiFi sementara Anda juga bisa mendapatkan sinyal di luar rumah.

Cara Memperluas Jangkauan Jaringan WiFi dengan Mengganti Router

Cara Memperluas Jaringan WiFi

Router yang berbeda memiliki rentang WiFi yang berbeda. Jika rumah Anda tidak terlalu besar, mengganti router tidak terlalu memengaruhi sinyal WiFi karena Anda akan selalu berada dalam jangkauan sinyal router yang optimal. Tetapi jika Anda memiliki rumah besar dan halaman belakang yang luas tempat Anda ingin menggunakan WiFi, Anda mungkin memerlukan router WiFi dengan kekuatan sinyal yang lebih besar.

Sebelum Anda mengganti router, saya sangat menyarankan agar Anda mengubah lokasi dan memeriksa kekuatan sinyal dengan melakukan survei menggunakan aplikasi pengukur kekuatan sinyal WiFi. Sebagian besar waktu mengubah lokasi router memperbaiki masalah. Tetapi jika Anda perlu mengubah router, cari hal-hal berikut:

  1. Periksa jaringan WiFi router Anda saat ini. Anda dapat melakukan ini dengan mencari model router internet.
  2. Pastikan Anda telah memperbarui firmware router.
  3. Jika router Anda dilengkapi dengan antena, sambungkan antena ke router.
  4. Minta ISP Anda untuk mengupgrade router Anda. Beberapa ISP tidak mendukung beberapa router.

Artikel Terkait:

Memperluas Jaringan WiFi dengan Wi-Fi Extender

Wi-Fi Extender adalah perangkat yang membuat jaringan WiFi baru menggunakan jaringan WiFi asli yang disediakan oleh router WiFi Anda. Anda dapat membeli salah satu ekstender ini dari pasar dan mengaturnya sebagai router sekunder sehingga Anda dapat memperluas jaringan WiFi Anda. Tapi pastikan extender yang Anda beli kompatibel dengan router WiFi Anda. Ada beberapa masalah dengan Wi-Fi extender seperti gangguan sinyal tetapi secara keseluruhan, Wi-Fi extender adalah solusi yang layak untuk memperluas jaringan WiFi Anda di luar rumah Anda.

Ingatlah bahwa saat Anda bekerja di luar ruangan, dan jika koneksi Anda lambat, sinyal WiFi mungkin bukan satu-satunya masalah. Terkadang sinyal mengganggu satu sama lain, jadi ketika Anda jauh dari router, jaringan mungkin masih lambat. Juga jika banyak orang bekerja di jaringan yang sama, itu bisa menurunkan kecepatan internet Anda meskipun Anda memiliki kekuatan sinyal yang layak.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan